Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Air Terjun Pria Laot – Pesona Yang Tersembunyi

Air Terjun Pria Laot – Pesona Yang Tersembunyi


Air Terjun Pria Laot – Pesona Yang Tersembunyi

Pergi berwisata ke pulau Weh tidak hanya berlibur di tepi pantai atau danau. Di pulau ini, juga terdapat obyek wisata air terjun yang menawan. Hal ini disebabkan karena stuktur tanah di pulau Weh yang berbukit dan memiliki beberapa gunung berapi. Air terjun yang tersembunyi ini diberi nama Air Terjun Pria Laot.

Air Terjun Pria Laot berlokasi di hulu Gunung Sarung Keris, di bagian selatan pulau Weh. Jika wisatawan berangkat dari kota Sabang, untuk menuju ke lokasi wisatawan akan menempuh jarak sekitar 12 km.

Kawasan wisata Air Terjun Pria Laot akan menawarkan sebuah pesona alam yang masih alami. Hijau pepohonan yang mengelilingi lokasi air terjun, membuat udara di sekitar areal wisata terasa segar dan menyejukkan. Wisatawan dapat mendengar aneka kicauan burung liar di tempat ini. Bahkan akan terlihat beberapa satwa liar lainnya yang seakan-akan menyambut kedatangan wisatawan di tempat wisata ini.

air terjun pria laot

Salah satu ciri khas yang unik dari air terjun ini adalah terdapatnya sebuah kolam di bawah air terjun. Walaupun kolam tersebut tidak begitu luas, yaitu hanya sekitar 10 meter2 dengan kedalaman antara 1 – 1,5 meter, akan tetapi berenang atau berendam di dalam kolam Air Terjun Pria Laot adalah sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan di tempat wisata ini.

Semakin lama berendam di dalam kolam, wisatawan akan merasakan sebuah sensasi terapi. Sekujur tubuh wisatawan terasa seperti digelitik. Hal ini dikarenakan di dalam kolam yang jernih ini terdapat ikan-ikan kecil seperti yang biasa dilihat di fasilitas umum terapi ikan. Ikan tersebut dikenal dengan nama ikan Garra Rufa. Namun, penduduk setempat menyebutnya ikan bulan.

Ikan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Walaupun berukuran kecil, ikan Garra Rufa dapat membuang sel-sel kulit mati terutama pada bagian telapak kaki. Selain memakan sel-sel kulit mati tersebut, ikan ini akan mengeluarkan sejenis enzim dari mulutnya yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Enzim tersebut juga merangsang pertumbuhan kulit baru, sehingga kulit menjadi lebih halus dan elastis serta mencegah pertumbuhan kulit yang tidak sehat.

ikan garra rufa

Terapi ikan Garra Rufa juga dapat memperlancar peredaran darah serta menstimulasi titik-titik akupuntur. Sehingga dapat membuat sistem syaraf menjadi lebih rileks dan menghilangkan rasa pegal pada otot. Terapi ini tidak mengandung campuran bahan kimia sehingga aman bagi kesehatan. Tidur malampun menjadi lebih nyenyak dan setelah bangun dari tidur badan akan menjadi lebih segar.

Air yang mengalir di tempat wisata ini berasal dari Gunung Sarung Keris dan Danau Aneuk Laot. Sebelum sampai di lokasi air terjun, air tersebut mengalir menelusuri sungai Pria Laot hingga akhirnya meluncur ke lokasi Air Terjun Pria Laot. Kesegaran airnya benar-benar sayang untuk tidak dinikmati. Tidak heran jika terlihat beberapa wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Transportasi Menuju Ke Air Terjun Pria Laot

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Pria Laot, wisatawan bisa menyewa mobil, motor atau dengan cara naik transportasi umum seperti ojek dan angkot. Apapun transportasi yang digunakan untuk menuju ke tempat wisata ini, wisatawan harus berhenti di ujung jembatan desa, yaitu di dekat menara pompa air minum kota Sabang.

Telah tersedia areal untuk parkir kendaraan di tempat ini. Setelah memarkir kendaraan, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km. Wisatawan harus melewati jalan setapak yang cukup lebar dan telah dilapisi dengan semen, selain itu wisatawan juga harus menyebrangi anak sungai melalui jembatan beton. Kegiatan ini merupakan sebuah perjalanan melintasi alam yang menyenangkan.

Selama di perjalanan, wisatawan akan ditemani dengan panorama alam yang indah, udara yang segar, dan terdengar nyanyian aneka burung khas pulau Weh. Hal inilah yang membuat perjalanan selama kurang lebih 25 menit, akan terasa cepat dan tidak melelahkan.

Begitu tiba di lokasi, tampak panorama bukit setinggi 15 meter dan sebuah air terjun yang menghantam bebatuan sebelum jatuh ke dalam kolam. Gemuruh air di tempat ini, seakan memberikan kesegaran untuk para wisatawan yang berkunjung.

Apakah Ada Penginapan Di Dekat Air Terjun Pria Laot ?

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Pria Laot. Wisatawan bisa mencari penginapan di kota Sabang. Di sana telah tersedia beberapa penginapan yang menawarkan tarif inap yang bervariasi.

Jika wisatawan memilih penginapan yang sederhana, tentunya tarif untuk menginap di tempat tersebut lebih murah jika dibandingkan penginapan sekelas resort atau cottage. Adapun biaya untuk menginap di tempat wisata ini, dimulai dari harga Rp 80.000/malam.

Souvenir

Cinderamata atau souvenir khas kota Sabang adalah aneka kerajinan dari bahan baku kayu, kerang, dan batok kelapa. Selain itu, juga tersedia aneka T-Shirt dengan motif yang unik khas kota Sabang.

Kuliner

Makanan laut adalah menu terlezat yang bisa disantap selama berada di kota Sabang. Bawalah makanan dan minuman secukupnya dari kota Sabang pada saat akan berwisata ke Air Terjun Pria Laot.

Saran

  1. Persiapkan pakaian renang atau pakaian ganti bagi wisatawan yang ingin berendam di dalam kolam Air Terjun Pria Laot.
  2. Memakai pakaian yang santai dan sederhana tentunya akan lebih baik karena penduduk setempat mayoritas memeluk agama Islam.
  3. Agar tidak terlalu merasa kepanasan dan untuk berjaga-jaga jika hujan, maka wisatawan bisa memakai topi dan membawa payung.
  4. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena keindahan alam selama di perjalanan menuju ke air terjun, dan kecantikan panorama alam di sekitar air terjun sangat layak untuk diabadikan.
  5. Akan lebih baik jika membawa kotak P3K, sehingga apabila terluka bisa langsung diobati.
  6. Di kota Sabang tidak banyak terdapat SPBU, sehingga bagi wisatawan yang menyewa mobil atau motor, pastikan jumlah bahan bakar kendaraan cukup. Jika dalam keadaan darurat, wisatawan bisa membeli bahan bakar tersebut di beberapa tempat yang tersedia di pinggir jalan.
  7. Bagi wisatawan yang menyukai olahraga air seperti diving dan snorkeling, wisatawan dapat menjelajahi keindahan alam bawah laut di Pulau Rubiah. Jernihnya air laut di perairan Pulau Rubiah, membuat sinar matahari dapat menembus hingga ke dasar laut. Sehingga bagi wisatawan yang tidak pandai berenang, wisatawan bisa menikmati keindahan kerajaan bawah laut di tempat wisata ini dari atas sebuah perahu yang dikenal dengan nama glass bottom boat.

Air Terjun Pria Laot adalah pesona yang tersembunyi di pulau Weh. Belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Padahal obyek wisata Air Terjun Pria Laot mampu untuk memberikan sebuah panorama alam yang masih alami, indah dan menawan.

Please Share :

Related Post


Berkunjung Ke MONPERA Palembang – Monumen Perjuangan Rakyat
Berkunjung Ke MONPERA Palembang – Monumen Perjuangan Rakyat

Berkunjung ke MONPERA (Monumen Perjuangan Rakyat) di Kota Palembang dapat…

Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane
Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane

Pergi berwisata ke Aceh tidak hanya mengunjungi wisata pantainya yang…

Museum Aceh
Museum Aceh

Pada tanggal 31 Juli 1915, yaitu pada zaman pemerintahan Hindia…

Air Terjun Lhoong – Pesona Air Terjun Di Aceh Besar
Air Terjun Lhoong – Pesona Air Terjun Di Aceh Besar

Aroma hutan yang masih alami, kicau burung yang saling bersahutan,…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *