Home  /  Wisata Jawa  / Menelusuri Kecantikan Candi Prambanan di Yogyakarta

Menelusuri Kecantikan Candi Prambanan di Yogyakarta


Menelusuri Kecantikan Candi Prambanan di Yogyakarta

Candi Prambanan adalah salah satu candi peninggalan dari abad ke-10 yang ada di Pulau Jawa. Candi cantik ini terletak sekitar 16km dari pusat Kota Yogyakarta dan merupakan salah satu tujuan wisata yang juga banyak dikunjungi di Jogya.

Candi Prambanan juga dikatakan sebagai salah satu candi yang dilindungi dan ditetapkan sebagai salah satu warisan dari dunia oleh UNESCO. Dalam sebuah sejarah terbentuknya Candi Prambanan sendiri memiliki cerita unik didalamnya, alkisah Candi ini dibuat oleh Bandung Bondowoso yang merupakan seorang laki-laki yang mencintai Roro Jonggrang.

candi-prambananKarena tidak mencintai Bandung, Roro Jonggrang membuat alasan untuk membuat permintaan mustahil dengan meminta Bandung membuatkan 1000 archa dalam kurun waktu satu malam.

Bondowoso hampir memenuhi permintaan itu, karena khawatir akhirnya Roro Jonggrang meminta bantuan rakyat untuk memukul lesung agar suasana dipenghujung malam tersebut segera berubah menjadi pagi hari.

Sehingga Bondowoso hanya mampu menyelesaikan hingga 999 archa.

Lalu karena mengetahui pengkhianatan Roro Jonggrang terhadapnya, Bondowoso akhirnya mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu yang menggenapkan hasil kerjanya menjadi 1000 arca.

Candi cantik dengan bentuk bagian atas yang runcing ini sebenarnya terdiri dari tiga candi utama yang disebut sebagai Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi utama tersebut adalah Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa dimana ketiga candi ini menghadap ke arah timur.

Maka jika wisatawan mengunjungi Prambanan Anda akan memasuki kompleks candi dengan banyak bentuk candi dengan total lebih dari 200 candi yang tersebar di dalam satu komplek. Hal yang berbeda ini akan menjadi pemandangan yang berbeda saat Anda mengunjungi candi Borobudur yang hanya memiliki satu candi dalam ukuran yang besar.

JIka wisatawan ingin mengunjungi Candi Prambanan dan memasuki komplek candi harus mengeluarkan biaya tiket masuk yang dibedakan. Untuk wisatawan lokal harga tiket masuknya berkisar Rp.30.000 sedangkan untuk wisatawan asing harga tiket masuk ke komplek Candi berkisar Rp 120.000.

Tiket tergolong cukup murah karena wisatawan juga mendapatkan fasilitas yang sebanding.

kecantikan-candi-prambananSebenarnya banyak fasilitas dan layanan yang diberikan dari pihak pengelola. Salah satunya informasi mengenai Candi Prambanan.

Dalam kompleks wisata Candi Prambanan, wisatawan lokal maupun wisatawan asing bisa mencari informasi lengkap mengenai candi cantik ini di dalam museum yang sudah tersedia dalam kompleks.

Di dalam museum telah tersediakan informasi mengenai sejarah hingga proses pembentukan Candi dalam bentuk audio dan visual secara lengkap dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Sehingga tidak terjadi kesalahan terhadap wisatawan lokal dan asing dalam mendapatkan informasi penting mengenai Candi Prambanan.

Selain itu, guna untuk menarik minta wisatawan, pihak pengelola juga mengadakan beberapa event di setiap bulan purnama dengan melaksanakan pementasan Sendratari Ramayana. Dimana dalam pementasan ini menceritakan mengenai kisah Ramayana yang tertulis dalam pahatan relief dinding Candi Prambanan.

Fasilitas Pendukung Lainnya

Bagi wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke Prambanan dan ingin menikmati wisata seharian di tempat wisata ini, telah tersedia banyak fasilitas yang cukup lengkap yang terletak di kawasan kompleks Candi Prambanan.

Ada beberapa hotel atau penginapan, restoran dan rumah makan. Tersedia juga beberapa toko kaki lima yang menjual aneka cinderamata dan kios penjual pulsa, toko makanan ringan dan lain sebagainya.

Wisatawan juga bisa dimanjakan dengan lingkungan kompleks yang kental akan budaya Jawa dan Hindu yang bersatu dengan damai dan tentram serta menenangkan.

Baca : 2 Wisata Air Terjun di Yogyakarta

Transportasi Menuju ke Candi Prambanan

Sedangkan untuk akses menuju Candi Prambanan juga cukup mudah, jika wisatawan berasal dari Jogyakarta hanya perlu naik TransYogya dan membayar sekitar Rp 4000 untuk sampai ke komplek Candi.

Sedangkan bagi wisatawan yang berasal dari Klaten bisa dengan naik bus ke Arah Prambanan.

Please Share :

Related Post


10 Obyek Wisata Di Pacitan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pacitan
10 Obyek Wisata Di Pacitan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pacitan

Berjarak kurang lebih 100 km dari Kota Solo, Kabupaten Pacitan…

Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari
Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari merupakan salah satu lokasi yang tidak…

12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang
12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang

Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini adalah kota terbesar ke-5…

9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi
9 Obyek Wisata Di Banyuwangi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Banyuwangi

Banyuwangi – sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beberapa…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *