Home  /  Wisata Bali  / Keindahan Bukit Jambul – Sebuah Persinggahan Sebelum ke Pura Besakih

Keindahan Bukit Jambul – Sebuah Persinggahan Sebelum ke Pura Besakih


Keindahan Bukit Jambul – Sebuah Persinggahan Sebelum ke Pura Besakih

Berada pada ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, Bukit Jambul menawarkan sebuah keindahan pesona alam dengan suasana yang sejuk. Para wisatawan sering menjadikan obyek wisata ini sebagai tempat persinggahan atau peristirahatan, sebelum menuju ke Pura Besakih yang masih berjarak sekitar 15 km dari tempat ini. Nama dari obyek wisata ini cukup unik.

Pemberian nama tersebut dikarenakan di atas bukit tumbuh sebuah pohon besar. Jika dilihat dari jauh, pohon tersebut menyerupai jambul.

keindahan bukit jambul baliKeindahan Bukit Jambul seperti magnet yang mampu menarik para wisatawan yang melintas untuk singgah.

Dari sebuah areal parkir kendaraan di pinggir jalan raya dengan ukuran yang cukup luas, wisatawan dapat menyaksikan keindahan panorama alam Bukit Jambul yang memadukan antara pesona perbukitan, lembah, persawahan, dan pemandangan laut.

Setiap detik yang dilalui oleh setiap wisatawan yang sedang menikmati keindahan Bukit Jambul, dapat memberikan sebuah energi positif yang mampu mengatasi dan mengurangi rasa lelah akibat dari beban pikiran. Sebuah pesona alam yang benar-benar memanjakan mata, memberikan ketenangan, dan kenyamanan.

Setelah puas berada di tempat ini, wisatawan dapat menuju ke beberapa restoran sebelum melanjutkan perjalanan ke Pura Besakih. Sembari menikmati kelezatan aneka makanan dan minuman yang dihidangkan, wisatawan masih bisa menikmati keindahan Bukit Jambul dari sisi yang lain.

Walaupun keindahannya masih kalah dibandingkan dengan lokasi pertama di areal parkir pinggir jalan raya, namun panorama di tempat ini mampu memberikan rasa nyaman bagi para wisatawan. Suasana makan pada saat itu menjadi lebih hidup, dan dapat meningkatkan kelezatan dan kesegaran dari makanan serta minuman yang telah disajikan.

keindahan bukit jambul

Transportasi Menuju ke Bukit Jambul

Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Bukit Jambul, lokasi wisata ini berada di desa Pesaban, kec. Rendang, kabupaten Karangasem, Bali. Jika dari kota Denpasar, jarak untuk menuju ke lokasi wisata ini sekitar 51 km.

Wisatawan bisa memanfaatkan moda transportasi darat seperti mobil atau motor. Harga sewa mobil di Bali sekitar Rp 200 ribu per hari, sedangkan harga sewa motor antara Rp 50.000-75.000/hari.

Jika wisatawan mengikuti sebuah paket wisata, biasanya sebelum ke Pura Besakih agen perjalanan akan membawa wisatawan ke tempat wisata ini. Pura Besakih merupakan Pura terbesar di Pulau Bali. Pura ini terdiri dari 1 pusat Pura yang bernama Pura Penataran Agung Besakih, dan 18 Pura lainnya yaitu Pura Basukian serta 17 Pura pendamping.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, sebaiknya dilakukan pada pagi hari, karena pada saat itu tetesan air embun masih melekat pada dedaunan tanaman di Bukit Jambul. Embun yang menempel pada daun tersebut dapat memancarkan sebuah panorama yang menyegarkan.
  2. Kondisi alamnya yang sejuk dapat membuat wisatawan merasa sedikit kedinginan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa jaket atau baju hangat.
  3. Selain mengunjungi Pura Besakih, jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke obyek wisata Taman Ujung. Taman Ujung merupakan sebuah istana air yang cantik di Pulau Bali.

Lokasinya yang sangat strategis karena hanya berjarak sekitar 5 km dari kota Amlapura (ibukota kabupaten Karangasem), membuat tempat wisata ini sering dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Keindahan Bukit Jambul telah terkenal sejak zaman penjajahan Belanda. Panorama alam yang disuguhkan mampu membuat para wisatawan menghentikan perjalanan hanya untuk menikmati sebuah keindahan alam yang unik.

Please Share :

Related Post


Liburan ke Desa Batubulan – Wisata Seni Khas Bali
Liburan ke Desa Batubulan – Wisata Seni Khas Bali

Desa Batubulan, sebuah desa agraris yang memiliki banyak seniman di…

68 Obyek Wisata Bali yang Menawan
68 Obyek Wisata Bali yang Menawan

Bali, sebuah pulau yang berada di sebelah timur Pulau Jawa…

Pantai Legian – Pantai Menawan di Pulau Bali
Pantai Legian – Pantai Menawan di Pulau Bali

Lokasi Pantai Legian berdekatan dengan Pantai Kuta, tepatnya di sebelah…

Monumen Bajra Sandhi – Monumen Perjuangan Masyarakat Bali
Monumen Bajra Sandhi – Monumen Perjuangan Masyarakat Bali

Monumen Bajra Sandhi adalah sebuah Monumen Perjuangan Masyarakat Bali, sebagai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *