Home  /  Wisata Lombok  / Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel


Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel

Di wilayah Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, terdapat dua buah obyek wisata air terjun yang memiliki ciri khas tersendiri. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu.

Obyek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat musim libur. Wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara sangat menikmati keindahan serta suasana alam yang dihadirkan oleh kedua air terjun tersebut.

Jauh dari hiruk pikuk kota membuat tempat wisata ini sangat tepat bagi wisatawan yang ingin bersantai sembari menghirup udara segar dan berhawa sejuk.

air-terjun-benang-kelambuPemberian nama “Benang Kelambu” pada air terjun ini dikarenakan pesona air yang terjun dari ketinggian sekitar 30 meter menyerupai tirai atau kelambu.

Ada 6 titik air yang mengalir dan seolah-olah muncul dari rimbunnya tanaman.

Padahal air tersebut berasal dari beberapa mata air yang mengalir melalui rongga-rongga tebing. Suburnya tanaman yang tumbuh di pinggir tebing dapat menutupi celah atau rongga tersebut.

Air Terjun Benang Kelambu mempunyai 3 buah tingkatan. Tingkat yang pertama berada pada ketinggian sekitar 30 meter. Tingkat yang kedua memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dan berada tepat di bawah tingkat yang pertama.

Sedangkan tingkat yang terakhir mempunyai ketinggian sekitar 5 meter. Oleh karena itu, walaupun Air Terjun Kelambu tidak memiliki kolam seperti Air Terjun Benang Stokel, namun berdiri di bawah air yang mengalir dari tingkat ketiga akan terasa lebih nyaman.

Dengan ketinggian hanya 5 meter, guyuran air tersebut menciptakan sebuah pijatan yang cukup lembut.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, wisatawan harus berpetualang ke dalam hutan sejauh kurang lebih 1,5 km dari areal parkir kendaraan. Setelah membeli tiket masuk seharga Rp 3000/orang, perjalanan dilanjutkan dengan menuruni anak tangga menuju ke Air Terjun Benang Stokel.

Perjalanan ini menempuh jarak sekitar 500 meter. Sekitar 50 meter sebelum tiba di lokasi Air Terjun Benang Stokel pada sisi kiri jalan terdapat jalan setapak untuk menuju ke Benang Kelambu Waterfall.

jalan-menuju-benang-kelambu

Perjalanan tersebut membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menempuh jarak kurang lebih 1 km. Begitu wisatawan tiba di pintu masuk air terjun tersebut, terdapat puluhan anak tangga yang harus dinaiki untuk mencapai lokasi wisata ini.

Perjalanan yang cukup melelahkan ini, namun suasana alam yang teduh dan asri membuat petualangan ini terasa menyenangkan. Wisatawan tidak hanya melihat rimbunnya hutan di kawasan wisata ini, di sisi lain akan tampak perkebunan warga yang ditanami dengan aneka tumbuhan seperti coklat, kopi, pisang, dan-lain.

Ketika rasa lapar dan dahaga datang, wisatawan tidak perlu merasa cemas karena di area pintu masuk Air Terjun Benang Kelambu terdapat warung-warung sederhana yang menawarkan berbagai makanan dan minuman ringan.

Transportasi Menuju Ke Air Terjun Benang Kelambu

Obyek wisata Lombok ini berada di Dusun Pemotoh, Ds. Aik Berik, Kec. Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasi wisata ini berdekatan dengan obyek wisata Air Terjun Benang Stokel.

Jarak antara Kota Mataram dengan Air Terjun Benang Kelambu adalah sekitar 30 km.

Perjalanan selama kurang lebih 1 jam akan terasa menyenangkan. Keindahan panorama alam Lombok begitu memanjakan mata wisatawan. Selain hutan juga terlihat perkebunan kopi, coklat, dan persawahan.

Dari Kota Mataram wisatawan akan melewati kawasan Narmada, Sedau, Desa Pancor Dao dan akhirnya bertemu dengan Pasar Teratak.

Di pertigaan pasar tersebut kendaraan harus belok ke arah kiri melalui jalan pedesaan hingga tiba di areal parkir kendaraan Air Terjun Benang Stokel.

Bagi wisatawan yang ingin menyewa kendaraan, harga sewa motor di Lombok sekitar Rp 50.000/hari. Sedangkan harga sewa mobil sebesar Rp 600.000 selama 10 jam. Harga sewa mobil tersebut telah termasuk biaya sopir dan bahan bakar.

Penginapan

Untuk penginapan, biasanya wisatawan akan beristirahat di Kota Praya atau Kota Mataram. Jarak antara tempat wisata ini dengan Kota Praya adalah sekitar 25 km.

Beberapa penginapan tersebut antara lain :

  1. Aerotel Mandalika Praya Lombok
  2. Grandroyal Bandara Internasional Lombok (BIL) Hotel
  3. Giri Hotel Mataram
  4. Mataram Square Hotel
  5. Lombok Plaza Hotel and Convention
  6. Hotel Santika Mataram

Saran

  1. Untuk berjaga-jaga, wisatawan sebaiknya membawa payung atau jas hujan.
  2. Wisatawan diizinkan untuk membawa bekal (makanan dan minuman). Namun, agar kelestarian obyek wisata ini tetap terjaga, jangan membuang sampah sembarangan.
  3. Jangan lupa membawa baju ganti dan handuk bagi wisatawan yang ingin bermain air di tempat wisata ini.
  4. Hati-hati pada saat menuju ke obyek wisata ini, dan jangan terburu-buru. Jalan setapak dan tangga yang akan dilalui cukup licin ketika musim hujan.
  5. Apabila wisatawan merasa berat untuk berjalan kaki dari pintu masuk menuju ke lokasi wisata Air Terjun Benang Kelambu, telah tersedia jasa ojek dengan tarif antara Rp 15.000-30.000 (tergantung proses tawar menawar).

Akan tetapi, ojek tersebut hanya akan mengantar sampai di depan pintu masuk saja. Wisatawan tetap harus menaiki puluhan anak tangga untuk menuju ke lokasi air terjun.

  1. Kabupaten Lombok Tengah juga memiliki obyek wisata pantai yang indah. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Gerupuk yang terkenal sebagai salah satu tempat surfing yang menyenangkan di Pulau Lombok. Lokasi surfing tersebut lebih dikenal oleh wisatawan dengan nama Teluk Gerupuk.
Please Share :

Related Post


28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan
28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan

Di sebelah Timur Pulau Bali terdapat sebuah pulau yang dikenal…

11 Pantai Indah Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi
11 Pantai Indah Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Berwisata ke Pulau Lombok sungguh sangat menyenangkan. Pulau yang berada…

Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M
Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M

Setelah wisatawan berlibur ke beberapa pantai yang indah, berkunjung ke…

Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok
Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok

Taman Narmada merupakan sebuah taman yang indah dan telah berumur…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *