Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Air Terjun Lhoong – Pesona Air Terjun Di Aceh Besar

Air Terjun Lhoong – Pesona Air Terjun Di Aceh Besar


Air Terjun Lhoong – Pesona Air Terjun Di Aceh Besar

Aroma hutan yang masih alami, kicau burung yang saling bersahutan, udara yang sejuk dan suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian adalah gambaran suasana di lokasi Air Terjun Lhoong.

Air terjun ini memiliki kolam yang besar, sehingga membuat banyak wisatawan bisa berenang sembari menikmati segarnya air yang mengalir.

Kolam pada Air Terjun Lhoong memiliki 3 tingkat kedalaman, dari dangkal, sedang hingga dalam. Perbedaan kedalaman pada kolam tersebut tentunya akan memberikan pilihan yang menyenangkan bagi wisatawan yang berenang.

Bagi yang pandai berenang, pastinya mereka akan memilih bagian yang dalam, namun bagi yang belum pandai berenang, cukup berendam di bagian yang dangkal. Sensasi yang lebih menyenangkan di tempat wisata ini adalah merasakan guyuran air terjun langsung ke kepala, rasanya seperti dipijat dan bisa menghilangkan sakit kepala.

indahnya air terjun lhoong

Jika diperhatikan, Air Terjun Lhoong mempunyai 3 tingkatan. Tingkat yang terakhir (tingkat yang ketiga) memiliki ketinggian sekitar 3 meter, tingkat yang kedua kurang lebih 5 meter, dan pada tingkat yang pertama sekitar 12 meter.

Akan tetapi, petugas di tempat wisata ini melarang wisatawan untuk bermain di tingkat pertama dan kedua, dengan alasan keselamatan karena di sana terdapat sebuah pembangkit listrik dan jalan untuk menuju ke sana cukup terjal dan berbahaya.

Di sekitar air terjun terdapat banyak batu-batu besar. Umumnya wisatawan akan duduk di atas batu sembari menikmati pesona air terjun. Berfoto, bermain air dan duduk santai di atas batu besar sembari bercerita bersama teman atau keluarga adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh wisatawan.

Udaranya yang bersih dan sejuk, hembusan anginnya yang bersahabat, dikelilingi dengan pesona hutan hijau yang lebat, terdengar kicauan aneka burung yang merdu dan seakan berpadu dengan suara gemericik air yang jatuh menghempas batu, merupakan salah satu alasan bagi wisatawan untuk berlama-lama di tempat wisata ini. Terutama pada musim liburan, obyek wisata Air Terjun Lhoong akan ramai dikunjungi oleh wisatawan.

tampak atas air terjun suhom

Keindahan panorama alam Air Terjun Lhoong dapat dinikmati setelah wisatawan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000. Biaya tersebut digunakan untuk pemeliharaan segala fasilitas umum di lokasi Air Terjun Lhoong. Setelah melalui pintu masuk, wisatawan harus menuruni ratusan anak tangga yang akan menuntun wisatawan menuju ke lokasi wisata.

Wisatawan tidak harus terburu-buru menuruni anak tangga tersebut. Sesekali wisatawan bisa berhenti sebentar untuk beristirahat sembari menikmati keindahan pesona alam hutan yang menyejukkan.

Air Terjun Lhoong memiliki nama lain yaitu Suhom yang berarti gemuruh air yang terlalu kencang sehingga menciptakan suara dengungan yang keras. Air terjun ini berlokasi di Desa Tunong Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar. Sebelum tahun 1970, ibukota Kabupaten Aceh Besar adalah Banda Aceh.

Namun, setelah terjadi pemekaran dimana Banda Aceh menjadi kotamadya, maka ibukota Kabupaten Aceh Besar adalah Jantho yang terletak di Pegunungan Seulawah. Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien berasal dari Kabupaten Aceh Besar, tepatnya dari daerah yang bernama Lampadang.

Manfaat lain dari Air Terjun Lhoong adalah selain sebagai obyek wisata, air terjun ini juga berguna bagi masyarakat sekitar. Karena derasnya arus air bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat. Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air ini dilakukan oleh PT. Coca Cola.

Pada saat terjadi konflik di provinsi Aceh, obyek wisata ini tidak dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini disebabkan karena lokasi air terjun merupakan daerah yang rawan.

Namun sekarang Aceh telah damai, air terjun ini telah dikelola dengan baik, dilengkapi dengan fasilitas umum, dan juga terdapat petugas-petugas yang ramah. Lambat laun Air Terjun Lhoong semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

air terjun lhoong

Transportasi Untuk Menuju Ke Air Terjun Lhoong

Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Air Terjun Lhoong, lokasi air terjun ini tidak sulit untuk dikunjungi dan tidak terlalu jauh dari kota Banda Aceh. Jarak yang harus ditempuh oleh wisatawan kurang lebih 54 km dari kota Banda Aceh. Perjalanan ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Selama di perjalanan wisatawan akan melewati jalan yang menanjak dan berliku, karena lokasi Air Terjun Lhoong terletak di daerah pegunungan. Menikmati indahnya pesona alam gunung akan membuat perjalanan ini terasa cepat.

Akan tetapi, bagi wisatawan yang sering mabok ketika naik mobil, sebaiknya anda minum obat anti mabok sebelum berangkat menuju ke lokasi wisata.

Wisatawan bisa menyewa motor atau mobil sebagai sarana transportasi yang akan mengantarkan anda menuju ke tempat wisata ini. Agar lebih murah, mobil tersebut dapat disewa bersama dengan wisatawan yang lain.

Bagaimana Dengan Penginapannya?

Dikarenakan jarak antara lokasi Air Terjun Lhoong yang tidak begitu jauh dengan kota Banda Aceh, maka wisatawan bisa mencari penginapan di kota Banda Aceh. Ada banyak pilihan penginapan di kota tersebut, mulai dari guest house sampai dengan hotel berbintang.

Namun, bagi wisatawan yang ingin berkemah, di sekitar air terjun terdapat lokasi yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk camping.

Kuliner Yang Bisa Dinikmati Di Obyek Wisata Air Terjun Lhoong

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke tempat wisata yang indah ini, tetapi tidak mencoba merasakan aneka makanan dan minuman khas penduduk setempat. Air Terjun Lhoong telah dikelola dengan baik sehingga terdapat beberapa fasilitas umum seperti toilet dan Musholla.

Di sekitar air terjun juga terdapat warung makan yang siap untuk menyajikan aneka menu makanan dan minuman bagi para wisatawan.

Bolu manis adalah salah satu makanan andalan dari Kabupaten Aceh Besar. Produksi bolu banyak dijumpai di Kecamatan Peukan Bada. Citarasa kelezatan dari bolu ini akan sulit dijumpai oleh wisatawan di tempat lain.

Selain itu, makanan khas dari Kabupaten Aceh Besar adalah Kari Kambing, Sie Rebus (daging rebus), Asam Keu Eung (asam pedas) dan yang telah terkenal kelezatannya yaitu ayam tangkap. Wisatawan dapat mencobanya dan merasakan sendiri kelezatan dari makanan khas Kabupaten Aceh Besar.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang ingin bermain air atau berenang di dalam kolam Air Terjun Lhoong, wisatawan harus mempersiapkan pakaian ganti.
  2. Keindahan dan kecantikan air terjun dengan hiasan batu besar dan hijaunya pepohonan yang rindang, tentunya sangat layak untuk diabadikan. Oleh karenanya wisatawan jangan lupa untuk membawa kamera.
  3. Pastikan di dalam tas tersedia kotak P3K, yang berisi obat-obatan untuk penanganan luka ringan.
  4. Jika wisatawan ingin membawa makanan dan minuman dari kota Banda Aceh, bawalah secukupnya agar tidak memberatkan.
  5. Selain Air Terjun Lhoong, wisatawan bisa berkunjung ke obyek wisata air terjun lainnya yaitu Air Terjun 17 Tingkat. Nama lain dari Air Terjun 17 tingkat adalah air terjun Sangka Pane atau Tansar.
Please Share :

Related Post


Santai Bersama Keluarga di Danau OPI Palembang
Santai Bersama Keluarga di Danau OPI Palembang

Santai bersama keluarga di Danau OPI Palembang sembari berwisata air…

Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya
Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya

Provinsi Aceh memiliki beberapa pantai yang indah dengan karakteristik tersendiri…

Pergi Berwisata Ke Aceh
Pergi Berwisata Ke Aceh

Di ujung pulau sumatera terdapat sebuah provinsi yang diberi nama…

Berwisata Ke Pulau Kemaro Palembang – Wisata Bahari Bersama Keluarga
Berwisata Ke Pulau Kemaro Palembang – Wisata Bahari Bersama Keluarga

Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil yang berada di perairan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *