Home  /  Wisata Bali  / Air Terjun Gitgit – Wisata Air Terjun di Kabupaten Buleleng

Air Terjun Gitgit – Wisata Air Terjun di Kabupaten Buleleng


Air Terjun Gitgit – Wisata Air Terjun di Kabupaten Buleleng

Berlibur di Kabupaten Buleleng merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi wisatawan. Kondisi alamnya yang terdiri dari dataran tinggi dan rendah, membuat wilayah ini mampu untuk memberikan beberapa tempat wisata yang menarik.

Meskipun kawasan wisata ini berada cukup jauh dari kawasan wisata Kuta, namun ada banyak wisatawan yang memilih untuk berlibur di Buleleng.

Pantai hitamnya yang eksotis menawarkan atraksi lumba-lumba liar dan pesona sunset serta sunrise. Dua danau kembarnya yaitu Danau Buyan dan Danau Tamblingan siap untuk memberikan panorama alam yang masih alami dan berhawa sejuk.

air terjun gitgitKehangatan dari Air Panas Banjar mampu untuk memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan.

Liburan ini akan semakin lengkap jika wisatawan berkunjung ke obyek wisata Air Terjun Gitgit yang merupakan air terjun tertinggi di Pulau Bali.

Memiliki ketinggian sekitar 35 m, Air Terjun Gitgit dapat membuat setiap wisatawan yang berkunjung terpesona dengan keindahannya. Suara gemuruh air yang menerpa batu begitu mendominasi tempat wisata ini. Sayup terdengar kicauan aneka burung membuat suasana di sekitar air terjun menjadi lebih menyenangkan.

Lokasi Air Terjun Gitgit berada diantara hijau pepohonan yang rindang, sehingga memberikan sebuah kesan yang teduh dan asri. Hembusan angin yang menyapu embun dapat membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Arus airnya yang terlihat begitu deras mengalir dengan cepat melalui bebatuan menuju ke sebuah kolam. Begitu menyenangkan berada di tempat yang menawan ini bersama keluarga ataupun teman. Tidak salah jika lokasi wisata ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Umumnya, ketika berada di lokasi wisata ini, para wisatawan memanfaatkannya dengan bersantai di atas bebatuan besar yang berada di lokasi air terjun. Merasakan sejuknya udara, mendengarkan gemericik air yang mengalir melalui bebatuan, sembari menikmati keindahan pesona alamnya yang menawan.

Ini merupakan salah satu cara yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Airnya yang jernih dan berasal dari 2 danau kembar di Kabupaten Buleleng, seolah-olah mengajak wisatawan untuk segera merasakan kesegarannya.

Sebenarnya selain Air Terjun Gitgit, Kabupaten Buleleng masih memiliki 2 buah air terjun yang tidak kalah indahnya. Kedua air terjun tersebut dikenal dengan nama air terjun kembar dan air terjun bertingkat.

air terjun kembar

Masing-masing air terjun menawarkan nuansa alam yang indah, namun terdapat beberapa perbedaan yang justru menjadi daya tarik bagi setiap wisatawan. Bagi wisatawan yang senang menjelajah alam, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke kedua lokasi air terjun tersebut.

Untuk menuju ke lokasi air terjun kembar, wisatawan harus berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh kurang lebih 500 meter dari tempat parkir kendaraan.

air terjun bertingkat

Sedangkan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun bertingkat, lokasi air terjun tersebut cukup jauh dari areal parkir kendaraan. Perjalanan menuju ke air terjun bertingkat merupakan sebuah tantangan bagi para wisatawan yang gemar berpetualang.

Transportasi Menuju ke Air Terjun Gitgit

Air terjun Gitgit berlokasi di Desa Gitgit, Kec. Sukasada, Buleleng, Bali. Jika wisatawan berangkat dari kota Singaraja, akan menempuh jarak sekitar 11 km.

Namun bagi wisatawan yang berangkat dari bandara Ngurah Rai, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 81 km dalam waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Wisatawan bisa menyewa mobil atau motor untuk menuju ke lokasi wisata ini. Harga sewa mobil di Bali sekitar Rp 200.000/hari, sedangkan harga sewa motor antara Rp 50.000-75.000/hari.

Jika wisatawan ingin menyewa mobil, biasanya pihak rental mobil akan menawarkan penggunaan jasa seorang sopir yang berpengalaman, ramah dan sopan.

Menggunakan jasa sopir akan memberikan banyak manfaat bagi wisatawan. Selain wisatawan bisa bersantai di dalam mobil sembari menikmati keindahan panorama alam Bali, sopir tersebut bisa memandu wisatawan untuk berwisata menuju ke beberapa tempat wisata menarik lainnya di Pulau Dewata.

Tentunya wisatawan harus mengeluarkan sedikit uang tambahan untuk membayar sopir tersebut ke pihak rental mobil.

Setelah sampai di lokasi parkir kendaraan, wisatawan harus membeli tiket untuk bisa masuk ke dalam obyek wisata Air Terjun Gitgit. Harga tiket tersebut sebesar Rp 5.000/orang untuk dewasa, dan Rp 3.000/orang untuk anak-anak.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang telah dilapisi semen dan berpagar besi. Perjalanan sejauh kurang lebih 450 meter dari tempat parkir kendaraan, dapat membuat wisatawan merasa sedikit lelah. Hal ini disebabkan karena kondisi jalan yang berkelok-kelok dan naik turun.

Akan tetapi, perjalanan tersebut sangat menyenangkan karena melewati perkebunan cengkeh, kopi, persawahan dan juga rumah penduduk. Setelah sekitar 15 menit berjalan kaki, wisatawan akan tiba di lokasi Air Terjun Gitgit.

Fasilitas

Pihak pengelola obyek wisata Air Terjun Gitgit telah menyediakan beberapa fasilitas umum agar dapat memberikan kepuasan kepada para wisatawan yang berkunjung.

Fasilitas tersebut antara lain :

  1. Tersedia areal untuk parkir kendaraan.
  2. Tersedia jalan setapak yang dirawat dengan baik untuk menuju ke lokasi air terjun.
  3. Terdapat beberapa toko yang menjual aneka cinderamata khas Bali.
  4. Bagi wisatawan yang merasa lapar dan haus, di tempat wisata ini telah berdiri beberapa warung makan yang menjual aneka makanan dan minuman.
  5. Tersedia bangunan atau bale tanpa dinding yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai dengan jarak sekitar 20 m dari air terjun.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin mencari penginapan di Kabupaten Buleleng, telah tersedia beberapa penginapan berkelas yang layak untuk para wisatawan.

Beberapa penginapan tersebut diantaranya :

  1. Melka Excelsior Hotel

Jl. Raya Kalibukbuk, Lovina, Buleleng, Bali.

  1. Agus Homestay Lovina

Jl. Seririt-Singaraja, Lovina, Buleleng, Bali.

  1. Bali Lovina Beach Cottages

Pantai Lovina, desa Kaliasem, Buleleng, Bali.

  1. Hotel Bali Taman Lovina

Jl. Raya Lovina, Tukadmungga, Singaraja, Buleleng, Bali.

  1. Sunari Beach Resort

Jl. Lovina, Singaraja, Buleleng, Bali.

  1. Dolphin Beach Bali

Jl. Raya Singaraja-Seririt, Buleleng, Bali.

  1. Lovina Beach Hotel

Pantai Lovina, Buleleng, Bali.

  1. Aneka Lovina Villas and Spa

Jl. Kalibukbuk, Seririt, Buleleng, Bali.

  1. The Lovina Bali

Jl. Mas Lovina, Buleleng, Bali.

  1. Gino Feruci Lovina

Jl. Laviana, Lovina, Buleleng, Bali.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang menyewa mobil, agar mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan yang lain.
  2. Jangan terlalu banyak membawa makanan dan minuman ringan agar tidak memberatkan selama di perjalanan, dan jangan membuang sampah sembarangan.
Please Share :

Related Post


Taman Budaya GWK – Karya Monumental di pulau Bali
Taman Budaya GWK – Karya Monumental di pulau Bali

Taman Budaya GWK (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park) adalah sebuah…

11 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi – Obyek Wisata Favorit
11 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi – Obyek Wisata Favorit

Pergi berwisata ke Pulau Bali merupakan sebuah keputusan yang tepat…

Desa Kamasan – Desa Yang Memiliki Aneka Hasil Karya Seni di Bali
Desa Kamasan – Desa Yang Memiliki Aneka Hasil Karya Seni di Bali

Desa Kamasan merupakan sebuah desa yang hanya berjarak sekitar 4…

Taman Ujung – Sebuah Istana Air Yang Cantik di Pulau Bali
Taman Ujung – Sebuah Istana Air Yang Cantik di Pulau Bali

Taman Ujung merupakan sebuah istana air yang cantik di Pulau…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *