Home  /  Wisata Bali  / Air Panas Banjar – Kolam Air Panas Alami Yang Menyehatkan

Air Panas Banjar – Kolam Air Panas Alami Yang Menyehatkan


Air Panas Banjar – Kolam Air Panas Alami Yang Menyehatkan

Berendam di dalam kolam air panas akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Apalagi jika berendam di dalam kolam air panas alami yang biasanya mengandung belerang, tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih segar serta mencegah dan mengobati beberapa penyakit.

Suhu air panas yang mencapai angka sekitar 35 oC, bisa melebarkan pori-pori kulit, sehingga kulit dapat menyerap aneka mineral yang penting bagi tubuh.

Selain itu, berendam di dalam kolam air panas juga dapat memperlancar peredaran darah, menyembuhkan rematik, penyakit kulit, gatal-gatal, serta dapat mengembalikan vitalitas tubuh.

suasana air panas banjarBagi wisatawan yang sedang berlibur di Kabupaten Buleleng, Bali, wisatawan tidak hanya hanya berekreasi ke pantai ataupun ke danau.

Di kawasan wisata ini, wisatawan dapat memanjakan diri untuk berendam di sebuah kolam air panas alami yang dikenal dengan nama Air Panas Banjar.

Sumber Air Panas Banjar telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Pada masa pendudukan Jepang di Bali, mereka melakukan pemugaran terhadap sumber air panas ini. Kemudian tentara-tentara Jepang menggunakannya sebagai tempat pemandian.

Walaupun sumber air panasnya telah ditata berbentuk kolam-kolam, namun tidak mengurangi kesan alami yang ada di tempat wisata ini. Di sekeliling kolam air panas tumbuh dengan subur pohon-pohon besar sehingga memberikan kesan teduh dan asri.

Hal ini membuat para wisatawan yang berkunjung merasa nyaman selama berendam di dalam kolam.

Berdasarkan pada tingkat ketinggiannya, kolam Air Panas Banjar terbagi menjadi 3 bagian. Wisatawan dapat menikmati sensasi berendam pada tiap-tiap bagian kolam, dan pastinya masing-masing kolam akan memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan.

air panas banjar

Tiga bagian kolam tersebut adalah :

  1. Kolam pertama memiliki 8 pancuran naga. Ini adalah kolam yang paling tinggi pada obyek wisata Air Panas Banjar. Dimensi kolam sekitar 12 m x 1,5 m x 1 m.
  2. Kolam kedua berada di bawah kolam pertama. Dimensi kolamnya lebih luas yaitu sekitar 12 m x 10 m x 1-2 m. Kolam ini merupakan kolam yang paling besar, memiliki tingkat kedalaman yang berbeda (bertingkat), dan mempunyai 5 pancuran naga.
  3. Kolam ketiga hanya memiliki 3 pancuran naga. Walaupun ukuran kolamnya lebih kecil, namun di kolam ini wisatawan bisa menikmati sensasi terapi air, karena 3 pancuran naga tersebut berada pada ketinggian sekitar 3,5 m.

Setelah beberapa lama berendam di dalam kolam air panas, rasa lapar akan muncul dengan seketika. Wisatawan tidak perlu merasa cemas, karena di tempat wisata ini telah menyediakan restoran yang akan menyajikan aneka makanan dan minuman yang lezat.

air panas banjar bali

Transportasi Menuju ke Air Panas Banjar

Air Panas Banjar berlokasi di Desa Banjar, Buleleng, Bali. Obyek wisata ini hanya berjarak sekitar 20 km dari Kota Singaraja.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Denpasar, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 83 km dalam waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Bagi wisatawan yang sedang berlibur di Kabupaten Buleleng, menyewa motor atau mobil adalah alat transportasi darat yang nyaman untuk menuju ke tempat wisata ini.

Namun jika wisatawan berangkat dari Kota Denpasar, sebaiknya wisatawan menyewa mobil. Harga sewa mobil di Pulau Bali sekitar Rp 200.000/hari, sedangkan harga sewa motor mulai dari Rp 50.000/hari.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengikuti sebuah paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen perjalanan di Bali. Salah satu keuntungan jika ikut dalam sebuah paket wisata adalah wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang menarik di Pulau Bali tanpa harus memikirkan jalan untuk menuju ke sana.

Harga tiket masuk pada obyek wisata ini adalah sebesar Rp 10.000/orang untuk wisatawan dalam negeri, bagi wisatawan luar negeri harus mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000/orang.

Fasilitas

Pihak pengelola obyek wisata Air Panas Banjar telah mempersiapkan beberapa fasilitas umum yang dapat memberikan kepuasan bagi setiap wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Areal untuk parkir kendaraan.
  2. Beberapa toko souvenir yang menjual aneka produk kerajinan khas Bali. Toko-toko ini akan menemani wisatawan selama perjalanan mulai dari lokasi parkir kendaraan hingga sampai di areal pemandian air panas.
  3. Restoran atau warung makan yang menyajikan aneka menu yang lezat.
  4. Fasilitas umum lainnya seperti : toilet, ruang ganti baju, dan lain-lain.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin beristirahat di dekat obyek wisata Air Panas Banjar, telah tersedia beberapa penginapan yang layak bagi para wisatawan. Umumnya penginapan tersebut dekat dengan Pantai Lovina.

Berikut beberapa penginapan tersebut :

  1. Melka Excelsior Hotel

Jl. Raya Kalibukbuk, Lovina, Buleleng, Bali.

  1. Agus Homestay Lovina

Jl. Seririt-Singaraja, Lovina, Buleleng, Bali.

  1. Bali Lovina Beach Cottages

Pantai Lovina, desa Kaliasem, Buleleng, Bali.

  1. Hotel Bali Taman Lovina

Jl. Raya Lovina, Tukadmungga, Singaraja, Buleleng, Bali.

  1. Dolphin Beach Bali

Jl. Raya Singaraja-Seririt, Buleleng, Bali.

  1. Padmasari Resort Lovina

Jl. Raya Seririt, Singaraja, Buleleng, Bali.

  1. Puri Saron Beach Hotel

Jl. Raya Pemaron, Singaraja, Buleleng, Bali.

Saran

  1. Jangan lupa untuk membawa pakaian yang akan digunakan selama berendam di dalam kolam Air Panas Banjar.
  2. Waktu yang tepat untuk merasakan kehangatan di dalam kolam air panas ini adalah pada saat pagi hari atau sore hari.
  3. Jika wisatawan masih memiliki waktu untuk berlibur di Kabupaten Buleleng, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan keindahan Air Terjun Gitgit. Dengan ketinggian hingga 35 m, Air Terjun Gitgit merupakan Air Terjun tertinggi di Pulau Bali.
Please Share :

Related Post


Keindahan Tegalalang Ubud – Lukisan Kecantikan Alam
Keindahan Tegalalang Ubud – Lukisan Kecantikan Alam

Keindahan Tegalalang Ubud telah terkenal sampai ke mancanegara. Sebuah desa yang…

Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam
Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam

Amed adalah sebuah desa yang berlokasi di wilayah timur pulau…

Perak Celuk – Produk Dari Desa Pengrajin Perak dan Emas di Bali
Perak Celuk – Produk Dari Desa Pengrajin Perak dan Emas di Bali

Siapa yang tak mengenal kerajinan perak asal Kotagede,Yogyakarta. Di Bali…

Pantai Pandawa – Secret Beach Bali Yang Mempesona
Pantai Pandawa – Secret Beach Bali Yang Mempesona

Pantai Pandawa, salah satu pantai indah di selatan pulau Bali.…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *