Home  /  Wisata Bali  / Arts Centre Bali – Taman Budaya Bali Yang Mempesona

Arts Centre Bali – Taman Budaya Bali Yang Mempesona


Arts Centre Bali – Taman Budaya Bali Yang Mempesona

Arts Centre Bali (Taman Budaya Bali) adalah kompleks bangunan yang berfungsi untuk pementasan seni dan pengembangan seni Bali.

Bangunan ini didirikan oleh Ida Bagus Mantra, beliau adalah Gubernur Bali yang pertama. Ida Bagus Mantra sangat peduli terhadap nilai budaya timur, terutama budaya Bali. Harapan beliau, dengan dibangunnya Arts Centre di pulau Bali, maka bisa merangsang kreativitas para seniman Bali.

berkunjung arts centre baliPengaruh global yang dibawa oleh para wisatawan yang berkunjung ke pulau Bali, dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap budaya Bali.

Hal ini juga menjadi faktor sehingga Ida Bagus Mantra memiliki gagasan untuk membangun sebuah kawasan seni agar bisa menjaga, melestarikan, dan memberikan dukungan terhadap dinamika perkembangan budaya.

Dengan harapan agar jati diri budaya Bali dapat dipertahankan. Supaya rencana tersebut bisa terwujud, maka beliau secara sukarela memberikan tanah milik pribadi untuk dibangun sebuah pusat kesenian yang lebih dikenal dengan nama Arts Centre (Taman Budaya).

Arts Centre Bali merupakan kompleks bangunan dengan gaya arsitektur tradisional Bali, memiliki beberapa bagian bangunan dengan fungsi tersendiri.

Bagian bangunan tersebut yaitu :

  1. Kompleks bangunan suci terdiri dari : Pura Taman Beji, Bale Pepaosan, Bale Selonding, dll.
  2. Kompleks bangunan tenang, merupakan Perpustakaan Widya Kusuma. Di dalam perpustakaan terdapat buku-buku sejarah Bali.
  3. Kompleks bangunan untuk kegiatan pameran seni Bali meliputi : Gedung Kriya, Gedung Pameran Mahudara, Wisma Seni, Wantilan, dan Studio Patung.
  4. Kompleks bangunan untuk kegiatan pertunjukan seni, ada 2 panggung di tempat ini yaitu panggung tertutup Ksirarnawa dan panggung Terbuka Ardha Candra. Kedua panggung ini berlokasi di selatan sungai.

Amphitheatre Arts Centre Bali bisa menampung penonton sampai dengan 6 ribu orang. Di tempat ini sering diselenggarakan pertunjukan tradisional, kolosal, dan modern, sebuah pentas seni kebudayaan Bali yang sangat menghibur dan akan memukau para penonton.

pesta kesenian bali

Arts Centre Bali pertama kali dibuka pada tahun 1973. Sampai dengan saat ini terdapat sebuah tradisi yang kaya akan nilai budaya, yaitu diselenggarakannya Pesta Kesenian Bali.

Pada kegiatan ini, terdapat pameran kerajinan Bali, pengenalan budaya Bali, pertunjukan tari tradisional Bali, dan juga beberapa budaya lainnya dari luar pulau Bali.

Pada saat pembukaan kegiatan Pesta Kesenian Bali, akan ditampilkan sebuah parade seni yang diikuti oleh perwakilan seniman-seniman dari setiap kota dan kabupaten di pulau Bali.

Bahkan ada beberapa provinsi lain di Indonesia yang ikut bergabung mengirimkan duta pariwisata mereka. Ada juga beberapa negara lain yang ikut sebagai peserta parade, seperti dari Korea dan Jepang.

Parade seni ini akan menampilkan beberapa pertunjukan seni tradisional, sakral, dan juga kontemporer. Dengan menggunakan pakaian adat dari daerah masing-masing, menyelenggarakan pertunjukan alat musik, dan lain-lain.

Sebuah kegiatan yang kaya akan nilai budaya dan sangat layak untuk diperkenalkan kepada generasi penerus agar selalu terjaga kelestariannya.

arts centre bali

Biasanya, Pesta Kesenian Bali diadakan selama 1 bulan yaitu pada bulan Juni s.d. Juli.

Bertepatan dengan libur anak sekolah sehingga para wisatawan dapat hadir untuk menyaksikan pertunjukan pesta kesenian bersama dengan anak-anak.

Pesta tersebut dapat memberikan hiburan dan edukasi yang baik untuk memperkenalkan seni budaya Bali khususnya, dan juga beberapa seni budaya dari daerah lainnya.

Transportasi menuju ke Arts Centre Bali

Arts Centre Bali berlokasi di kota Depansar, tepatnya di Jl. Nusa Indah, Denpasar, Bali. Pusat wisata seni dengan luas sekitar 5 hektar ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dari bandara Ngurah Rai, menempuh jarak kurang lebih 17 km.

Wisatawan dapat menggunakan taksi untuk menuju ke tempat ini. Selain taksi, di Bali juga terdapat beberapa tempat yang menawarkan jasa rental mobil dan motor.

Mereka juga telah menyediakan sopir yang berpengalaman, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan, dan juga memberikan rekomendasi kepada wisatawan beberapa tempat wisata menarik lainnya di pulau Bali.

Tapi pihak rental mobil akan memberikan kebebasan kepada wisatawan, untuk menggunakan jasa sopir atau tidak, tentunya ada biaya tambahan jika menggunakan sopir.

Penginapan

Ada beberapa pilihan penginapan di kota Denpasar. Telah tersedia hotel-hotel berbintang dengan fasilitas hotel sesuai dengan tarif kamar yang mereka tawarkan.

Beberapa penginapan tersebut adalah Safira Residences, Hotel Puri Royan, Hotel Barito Denpasar, Agus Inn Sunset Road, Hostel World The Eco living, Grand Pondok Puri Ayu, dll.

Terkadang memesan kamar hotel melalui agen wisata akan lebih murah dibandingkan wisatawan melakukan pemesanan langsung ke pihak hotel.

Arts Centre Bali, kompleks bangunan yang didirikan dengan tujuan yang mulia, yaitu agar dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan Bali.

Setiap tahun akan diadakan sebuah kegiatan yang dikenal dengan nama Pesta Kesenian Bali yang menampilkan karya seni tari, seni lukis, dan seni ukir. Beberapa kegiatan dalam Pesta Kesenian Bali menggunakan tempat di Arts Centre.

Tradisi Pesta Kesenian Bali sangat bermanfaat dan berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata di Bali. Karena Bali tidak hanya dikenal memiliki beberapa pantai yang indah, namun Bali juga kaya akan nilai seni dan budaya.

Hal inilah yang membuat Bali tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak hanya wisatawan dalam negeri, ada banyak wisatawan luar negeri yang berlibur ke pulau Bali.

Mereka ingin menikmati pesona alam Bali yang menawan, dan menyaksikan, mengenal, serta mempelajari seni dan budaya Bali yang tetap lestari sampai dengan saat ini.

Please Share :

Related Post


Danau Tamblingan Bali – Keindahan Danau di Dataran Tinggi Yang Sejuk
Danau Tamblingan Bali – Keindahan Danau di Dataran Tinggi Yang Sejuk

Setelah berkunjung ke Danau Beratan yang menyajikan pesona alam yang…

68 Obyek Wisata Bali yang Menawan
68 Obyek Wisata Bali yang Menawan

Bali, sebuah pulau yang berada di sebelah timur Pulau Jawa…

Tips Liburan Ke Pulau Bali – Merencanakan Liburan Yang Menyenangkan
Tips Liburan Ke Pulau Bali – Merencanakan Liburan Yang Menyenangkan

Liburan merupakan sebuah kegiatan untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam…

Wisata Alam Sangeh di Pulau Bali
Wisata Alam Sangeh di Pulau Bali

Pulau Bali tidak hanya terkenal karena memiliki beberapa wisata pantai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *