Home  /  Wisata Bali  / Air Panas Toya Bungkah – Berendam Air Panas Untuk Kesehatan

Air Panas Toya Bungkah – Berendam Air Panas Untuk Kesehatan


Air Panas Toya Bungkah – Berendam Air Panas Untuk Kesehatan

Menikmati pesona alam Kintamani akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Panorama indah alam pegunungan yang berpadu dengan udara sekitar yang bersih dan sejuk, akan memberikan energi positif yang dapat menghilangkan stres yang diakibatkan oleh beban pekerjaan atau aktivitas rutin lainnya.

Semuanya ini akan menjadi lebih baik jika wisatawan mencoba untuk bersantai di dalam sebuah kolam air panas alami yang lebih dikenal dengan nama Air Panas Toya Bungkah (Batur Natural Hot Spring). Sumber air panas pada kolam ini berasal dari gunung Batur.

Nama Toya Bungkah berasal dari kata “Toya” yang berarti air, dan “Bungkah” yang artinya bebatuan. Sehingga Toya Bungkah adalah air yang mengalir melalui celah batu-batuan.

panorama air panas toya bungkah

Kolam air panas Toya Bungkah, terbagi menjadi dua bagian, yaitu :

  1. Kolam air panas yang di tata sesuai dengan keadaan alam aslinya, dan sering digunakan oleh penduduk setempat sebagai tempat pemandian umum.
  2. Kolam air panas yang telah di desain menjadi sebuah tempat pemandian yang terkesan private, karena terdapat tembok sebagai pembatas.

Biasanya para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, lebih memilih untuk berendam di dalam kolam air panas yang lebih private.

Di Toya Bungkah, ada beberapa pihak yang mengelola tempat pemandian air panas dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 30.000-150.000/orang, tentunya harga tidak akan pernah bohong, harga tersebut sesuai dengan kualitas tempat yang ditawarkan oleh masing-masing pihak pengelola.

Sebagai gambaran, harga tiket masuk di Toya Devasya Resort sebesar Rp 150.000/orang, dan untuk anak-anak Rp 100.000/anak. Bagi penduduk Bali akan mendapatkan harga spesial.

Dari harga tersebut, wisatawan akan mendapatkan welcome drink, sabun, shampo, dan dipinjamkan handuk, dengan fasilitas kamar mandi dan ruang ganti yang nyaman.

Tersedia kolam yang mencapai kedalaman hingga 2 meter, cafe atau restoran, dan tanpa ada batas waktu wisatawan dapat berada di tempat ini mulai dari pagi sampai dengan sore hari. Umumnya wisatawan yang berkunjung ke sini adalah wisatawan mancanegara.

Apapun tempat pemandian air panas yang wisatawan pilih, pastinya kolam air panas yang mengandung belerang ini akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

air panas toya bungkah

Berikut beberapa manfaat berendam di dalam kolam air panas :

  1. Berendam di dalam air panas selama 30 menit, dapat menurunkan kadar gula darah hingga 13 %.
  2. Hasil penelitian dari Jepang, 10 menit berendam di dalam air panas, akan memperbaiki kesehatan jantung, khususnya bagi laki-laki.
  3. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh.
  4. Menghilangkan/menyembuhkan rasa pegal dan sakit otot.
  5. Membantu usus untuk bekerja dengan baik.
  6. Berendam di air panas juga dapat menyembuhkan penyakit kulit.
  7. Merendam kaki di dalam kolam air panas, akan menghilangkan rasa lelah, membantu menyembuhkan selesma dan sakit kepala.

Begitu banyak manfaat dari berendam di dalam kolam air panas, dan yang lebih menarik, di kolam air panas Toya Bungkah wisatawan dapat merasakan kenikmatan berendam di dalam kolam sembari menikmati keindahan panorama danau Batur yang terhampar luas di depan kolam.

Beberapa pancuran air panas di pinggir kolam telah siap untuk memberikan kesegaran kepada para pengunjung.

Suhu air panas di kolam air panas ini sekitar 39 oC, akan terasa kontras dengan suhu udara pegunungan yang sejuk. Ketika lapar menyerang, restoran di pinggir kolam telah menyediakan aneka menu yang lezat, dan siap menerima pesanan dari para wisatawan yang berkunjung.

Beberapa bale berdiri di pinggir kolam, dan bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai tempat yang nyaman untuk menyantap hidangan makanan yang lezat.

resto apung kintamani

Sebelum pulang meninggalkan kawasan wisata kintamani, wisatawan bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Resto Apung Kintamani di desa Kedisan. Menikmati kelezatan ikan Nila bakar, ditemani dengan pesona keindahan danau Batur, akan memberikan sebuah suasana yang romantis dan menyenangkan.

Transportasi Menuju Ke Air Panas Toya Bungkah

Air Panas Toya Bungkah berlokasi di desa Pakraman Batur, kecamatan Kintamani, Bangli, Bali. Obyek wisata ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 2 jam, dengan menempuh jarak sekitar 78 km dari kota Denpasar.

Wisatawan bisa menyewa mobil, motor, atau naik angkutan umum. Pada saat sampai di Penelokan, ada sebuah jalan menurun untuk menuju ke danau Batur.

Ketika wisatawan bertemu dengan pertigaan, arahkan kendaraan untuk belok ke kiri melalui jalan yang terdapat bebatuan lava yang telah membeku. Tidak jauh dari tempat ini, wisatawan akan segera sampai di Toya Bungkah.

Fasilitas Obyek Wisata Air Panas Toya Bungkah

Dengan semakin seringnya wisatawan yang mengunjungi Obyek Wisata Air Panas Toya Bungkah, secara bertahap telah berdiri beberapa penginapan berkelas yang siap untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Bagi para pecinta kuliner tentunya juga akan semakin dimanjakan oleh beberapa restoran dengan menu andalan ikan bakar.

Wisatawan yang membawa kendaraan juga tidak perlu khawatir karena telah dipersiapkan tempat parkir yang memadai. Selain itu, juga tersedia beberapa fasilitas umum lainnya yang pastinya akan memuaskan para wisatawan yang berkunjung.

Saran

  1. Wisatawan yang ingin berendam di dalam kolam air panas, tidak lupa membawa pakaian ganti.
  2. Di atas jam 13.00, kendaraan umum yang menuju ke Toya Bungkah akan semakin sedikit, oleh karena itu bagi wisatawan yang ingin memakai kendaraan umum, sebaiknya berangkat di pagi hari.
  3. Toya Bungkah dekat dengan beberapa wisata lainnya di Kintamani, seperti wisata di desa Trunyan, danau Batur, Penelokan, dan lain-lain. Oleh karenanya, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.
  4. Pesona matahari terbit dari atas gunung Batur begitu menawan. Bagi wisatawan yang senang mendaki gunung, wisatawan dapat meminta pengawalan dari jasa pemandu lokal atau agen wisata. Sehingga wisatawan tidak mengalami banyak kesulitan untuk menuju ke puncak gunung.
Please Share :

Related Post


Liburan ke Pura Uluwatu Bali – Keindahan Panorama Sunset
Liburan ke Pura Uluwatu Bali – Keindahan Panorama Sunset

Pura Uluwatu atau Pura Luhur Uluwatu terletak di ujung pulau…

Wisata Ubud Bali – Pusat Budaya Bali
Wisata Ubud Bali – Pusat Budaya Bali

Ubud, sebuah tempat wisata yang telah terkenal sejak tahun 1930…

Pasar Sukawati – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh
Pasar Sukawati – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh

Setelah wisatawan merasa puas berkunjung ke berbagai tempat wisata yang…

Berkunjung ke Bali Safari and Marine Park
Berkunjung ke Bali Safari and Marine Park

Selama ini Bali hanya dikenal sebagai pulau yang menawarkan beberapa…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *