Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Air Terjun Blang Kolam – Kesegaran Di Kota Lhokseumawe

Air Terjun Blang Kolam – Kesegaran Di Kota Lhokseumawe


Air Terjun Blang Kolam – Kesegaran Di Kota Lhokseumawe

Setelah puas berkeliling kota Banda Aceh, wisatawan bisa berkunjung ke kota Lhokseumawe. Lhokseumawe merupakan sebuah kota di provinsi Aceh yang berlokasi di tengah-tengah jalur timur Sumatera. Posisinya yang strategis karena berlokasi di antara Medan dan Banda Aceh, membuat kota ini menjadi jalur distribusi perdagangan.

Lhokseumawe berasal dari kata Lhok dan Seumawe, yang dalam bahasa Aceh Lhok berarti dalam, palung laut, teluk dan Seumawe mengandung arti air yang berputar-putar. Di kota ini terdapat industri besar seperti : PT. Pupuk Iskandar Muda, PT. Kertas Kraft Aceh (PT. KKA), PT. Asean Aceh Fertilizer dan EXXON Mobil – Arun.

Salah satu tempat wisata yang menarik di kota Lhokseumawe adalah Air Terjun Blang Kolam, atau dikenal juga dengan nama Blang Kulam. Air terjun yang terletak di dalam hutan yang masih alami ini, mampu untuk memberikan nuansa alam yang indah, udara yang sejuk dan segar, dan sebuah pesona air yang jatuh dari ketinggian sekitar 75 meter sehingga menciptakan suara gemuruh air yang langka. Hal tersebut tentunya dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berlibur ke tempat wisata ini.

blang kolam

Di lokasi wisata ini wisatawan bisa berenang atau bermain air, dan bersantai sembari menikmati panorama alam Air Terjun Blang Kolam yang menawan. Namun, dibutuhkan sedikit perjuangan untuk mencapai tepi air terjun.

Setelah melalui pintu gerbang Air Terjun Blang Kolam, wisatawan akan menuruni sekitar 660 buah anak tangga untuk menuju ke lokasi air terjun. Perjalanan ini cukup melelahkan namun sangat menyenangkan. Selama di perjalanan wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang hijau, sembari menghirup udara segar yang bebas dari polusi.

Pada saat pulang akan berlaku kebalikannya bukan? Wisatawan harus menaiki anak tangga sejumlah 660 buah tersebut. Wisatawan tidak perlu tergesa-gesa, jika terasa lelah sebaiknya wisatawan beristirahat terlebih dahulu.

Walaupun lokasi Air Terjun Blang Kolam dikelilingi dengan hutan yang lebat dan masih alami, akan tetapi fasilitas di tempat wisata ini lumayan lengkap. Di lokasi Air Terjun Blang Kolam telah tersedia toliet dan Musholla. Bahkan bagi wisatawan yang lupa membawa powerbank, di tempat wisata ini terdapat tempat yang menawarkan jasa untuk mengisi baterai kamera maupun ponsel.

air terjun blang kolam

Bagaimana dengan keamanan di lokasi Air Terjun Blang Kolam? Pihak pengelola tempat wisata ini akan menjamin keamanan para wisatawan. Terdapat petugas yang dengan sigap akan menolong wisatawan jika terjadi tindakan yang merugikan.

Areal parkir kendaraannya cukup luas. Namun, wisatawan akan dikenakan biaya parkir yang cukup mahal. Bagi wisatawan yang mengendarai motor, biaya parkir motor di tempat wisata ini sebesar 5 ribu rupiah, sedangkan untuk mobil biaya parkirnya 10 ribu rupiah.

Akan tetapi, dengan biaya tersebut keamanan kendaraan benar-benar terjaga. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi wisatawan, karena wisatawan bisa dengan tenang dan nyaman berlibur di obyek wisata Air Terjun Blang Kolam.

Transportasi Untuk Menuju Ke Air Terjun Blang Kolam

Wisatawan bisa menggunakan motor atau mobil untuk menuju ke lokasi Air Terjun Blang Kolam. Bagi wisatawan yang menyewa mobil, agar mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan yang lain.

Posisi Air Terjun Blang Kolam berada di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur. Tempat wisata ini berjarak sekitar 21 km dari kota Lhokseumawe. Selama perjalanan, wisatawan akan ditemani dengan pemandangan dan suasana pedesaan yang nyaman dan sejuk di mata.

Apabila wisatawan berangkat dari kota Banda Aceh, jarak yang harus ditempuh dari kota Banda Aceh menuju ke Lhokseumawe sekitar 275 km, dalam waktu kurang lebih 5 jam.

Harga tiket masuk di tempat wisata ini adalah sebesar Rp 2500.

Penginapan

Di kota Lhokseumawe telah tersedia beberapa penginapan yang layak bagi para wisatawan dengan standar harga dan kelas yang bervariasi.

Beberapa penginapan tersebut diantaranya :

1. Lido Graha Hotel (Bintang 3)

Jln. Merdeka Timur No. 42 Lhokseumawe.

2. Plaza Samudra International Hotel (Bintang 3)

Jln. Merdeka Timur – Cunda, Lhokseumawe.

3. Dewi Plaza Hotel (Bintang 1)

Jln. Pase No. 27.

4. Surya Aceh Cottage (Bintang 1)

Jln. Hagu Barat Laut.

Selain itu, di sekitar kota Lhokseumawe juga terdapat Losmen dan Wisma.

Kuliner

Wisatawan jangan khawatir merasa kelaparan selama berada di obyek wisata ini. Di lokasi Air Terjun Blang Kolam, telah tersedia beberapa penjual makanan dan minuman.

Selama wisatawan berada di kota Lhokseumawe, jangan lupa untuk mencoba aneka makanan khas kota ini, seperti boh rom-rom, sate matang, kari kambing dan roti cane, ikan bakar, kerang sambal nanas, mie aceh dan kopi pancung. Disebut kopi pancung karena isi kopi tidak sampai 1 gelas, tetapi hanya setengah gelas.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang ingin bermain air atau berenang di dalam kolam Air Terjun Blang Kolam, jangan lupa membawa pakaian ganti.
  2. Jangan lupa untuk membawa kamera.
  3. Wisatawan boleh membawa makanan dan minuman dari luar, akan tetapi jangan berlebihan karena bisa menjadi beban bagi wisatawan.
  4. 660 anak tangga yang ada di lokasi ini dibuat pada tahun 70-an. Saat ini, kondisi anak tangga tersebut ada yang ditutupi oleh lumut. Oleh karena itu, wisatawan harus berhati-hati ketika melewatinya.
  5. Bagi wisatawan yang ingin menikmati kesegaran berendam di dalam kolam air dingin, wisatawan bisa merasakannya di wisata pemandian Air Dingin Lhok Pawoh. Obyek wisata ini berlokasi di Kabupaten Aceh Selatan.

Air Terjun Blang Kolam memiliki ketinggian sampai dengan 75 meter. Jika wisatawan merasakan gemericik airnya yang jatuh dari ketinggian tersebut, tentunya akan membuat Anda seperti diterapi oleh alam.

Please Share :

Related Post


Kuliner Khas Aceh – Lezat Penuh Cita Rasa
Kuliner Khas Aceh – Lezat Penuh Cita Rasa

Provinsi Aceh memiliki beberapa kuliner yang sangat lezat dan patut…

Air Terjun Pria Laot – Pesona Yang Tersembunyi
Air Terjun Pria Laot – Pesona Yang Tersembunyi

Pergi berwisata ke pulau Weh tidak hanya berlibur di tepi…

Pesona Pulau Bangkaru – Pulau Seribu Penyu
Pesona Pulau Bangkaru – Pulau Seribu Penyu

Di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, terdapat kepulauan yang bernama…

Pesona Pantai Lampuuk – Saksi Sejarah Tsunami
Pesona Pantai Lampuuk – Saksi Sejarah Tsunami

Sejak sebelum terjadinya tsunami sampai dengan saat ini, Pantai Lampuuk…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *