Home  /  Wisata Bali  / Alas Kedaton Bali – Pesona Alam Hutan Yang Menawan

Alas Kedaton Bali – Pesona Alam Hutan Yang Menawan


Alas Kedaton Bali – Pesona Alam Hutan Yang Menawan

Alas Kedaton merupakan obyek wisata hutan yang masih alami dan dilindungi. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 12 hektar.

Di dalam hutan tumbuh aneka jenis tanaman seperti pohon mahoni, klampuak, dau, dan masih banyak lagi yang lainnya. Total ada 24 jenis tanaman yang tumbuh di hutan ini. Selain itu, di tempat wisata ini wisatawan dapat berjumpa dengan kera dan kalong.

alas kedaton baliPara kera ini telah lama berada di lokasi wisata Alas Kedaton.

Mereka tampak senang bergelantungan di atas dahan pepohonan, di atap bangunan, dan ada juga yang sedang bersantai maupun berjalan di atas tanah.

Kera-kera ini telah terbiasa bertemu dengan manusia, sehingga mereka tidak akan menyerang para wisatawan.

Walaupun terkadang mereka suka usil, mengambil barang yang dibawa oleh para wisatawan, akan tetapi pemandu wisata di tempat ini dengan terampil akan segera mengambil kembali barang tersebut dari tangan kera tanpa menyakiti hewan tersebut. Kemungkinan hal ini disebabkan karena sifat alami dari kera yang memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Selain menikmati udara segar yang menyejukkan, wisatawan juga bisa mencoba memberi makan kera. Mereka sangat menyukai makan pisang dan kacang-kacangan.

Namun, wisatawan jangan pernah mencoba untuk menipu atau mempermainkan mereka dengan cara berpura-pura memberi makan kepada mereka. Hal ini dapat membuat para kera menjadi marah dan terlihat seperti akan menyerang wisatawan.

Sayangi mereka dan biarkan mereka menikmati suasana bermain bersama dengan kelompoknya. Sehingga mereka akan merasa nyaman dan tidak akan mengganggu para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Alas Kedaton.

Bagi wisatawan yang ingin berfoto bersama kera, biasanya kera-kera ini akan semakin jinak setelah diberi makan. Agar lebih merasa aman, wisatawan bisa meminta bantuan kepada pemandu wisata agar diawasi dan dijaga ketika akan melakukan kegiatan tersebut.

alas kedatonUmumnya para pemandu telah mengerti sifat dan tingkah laku kera, dan mereka membawa sebuah tongkat yang digunakan untuk menghalau jika ada kera yang usil, tapi bukan untuk memukul kera-kera tersebut.

Di dalam kawasan obyek wisata ini, juga terdapat pura yang bernama Pura Alas Kedaton. Namun, ada sebagian penduduk setempat yang menyebut pura ini dengan nama Pura Dalem Kahyangan Kedaton.

Upacara piodalan pada pura ini diselenggarakan setiap 210 hari sekali. Berdasarkan informasi dari ahli sejarah, pura ini dibangun oleh Mpu Rajakretha atau Mpu Kuturan pada masa pemerintahan raja Sri Masuli pada tahun 1178 M atau 1100 Saka.

Bagi wisatawan yang gemar berbelanja, di area lokasi wisata telah tersedia beberapa toko yang menjual aneka kerajianan khas Bali. Biasanya para pedagang juga berprofesi sebagai pemandu wisata.

Mereka telah berpengalaman untuk memandu setiap wisatawan yang berkunjung ke Alas Kedaton. Tentunya dengan didampingi oleh pemandu wisata, wisatawan akan lebih merasa nyaman dan mendapatkan beberapa penjelasan mengenai sejarah yang tersimpan pada obyek wisata ini.

Namun setelah selesai memandu, mereka menginginkan agar wisatawan singgah ke tokonya. Di sana telah tersedia aneka barang dagangan yang unik dan indah. Wisatawan dapat membeli beberapa produk tersebut dengan harga yang memuaskan.

Transportasi Menuju ke Alas Kedaton

Alas Kedaton berlokasi di desa Kukuh, kecamatan Marga, Tabanan, Bali. Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Tabanan.

Jika wisatawan berangkat dari bandara Ngurah Rai, akan menempuh jarak kurang lebih 35 km dalam waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan mobil atau motor.

Di pulau Bali telah tersedia beberapa tempat yang menawarkan jasa rental mobil atau motor dengan harga yang terjangkau. Untuk menyewa mobil, wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar Rp 200.000/hari, sedangkan harga sewa motor antara Rp 50.000-75.000/hari.

Selain itu wisatawan juga bisa menggunakan jasa agen wisata atau agen perjalanan di pulau Bali. Mereka telah menyediakan aneka paket wisata untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata yang menarik di pulau Bali. Wisatawan dapat memilih paket tersebut dan pastikan ada kunjungan ke Alas Kedaton.

Harga tiket masuk di tempat wisata ini adalah sebesar Rp 10.000/orang. Wisatawan jangan lupa untuk membeli pisang atau kacang agar bisa mencoba untuk merasakan sensasi memberi makan kera.

Penginapan Di Dekat Alas Kedaton

Bagi wisatawan yang mencari penginapan di dekat kawasan wisata Alas Kedaton, telah tersedia beberapa penginapan yang layak dengan standar harga yang bervariasi.

Penginapan tersebut diantaranya :

  1. Puri Taman Sari Tabanan

Dusun Umabian, Desa Peken, Marga, Tabanan, Bali.

  1. The Sanyas Retreat

Banjar Dukuh, Desa Baturiti, Tabanan, Bali.

  1. Waka Gangga

Jl. Pantai Yeh Gangga, Tabanan, Bali.

Fasilitas

Pihak pengelola obyek wisata Alas Kedaton telah menyediakan beberapa fasilitas umum agar dapat memberikan kepuasan bagi wisatawan yang berkunjung.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Tersedia areal untuk parkir kendaraan.
  2. Tersedia beberapa toko yang menjual aneka souvenir khas Bali.
  3. Di tempat ini juga terdapat beberapa toko yang menjual makanan dan minuman ringan.
  4. Tersedia fasilitas untuk menggunakan jasa pemandu wisata.

Saran

  1. Wisatawan yang alergi terhadap bulu, sebaiknya tidak masuk ke dalam lokasi wisata.
  2. Wisatawan jangan menggunakan perhiasan secara berlebihan.
  3. Walaupun para kera di tempat ini terlihat jinak, namun wisatawan harus tetap menjaga barang bawaan dan posisikan pada tempat yang aman.
  4. Wisatawan tidak boleh menipu atau mempermainkan kera, agar para kera ini tidak marah dan merasa terancam.
  5. Wisatawan diizinkan untuk memberi pisang atau kacang kepada kera, namun jangan pernah mencoba untuk mempermainkannya.
  6. Jika wisatawan ingin berfoto bersama kera, sebaiknya wisatawan meminta bantuan kepada pemandu setempat agar dijaga dan diawasi selama kegiatan tersebut.
  7. Bagi wisatawan yang menginginkan sebuah obyek wisata pedesaan yang mempesona, wisatawan bisa mengunjungi Desa Jatiluwih yang masih termasuk dalam wilayah kabupaten Tabanan. Desa Jatiluwih menawarkan pesona alam pedesaan yang asri, sejuk dan menawan.
Please Share :

Related Post


Taman Margarana – Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana
Taman Margarana – Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana

Salah satu obyek wisata sejarah di Pulau Bali yang sering…

Berbelanja Di Joger – Pabrik Kata-Kata di Bali
Berbelanja Di Joger – Pabrik Kata-Kata di Bali

Berwisata ke pulau Bali, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung…

Pondok Pekak Ubud – Mengasah Kreativitas Anak-Anak
Pondok Pekak Ubud – Mengasah Kreativitas Anak-Anak

Berwisata ke pulau Bali merupakan pilihan yang sangat tepat bagi…

Desa Jatiluwih Bali – Nuansa Alam Pedesaan Yang Indah
Desa Jatiluwih Bali – Nuansa Alam Pedesaan Yang Indah

Pulau Bali begitu kaya dengan obyek wisata alamnya. Dari dataran…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *