Home  /  Wisata Lombok  / Berlibur Ke Bangko-bangko – Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Berlibur Ke Bangko-bangko – Wisata Lombok Yang Menyenangkan


Berlibur Ke Bangko-bangko – Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Setelah menikmati suasana alam di Pantai Sekotong, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan untuk menuju ke wisata pantai lainnya yang masih berada di Kecamatan Sekotong.

Obyek wisata tersebut adalah Bangko-bangko. Berlibur ke Bangko-bangko adalah pilihan yang tepat bagi wisatawan yang mendambakan suasana pantai yang sunyi dengan panorama alam nan menawan.

Bangko-BangkoCiri khas dari pantai Bangko-bangko antara lain pasir pantainya yang berwarna putih serta terasa lembut di kaki, airnya jernih berwarna biru muda kehijauan, hamparan batu karang yang setiap saat dihempas oleh gulungan ombak pantai, dan terdapat beberapa bukit di tepi pantai.

Selain itu, ketika wisatawan bersantai di pinggir pantai, terlihat beberapa perahu nelayan berbaris rapi di tepi pantai. Pantai ini juga sering disinggahi oleh para nelayan dari luar daerah.

Pada saat air surut akan terlihat kolam-kolam kecil yang terbentuk di antara celah-celah batu karang. Terkadang di dalam kolam yang berisi air jernih tersebut terdapat ikan-ikan kecil dan biota laut lainnya.

Berjalan di antara kolam-kolam alami ini merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan di tempat wisata ini. Sejuknya air mampu untuk memberikan kesegaran di tengah panasnya cuaca pantai. Berlibur ke Bangko-bangko akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama berada di kawasan wisata ini.

ombak pantai bangko-bangko

Ombak di perairan Bangko-bangko juga cukup besar dan sangat menantang bagi para wisatawan yang memiliki hobi berselancar. Umumnya wisatawan mancanegara sangat menyukai suasana berselancar di Bangko-bangko.

Selain dapat bersantai di tepi pantai yang terkesan private, menari-nari di atas tingginya ombak tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri.

Berlibur ke Bangko-bangko juga disukai oleh para wisatawan yang mempunyai hobi memancing. Dengan menyewa sebuah perahu mereka akan menuju ke beberapa tempat yang berada di perairan Bangko-bangko.

berlibur ke bangko-bangkoBiasanya wisatawan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk merasakan keganasan dari ikan-ikan laut di tempat tersebut.

Rasa lelah pada saat bertarung dengan ikan akan segera terbayarkan ketika ikan tersebut berhasil dinaikkan ke atas kapal.

Umumnya para wisatawan yang akan berangkat memancing akan menyewa kapal dari Pantai Ampenan. Pantai Ampenan berlokasi di Kecamatan Ampenan, Kab. Lombok Barat.

Dahulu Pelabuhan Ampenan adalah andalan dari Pulau Lombok, namun sekarang aktivitas pelabuhan telah dialihkan ke Pelabuhan Lembar. Pada saat ini kota tua Ampenan masih menyimpan sejarah kejayaan di masa lampau.

Kehadiran hutan Mangrove di sekitar obyek wisata ini akan semakin melengkapi aktivitas berlibur ke Bangko-bangko. Hutan dengan luas lebih dari 2 ribu hektar mampu menarik sebagian wisatawan untuk berpetualang menjelajahi setiap sudutnya.

Tidak hanya aneka flora dan fauna yang bisa ditemukan di dalam hutan tersebut. Di pinggir tebing hutan juga terdapat benteng dan meriam kuno milik bangsa Jepang.

Berlibur ke Bangko-bangko rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba aneka makanan yang telah disajikan oleh beberapa warung makan milik warga. Hidangan seafood di warung tersebut memiliki rasa yang lezat.

Kemungkinan hal ini disebabkan karena ikan-ikan tersebut masih segar dan merupakan hasil tangkapan dari nelayan setempat.

Transportasi Menuju Ke Bangko-bangko

Bangko-bangko berlokasi di Desa Batu Putih, Kec. Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Jarak antara tempat wisata ini dengan Pantai Sekotong kurang lebih 10 km.

Apabila wisatawan berangkat dari Kota Mataram, perjalanan menuju ke Bangko-bangko akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan menempuh jarak kurang lebih 70 km.

Wisatawan bisa menyewa mobil atau motor untuk menuju ke tempat wisata ini. Tarif sewa mobil + bahan bakar dan upah sopir adalah sekitar Rp 600 ribu per 10 jam. Sedangkan untuk motor hanya Rp 50.000/hari.

Selain itu, jika wisatawan ingin mencoba naik angkutan umum (bus), perjalanan ditempuh dari Terminal Mandalika Kota Mataram menuju ke Pelabuhan Lembar. Selanjutnya dari Pelabuhan Lembar sebaiknya wisatawan menyewa mobil.

Setelah melewati Labuan Poh, kondisi jalan kurang bagus, menanjak dan berkelok. Akan tetapi rasa lelah selama di perjalanan akan segera terbayarkan setelah wisatawan berada di tepi pantai.

Fasilitas Obyek Wisata Bangko-bangko

Belum begitu banyak fasilitas umum yang dibangun di tempat wisata ini. Hanya terdapat beberapa hotel seperti Aman Gati dan Palm Beach Garden.

Selain itu juga tersedia beberapa warung makan yang menawarkan aneka menu sederhana serta dikelola oleh penduduk setempat.

Saran

  1. Menggunakan kacamata hitam dan topi akan memberikan kenyamanan kepada wisatawan selama berada di pantai.
  2. Panasnya cuaca pantai dapat membuat kulit terasa seperti terbakar. Oleh karena itu, wisatawan jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya.
  3. Sebaiknya membawa pakaian ganti jika wisatawan ingin mencoba berenang di tepi pantai.
  4. Tidak ada salahnya jika wisatawan juga membawa obat-obatan, terutama bagi mereka yang sering mabok pada saat perjalanan darat.
  5. Sediakan waktu untuk berkunjung ke Gili Nanggu yang masih termasuk obyek wisata di kawasan Sekotong. Pesona pasir putih yang bersih dan air lautnya yang jernih merupakan salah satu daya tarik dari pulau kecil ini. Panorama kerajaan lautnya juga sangat layak untuk dijelajahi.

Berlibur ke Bangko-Bangko bersama dengan teman atau keluarga akan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang sedang atau akan berlibur ke Pulau Lombok, jadikan Bangko-bangko sebagai salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi.

Please Share :

Related Post


28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan
28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan

Di sebelah Timur Pulau Bali terdapat sebuah pulau yang dikenal…

11 Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi
11 Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Pulau Lombok memiliki beberapa obyek wisata alam yang menawan dan…

Pesona Tanjung Perak Dan Tanjung Cina Lombok – Bersantai di Tepi Tanjung
Pesona Tanjung Perak Dan Tanjung Cina Lombok – Bersantai di Tepi Tanjung

Obyek wisata Tanjung Perak dan Tanjung Cina Lombok mempunyai nama…

Kehidupan Masyarakat Desa Sade – Desa Tradisional Suku Sasak
Kehidupan Masyarakat Desa Sade – Desa Tradisional Suku Sasak

Berlibur ke Pulau Lombok bersama dengan keluarga atau teman akan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *