Home  /  Wisata Lombok  / Pesona Air Terjun Sendang Gile – Nuansa Alam Hutan Yang Tenang

Pesona Air Terjun Sendang Gile – Nuansa Alam Hutan Yang Tenang


Pesona Air Terjun Sendang Gile – Nuansa Alam Hutan Yang Tenang

Berlibur ke Pulau Lombok sungguh sangat menyenangkan karena Anda akan dimanjakan oleh aneka obyek wisata yang menarik. Diantaranya adalah beberapa pantai pasir putih yang menakjubkan di wilayah Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Tengah.

Tidak hanya itu saja, di wilayah Kabupaten Lombok Utara Anda juga akan disambut dengan panorama alam hutan hijau yang ditumbuhi oleh aneka tanaman. Suasana di tempat ini terasa sejuk, sangat kontras jika dibandingkan dengan wilayah pesisir selatan.

air-terjun-sendang-gile-1Salah satu obyek wisata di utara Pulau Lombok yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Air Terjun Sendang Gile. Pemberian nama yang cukup unik ini tidak terlepas dari cerita rakyat setempat yang telah melegenda.

Pada zaman dahulu di wilayah ini terdapat singa gila yang meresahkan penduduk setempat. Lalu singa tersebut dikejar oleh warga setempat hingga masuk ke dalam lebatnya hutan.

Setelah sekian lama pengejaran, akhirnya tiba di lokasi air terjun. Oleh warga setempat, air terjun tersebut diberi nama Senggang Gila.

Seiring berjalannya waktu nama Senggang Gila berubah menjadi Sendang Gile. Selain itu, berdasarkan cerita yang beredar di wilayah tersebut, dahulu Air Terjun Sendang Gile adalah tempat mandi bidadari.

Air Terjun Sendang Gile yang juga biasa disebut dengan nama Batu Kerbau (Batu Ko’), dipercaya oleh penduduk setempat dapat membuat seseorang menjadi awet muda dengan cara membasuh muka ataupun mandi.

pesona-air-terjun-sendang-gileOleh karena itu, hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Sendang Gile sangat menyukai kegiatan bermain air ataupun mandi.

Namun, bukan semata karena ingin awet muda, melainkan dikarenakan kesejukan airnya dapat membuat mereka yang mandi akan merasa segar sehingga segala beban pikiran berangsur-angsur akan menghilang.

Air Terjun yang berada di Desa Senaru ini memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter. Lokasinya yang berada di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani dan terletak pada ketinggian sekitar 600 mdpl, tentunya akan membuat tempat wisata ini berhawa sejuk, teduh, dan asri.

Air Terjun ini sangat layak untuk dikunjungi dan dapat menjadi salah satu tujuan wisata Anda selama berada di Pulau Lombok.

Kegiatan yang menyenangkan selama berada di lokasi wisata ini antara lain bersantai sembari menikmati panorama alam hijau yang sejuk di mata, bermain air, berpetualang, dan berfoto.

Di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa pondok sehingga wisatawan bisa menikmati pesonanya dari dalam pondok bersama dengan keluarga sembari menikmati bekal yang dibawa.

Harga tiket masuknya adalah sebesar 5 ribu rupiah per orang. Dari pintu masuk, wisatawan harus berjalan kaki dan menuruni lebih dari 300 anak tangga.

Perjalanan ini membutuhkan waktu antara 15 hingga 20 menit. Wisatawan tidak perlu terburu-buru pada saat berjalan di atas tangga beton, karena panorama alam di sepanjang perjalanan sungguh indah, udaranya bersih serta menyegarkan. Perjalanan singkat ini akan terkesan menyenangkan.

tangga-pada-air-terjun-sendang-gile

Pada saat pulang, umumnya wisatawan akan melewati jalur yang berbeda. Mereka akan menyusuri tepi lembah, mengikuti saluran irigasi, dan berjalan di atas jembatan beton. Melewati jalur ini akan lebih ringan dibandingkan jika wisatawan pulang melalui jalan masuk, karena harus mendaki lebih dari 300 anak tangga.

Transportasi Menuju Ke Air Terjun Sendang Gile

Obyek wisata ini berlokasi di Desa Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara. Jarak antara lokasi wisata ini dengan Kota Mataram adalah sekitar 60 km.

Jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2,5 jam dengan menggunakan mobil atau motor.

Tersedia dua jalur atau rute untuk menuju ke tempat wisata ini dari Kota Mataram. Jalur yang pertama adalah melalui Pantai Senggigi dan rute yang kedua melalui Pusuk.

Sampai dengan saat ini, belum ada angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke sana. Oleh karena itu, disarankan kepada para wisatawan untuk menyewa kendaraan.

Harga sewa motor di Pulau Lombok cukup murah yaitu Rp 50 ribu per hari. Sedangkan harga sewa mobil + bahan bakar dan jasa sopir adalah sekitar Rp 600 ribu selama 10 jam.

Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan jasa agen wisata. Umumnya, mereka akan menawarkan beberapa tempat wisata yang menarik dalam satu kali perjalanan.

Fasilitas

Telah tersedia beberapa fasilitas umum di lokasi air terjun. Walaupun tampak sederhana, namun terkesan menyatu dengan keadaan alam sekitarnya.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  1. Tempat untuk memarkir kendaraan.
  2. Beberapa warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman ringan di dekat pintu masuk.
  3. Tersedia beberapa pondok untuk bersantai, toilet dan kamar ganti pakaian.

Penginapan

Umumnya, wisatawan akan mencari penginapan di kawasan Kota Mataram. Di sana telah tersedia beberapa hotel berbintang seperti Grand Legi Mataram Hotel, Hotel Santika Mataram, Lombok Plaza Hotel, dan lain-lain.

Namun, jika Anda ingin menginap di wilayah Desa Senaru, terdapat beberapa homestay dengan tarif sekitar 200 ribu rupiah per malam.

Saran

  1. Apabila wisatawan ingin bermain air di lokasi wisata ini, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti.
  2. Bawalah makanan dan minuman secukupnya sebagai bekal selama berada di dalam kawasan wisata Air Terjun Sendang Gile. Agar pancaran pesonanya tetap terjaga, kumpulkan sampah makanan dan minuman agar tidak mengotori lingkungan di tempat wisata ini.
  3. Berada di hulu Air Terjun Sendang Gile, terdapat obyek wisata air terjun lainnya dengan ketinggian sekitar 42 meter. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Tiu Kelep.

Setelah melewati pintu masuk, wisatawan harus menuruni ratusan anak tangga yang telah berlumut dan terbuat dari beton. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Segala jerih payah tersebut akan segera terbayarkan begitu wisatawan tiba di lokasi air terjun.

Please Share :

Related Post


Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung
Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung

Lokasi Pantai Batu Payung berada tidak jauh dari Pantai Tanjung…

28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan
28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan

Di sebelah Timur Pulau Bali terdapat sebuah pulau yang dikenal…

Oleh-oleh Khas Lombok – Cinderamata Menarik dari NTB
Oleh-oleh Khas Lombok – Cinderamata Menarik dari NTB

Pulang liburan tanpa membawa oleh-oleh, rasanya seperti semangkuk sayur yang…

Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran
Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Apabila Anda masih berada di wilayah Lombok Tengah, sediakanlah waktu…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *