Home  /  Wisata Lombok  / Air Terjun Tiu Kelep – Wisata Lombok yang Menawan

Air Terjun Tiu Kelep – Wisata Lombok yang Menawan


Air Terjun Tiu Kelep – Wisata Lombok yang Menawan

Setelah puas bermain air dan menikmati suasana di kawasan wisata Air Terjun Sendang Gile, bagi Anda yang suka berpetualang sebaiknya melanjutkan perjalanan menuju ke Air Terjun Tiu Kelep.

Ketinggian air terjun ini sekitar 42 meter dan karakteristiknya bertingkat-tingkat. Nama dari Tiu Kelep sendiri mengandung arti kolam terbang atau sebuah kolam dimana terdapat buih-buih air yang berterbangan.

air-terjun-tiu-kelepJalan untuk menuju ke Air Terjun Tiu Kelep lebih menantang dan lebih berat dibandingkan Air Terjun Sendang Gile karena posisinya berada di hulu dari air terjun tersebut.

Setelah melewati pintu masuk dan mengeluarkan uang sebesar Rp 5000 per orang, perjalanan panjang ini akan dimulai dengan menuruni tangga beton yang telah berumur dan berlumut.

Anda harus hati-hati dan tidak perlu terburu-buru. Penelusuran melalui tangga ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.

Setelah tiba di bawah tangga, ambil jalur ke arah kanan, karena jika wisatawan belok ke arah kiri maka akan menuju ke Air Terjun Sendang Gile. Perjalanan panjang ini akan membutukan waktu sekitar 1 jam.

Anda akan menyusuri jalan-jalan setapak yang berbatu, menembus wilayah hutan, melewati jembatan unik yang berada di sepanjang saluran irigasi, dan menyebrangi sungai dimana arusnya cukup deras.

jembatan-berlubang

Hati-hati pada saat menyebrangi sungai tersebut, karena bebatuannya cukup licin dan dapat menyebabkan Anda terpeleset. Oleh karena itu, sebelum berpetualang sebaiknya wisatawan mengamankan beberapa benda berharga seperti kamera, hp, dan dompet agar tidak basah apabila terjatuh pada saat menyebrangi sungai.

Begitu tiba di lokasi, segala jerih payah Anda akan segera terbayarkan. Pesona Air Terjun Tiu Kelep sungguh indah. Dari celah-celah perbukitan dengan ketinggian sekitar 42 meter, meluncur deras aliran air sehingga menimbulkan suara gemuruh yang menyegarkan.

air-terjun-tiu-kelep-lombokDi bawahnya terdapat kolam dengan kedalaman sekitar 1 meter. Airnya jernih sehingga membuat beberapa wisatawan ingin segera berenang atau berendam di dalam kolam tersebut.

Selain itu, terdapat sebuah mitos yang beredar yaitu jika mandi atau membasuh muka di air terjun ini, maka bisa membuat Anda awet muda. Wisatawan boleh percaya ataupun tidak, pastinya berendam di dalam kolam air terjun ini sungguh sangat menyegarkan.

Setelah puas berlibur di kawasan wisata Tiu Kelep Waterfall, perjalanan pulang yang akan ditempuh hampir sama dengan pada saat pergi.

Perbedaannya adalah setelah wisatawan tiba di areal wisata Air Terjun Sendang Gile, sebaiknya Anda memilih untuk melalui jalur irigasi yang kondisinya cukup datar daripada harus mendaki ratusan anak tangga yang akan menuntun Anda hingga ke pintu masuk.

Jalan irigasi ini adalah rute favorit untuk pulang menuju ke areal parkir kendaraan, walaupun lebih jauh namun tidak terlalu melelahkan. Selain itu, perbedaan ini tentunya akan memberikan view yang berbeda kepada wisatawan.

Transportasi Menuju Ke Air Terjun Tiu Kelep

Untuk menuju ke tempat wisata ini, sama dengan ketika akan berkunjung ke Air Terjun Sendang Gile. Kedua tempat wisata ini berlokasi di Desa Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara.

Perjalanan panjang dari Kota Mataram membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor dan menempuh jarak kurang lebih 60 km.

Tersedia dua rute untuk menuju ke Desa Senaru dari Kota Mataram. Jalur yang pertama adalah melalui Pusuk dan jalur yang kedua melewati Pantai Senggigi.

Apabila wisatawan berminat untuk berkunjung ke tempat wisata ini, disarankan menyewa mobil atau motor karena belum ada angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda dari Kota Mataram.

Harga sewa motor di Pulau Lombok sekitar Rp 50 ribu/hari. Sedangkan harga sewa mobil telah termasuk bahan bakar dan sopir kurang lebih Rp 600 ribu selama 10 jam.

Fasilitas

Belum tersedia fasilitas umum di lokasi wisata ini. Keadaannya masih begitu alami dan cukup jauh dari pintu masuk. Fasilitas umum yang terdekat berada di lokasi wisata Air Terjun Sendang Gile.

Penginapan

Apabila wisatawan ingin menginap di wilayah Desa Senaru, telah tersedia beberapa homestay dengan tarif kurang lebih 200 ribu rupiah/malam.

Namun, jika wisatawan ingin menginap di Kota Mataram, di sana terdapat beberapa hotel berbintang dengan variasi harga dan kelas.

Hotel-hotel tersebut diantaranya adalah Hotel Santika Mataram, Grand Legi Mataram Hotel, Mataram Square Hotel, Lombok Plaza Hotel, dan lain-lain.

Saran

  1. Bawalah makanan dan minuman sebagai bekal selama di perjalanan menuju ke Tiu Kelep Waterfall, karena di lokasi air terjun tidak terdapat toko ataupun warung. Wisatawan bisa membeli makanan dan minuman tersebut di Kota Mataram atau di dekat pintu masuk.
  2. Persiapkan kantong kosong sebagai tempat sampah makanan dan minuman. Untuk menjaga keindahan dari obyek wisata ini, disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan.
  3. Jangan membawa barang secara berlebihan, karena hanya akan menjadi beban selama di perjalanan.
  4. Persiapkan kotak P3K, untuk berjaga-jaga apabila kaki Anda tergores pada saat berpetualang.
  5. Akan lebih baik jika di dalam tas tersedia jas hujan, terutama jika wisatawan berlibur di musim hujan.
  6. Perjalanan ke Air Terjun Tiu Kelep akan lebih terasa nyaman jika Anda menggunakan jasa pemandu setempat.
  7. Di Kabupaten Lombok Utara, selain Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Sendang Gile, masih terdapat obyek wisata air terjun lainnya. Air terjun tersebut berada di Desa Genggelang dan dikenal dengan nama Air Terjun Gangga. Tidak lengkap rasanya jika Anda tidak sempat untuk berkunjung.

 

Please Share :

Related Post


28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan
28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan

Di sebelah Timur Pulau Bali terdapat sebuah pulau yang dikenal…

Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M
Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M

Setelah wisatawan berlibur ke beberapa pantai yang indah, berkunjung ke…

Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok
Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok

Pura Batu Bolong Lombok adalah sebuah pura yang berada di…

Pesona Pantai Gerupuk Dan Teluk Gerupuk – Obyek Wisata Lombok Tengah
Pesona Pantai Gerupuk Dan Teluk Gerupuk – Obyek Wisata Lombok Tengah

Berlibur di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, tidak akan terpisahkan dengan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *