Home  /  Wisata Jawa  / 4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan

4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan


4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan

Yogyakarta tidak hanya memiliki sebuah candi yang telah terkenal hingga ke seluruh dunia yaitu Candi Prambanan. Karena di kota ini, juga terdapat 4 candi lainnya yang patut wisatawan kunjungi ketika berwisata ke Yogyakarta.

Berikut 4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan: 

candi-kalasan1. Sekilas Candi Kalasan

Candi Kalasan berada di dusun Kalibening Kabupaten Kalasan.

Lokasinya berada di sisi selatan jalan raya Yogya – Solo dan berjarak sekitar 2 kilometer dari candi Prambanan.

Candi ini adalah peninggalan agama Buddha dari dinasti Syailendra. Dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran untuk memuja Dewi Tara.

Dari sejarahnya Candi Kalasan merupakan candi Buddha tertua di Yogyakarta. Candi ini telah mengalami beberapa kali pemugaran sehingga mejadi bangunan yang lebih utuh dan luas. Yang terkenal dari bangunan candi ini adalah relief atau ukiran yang indah dan dipahat dengan sangat halus.

Selain itu, ornamen dan reliefnya dilapisi bahan sejenis semen yang disebut Vajralepa, yaitu bahan bewarna kekuningan dari getah pohon. Tujuannya adalah untuk melindungi batu dari lumut dan jamur.

Akses Menuju Candi Kalasan

Letaknya yang dekat jalan raya memudahkan wisatawan untuk mendatangi tempat wisata ini.

Dari Yogyakarta, Anda dapat melewati jalan utama Yogya – Solo menuju arah Solo. Dua kilometer sebelum candi Prambanan Anda akan menemukan bangunan candi Kalasan yang berada di sebelah kanan jalan (sisi selatan).

Jika Anda menggunakan kendaraan umum jurusan Jogja – Prambanan turunlah di RS Prambanan kemudian berjalan kaki ke arah selatan sekitar 50 meter.

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket (Mei 2014) untuk dewasa 2.000 rupiah dan 1.000 rupiah untuk anak-anak. Fasilitas tempat wisata ini masih sangat minim, hanya terdapat tempat parkir dan beberapa warung makan kecil di sekitar bangunan Candi Kalasan.

4-candi-di-yogyakarta-selain-candi-prambanan2. Keindahan Sunset di Candi Ratu Boko

Situs Ratu Boko merupakan situs purbakala bekas kompleks istana yang sangat luas.

Bangunan ini hanya memiliki sedikit candi.

Pada bagian tengah bangunan Anda akan menemukan gapura utama sebagai pintu masuk kompleks Ratu Boko. Tempat ini terdiri dari lapangan, paseban, kolam dan candi pembakaran.

Di bagian barat kompleks merupakan daerah perbukitan yang menampilkan pemandangan Candi Prambanan. Tempat wisata ini berada hanya 3 kilometer dari Candi Prambanan.

Kompleks Ratu Boko adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset di Yogya karena lokasinya yang berada di atas bukit. Dari sini Anda juga dapat menikmati pemandangan sebagian dari kota Yogyakarta.

Hal penting yang perlu diketahui saat datang ke tempat wisata ini adalah teriknya matahari dan luasnya situs yang dapat dieksplorasi. Jadi persiapkan diri dengan membawa topi, kacamata hitam dan sunblock.

Fasilitas di Kompleks Ratu Boko

Situs Ratu Boko mengalami beberapa kali pemugaran untuk dapat dijadikan sebagai tempat pendidikan dan kegiatan budaya. Terdapat pula beberapa tambahan bangunan di muka gapura, yaitu restoran dan ruang terbuka (Plaza Andrawina) yang berfungsi untuk kegiatan pertemuan.

Bangunan tersebut memiliki kapasitas kurang lebih 500 orang. Selain itu, pengelola juga menyediakan tempat perkemahan dan treking, paket edukatif arkeologi dan pemandu wisata.

Tiket masuk ke dalam kompleks Ratu Boko disediakan dalam dua paket, yaitu tiket regular seharga Rp 25.000,- (sudah termasuk parkir) yang berlaku dari jam buka hingga tiga sore. Sedangkan tiket sunset lebih mahal dari tiket regular yaitu Rp 100.000,-.

candi-ijo3. Candi Ijo : Candi Tertinggi di Jogja

Candi Ijo adalah sebuah kompleks candi yang bercorak Hindu dan diperkirakan dibangun sekitar abad 10 hingga 11 Masehi pada masa Kerajaan Medang.

Situs ini berada di lereng barat sebuah bukit yang masih termasuk bagian dari perbukitan Batur Agung, yaitu sekitar 4 kilometer dari Candi Ratu Boko.

Posisinya berada di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut.

Disebut Candi Ijo karena tempat wisata ini berada di atas bukit Gumuk Ijo. Kompleks percandian menghadap arah barat dengan panorama indah berupa persawahan dan bentang alam, seperti bandara Adisucipto dan Pantai Parangtritis.

Wisatawan dapat melihat peninggalan berupa Lingga dan Yoni yang berukuran cukup besar dan terdapat di dalam candi. Bahkan Lingga dan Yoni di candi ini adalah yang terbesar di Indonesia. Ini menandakan besarnya pemujaan terhadap Dewa Siwa dan Dewi Parwati, istrinya.

Akses ke Candi Ijo

Situs ini berjarak 28 kilometer ke arah timur dari kota Yogyakarta. Anda dapat menumpang bus Tranjogja rute Candi Prambanan dengan jalur 1A atau 1B.

Dari Candi Prambanan, wisatawan bisa naik ojek atau taksi menuju arah selatan (ke kanan) jika dari Yogyakarta dan ke arah kiri jika dari Solo.

Lokasinya berada di jalan raya yang menghubungkan Yogyakarta dan Piyungan. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit, Anda akan menemukan papan nama penunjuk arah Candi Ijo yang terletak di Bukit Ijo.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

Wisatawan yang berkunjung ke Candi Ijo cukup mengisi buku tamu tanpa dipungut biaya apapun. Di pos penjagaan wisatawan dapat menemukan data-data mengenai Candi Ijo dan penemuan lain di sekitar kompleks candi. Fasilitas wisata masih sangat minim, tidak ada tempat makan dan penginapan.

candi-abang4. Candi Abang dan Bukit Teletubbies

Candi Abang berada di daerah wisata yang bernuansa pedesaan dengan pemandangan alam perbukitan.

Candi Hindu ini terletak di Dsn. Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Sleman, Yogyakarta.

Letaknya berada di puncak bukit di pinggir jalan desa, yaitu sekitar 1,5 kilometer di sisi barat jalan raya Jogja – Piyungan. Situs ini berbentuk piramida dengan sumur di tengahnya.

Dinamakan Candi Abang karena candi ini tersusun dari batu bata berwarna merah (dalam Bahasa Jawa abang berarti merah). Bentuk bangunan candi berupa bukit yang ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh tampak seperti gundukan atau bukit kecil mirip rumah bukit teletubbies.

Waktu yang tepat untuk mendatangi tempat ini adalah di masa penghujan dimana bukit akan tampak berwarna hijau segar.

Akses Menuju Candi Abang

Sampai saat ini belum ada angkutan umum yang menuju ke tempat wisata ini. Jika Anda dari arah Jogja silakan menuju jalan Jogja – Piyungan.

Sekitar kilometer 8, akan tampak papan petunjuk arah menuju Goa Sentono dan Candi Abang.

Jalan menuju Dusun Sentono cukup bagus dengan aspal hotmix. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan petak-petak sawah.

Saat memasuki desa Jogotirto terdapat papan nama Goa Sentono dan Candi Abang. Gua Sentono berada tidak jauh dari papan nama tersebut.

Setelah dari Gua Sentono, 600 meter dari papan pertama Anda akan memasuki jalan ke Candi Abang. Jalannya cukup menanjak dan sempit. Kontur tanahnya berupa batu kapur sehingga hanya sepeda dan motor saja yang bisa melewati.

Please Share :

Related Post


Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya
Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya

Setelah puas berwisata di Kota Pahlawan “Surabaya”, janganlah lupa untuk…

7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang
7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang

Kabupaten Jombang memiliki aneka pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi…

7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan
7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan

Lamongan – sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan…

Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari
Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari merupakan salah satu lokasi yang tidak…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *