Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane

Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane


Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane

Pergi berwisata ke Aceh tidak hanya mengunjungi wisata pantainya yang indah, danaunya yang menawan, atau berkunjung ke museum. Di provinsi ini, wisatawan bisa menyaksikan sebuah panorama indah dari obyek wisata air terjun. Air terjun tersebut memiliki nama Air Terjun 17 Tingkat.

Obyek wisata ini berlokasi di Desa Bengkelang dan Pengidam, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang. Kabupaten Aceh Tamiang merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur, dimana kata Tamiang berasal dari kata Da Miang. Kabupaten ini terletak di perbatasan antara Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara.

Wilayah ini juga dikenal dengan nama Bumi Muda Sedia, karena pada tahun 1330-1336 M daerah ini dipimpin oleh Raja Muda Sedia. Kabupaten Aceh Tamiang berjarak sekitar 250 km dari kota Medan. Posisinya yang strategis, membuat harga barang di wilayah ini relatif lebih murah dibandingkan dengan wilayah Aceh lainnya.

air terjun sangka pane

Apabila wisatawan berangkat dari kota Banda Aceh, wisatawan akan menempuh jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 468 km untuk menuju ke Kabupaten Aceh Tamiang.

Nama sebenarnya dari Air Terjun 17 Tingkat adalah Air Terjun Sangka Pane atau Tansar. Arti dari kata Tansar berdasarkan bahasa Tamiang adalah air terjun tinggi. Bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini, wisatawan dapat menikmati keindahan pesona alam air terjun yang masih alami, udaranya yang bersih dan sejuk, serta dapat merasakan kesegaran airnya.

Terutama pada hari libur, jumlah wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini semakin bertambah. Mereka pergi bertamasya bersama dengan teman atau keluarga untuk menyaksikan pemandangan alam yang indah serta pesona air terjun yang cantik.

Kecantikan dari Air Terjun Sangka Pane sungguh luar biasa, karena obyek wisata ini memiliki keunikan dimana terdapat 17 tingkatan air terjun. Sebagian sumber mengatakan bahwa Air Terjun 17 Tingkat hanya memiliki 7 tingkatan.

air terjun 17 tingkat

Perbedaan pendapat ini justru membuat para wisatawan penasaran dengan air terjun tersebut. Mereka segera menyediakan waktu untuk ke berkunjung Air Terjun 17 Tingkat. Setelah sampai di lokasi wisata, mereka menghitung langsung jumlah tingkatan yang ada pada air terjun ini.

Bahkan, ada pendapat dari salah satu penduduk yang mengatakan bahwa air terjun Sangka Pane memiliki 20 tingkatan.

Wow… sungguh luar biasa pesona Air Terjun Sangka Pane/Air Terjun 17 Tingkat. Benar-benar membuat takjub bagi setiap orang yang berkunjung, sehingga sangat sulit untuk mendeskripsikan alamnya yang menawan.

Transportasi Untuk Menuju Ke Air Terjun 17 Tingkat

Sangat disayangkan karena lokasi Air Terjun 17 Tingkat belum bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan. Wisatawan harus berjalan kaki melalui jalan setapak untuk menuju ke lokasi air terjun.

Jika wisatawan berangkat dari pusat ibukota Aceh Tamiang yaitu Karang Baru, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 50 km. Namun, lokasi wisata ini akan lebih dekat jika wisatawan memulai perjalanan dari ibukota Kecamatan Bandar Pusaka yaitu Babo dimana jaraknya hanya 8 km. Wisatawan dapat menyewa mobil untuk menuju ke tempat wisata ini.

Selama perjalanan, wisatawan akan melalui rute yang penuh dengan tanjakan dan turunan serta berkelok-kelok. Setelah mendekati lokasi wisata, mobil harus berhenti sebelum wisatawan dapat melihat keindahan Air Terjun 17 Tingkat.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan cara berjalan kaki menelusuri jalan setapak yang cukup jauh sekitar 2 km. Wisatawan akan berjumpa dengan jalan menurun yang lumayan tajam, wah… inilah tantangannya karena pada saat pulang, wisatawan harus mendaki jalan tersebut.

Namun jerih payah ini dapat segera terbayarkan, karena begitu sampai di lokasi rasa lelah tersebut akan segera hilang.

Penginapan

Dengan jarak yang hanya 50 km antara lokasi Air Terjun 17 Tingkat dan ibukota Kabupaten Aceh Tamiang, maka wisatawan bisa mencari penginapan di kota Karang Baru.

Berikut beberapa penginapan tersebut :

1. Hotel Morielisa

Jl. H. Juanda No. 8 Karang Baru, Aceh Tamiang.
Telp 06417447070
HP 082 1111 606 70
email morielisa_hotel @yahoo.co.id

2. Hotel Mori

Iskandar Muda No. 21 Kecamatan Kota Kuala Simpang, Aceh Tamiang.

3. Losmen Cemara

Mayjen Sutoyo No. 47 Kecamatan Kota Kuala Simpang, Aceh Tamiang.

4. Hotel Seulawah

Rantau No. 1 Kecamatan Kota Kuala Simpang, Aceh Tamiang.

5. Losmen Jeumpa Kopkar Pertamina

Balik Papan No. 01 Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang.

Wisatawan dapat memilih penginapan tersebut sesuai dengan keinginan. Tarif untuk menginap bervariasi dan tidak begitu mahal, sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Kuliner

Belacan Tutuk adalah penyedap makanan khas dari kabupaten Aceh Tamiang. Produk ini terbuat dari udang sabu. Apabila sedang tidak musim udang sabu, maka sangat sulit untuk mencari Belacan Tutuk di pasar. Penyedap makanan ini mirip dengan terasi, tetapi dari rasa tentu sedikit berbeda.

Selain itu terdapat juga ikan Cang Rebung yang mempunyai arti ikan kering sebagai alternatif lauk apabila hasil laut berlimpah. Proses pengeringan ikan tersebut dilakukan secara alami.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang ingin bermain air atau berenang di dalam kolam Air Terjun 17 Tingkat, wisatawan harus mempersiapkan pakaian ganti.
  2. Mengabadikan keindahan dan keunikan dari Air Terjun 17 Tingkat ini, tentunya akan menjadi sebuah kenangan yang tidak bisa dilupakan. Oleh karena itu, wisatawan jangan lupa untuk membawa kamera.
  3. Untuk berjaga-jaga, pastikan di dalam tas tersedia kotak P3K yang berisi obat-obatan untuk penanganan luka ringan.
  4. Wisatawan jangan berlebihan dalam membawa makanan dan minuman, agar tidak menjadi penghambat selama perjalanan akibat beban yang terlalu berat.
  5. Kota Lhokseumawe juga memiliki obyek wisata air terjun yang tidak kalah cantiknya dibandingkan dengan Air Terjun 17 Tingkat. Jika wisatawan sedang berlibur di kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, jangan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Blang Kolam.

Air Terjun 17 Tingkat atau Air Terjun Sangka Pane memiliki akses yang cukup sulit untuk menuju ke lokasi. Namun hal tersebut bukan suatu hambatan yang besar karena keunikan dari tempat wisata ini membuat beberapa wisatawan memasukkan Air Terjun 17 Tingkat di dalam jadwal berlibur mereka.

Bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang tentunya kesulitan tersebut bukanlah suatu halangan untuk bisa menikmati pesona kecantikan dan keunikan dari Air Terjun 17 Tingkat.

Please Share :

Related Post


Gunung Seulawah Agam – Wisata Ke Aceh Besar
Gunung Seulawah Agam – Wisata Ke Aceh Besar

Gunung Seulawah Agam berlokasi di Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar,…

Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang
Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang

Pada masa lalu, songket adalah kain mewah yang hanya bisa…

Berwisata Sembari Berolahraga di Jakabaring Sport City
Berwisata Sembari Berolahraga di Jakabaring Sport City

Di kota Palembang terdapat sebuah lokasi yang menyenangkan untuk bersantai…

Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari
Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari

Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya merupakan taman hiburan baru yang…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *