Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Danau Aneuk Laot – Sumber Air Tawar Pulau Weh

Danau Aneuk Laot – Sumber Air Tawar Pulau Weh


Danau Aneuk Laot – Sumber Air Tawar Pulau Weh

Danau Aneuk Laot yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah Danau Anak Laut, merupakan sebuah danau yang berlokasi di pulau Weh. Danau yang memiliki luas sekitar 37,5 hektar ini, memegang peran yang sangat penting bagi kota Sabang.

Hal ini disebabkan karena air tawar di danau ini digunakan oleh penduduk setempat untuk kegiatan sehari-hari. Bahkan PDAM kota Sabang juga memanfaatkan air Danau Aneuk Laot untuk menyuplai air bersih kepada penduduk kota Sabang.

Selain manfaat tersebut, Danau Aneuk Laot merupakan salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan yang sedang berlibur di pulau Weh. Hal ini dikarenakan danau tersebut menawarkan sebuah panorama alam yang indah. Nuansa bukit hijau yang mengelilingi danau dapat memberikan kesan teduh dan asri, sehingga sangat tepat sebagai tempat rekreasi bagi para wisatawan.

wisata ke danau aneuk laot

Udara di sekitar Danau Aneuk Laot sangatlah bersih dan menyegarkan, air danau inipun terasa segar. Dari atas bukit wisatawan akan melihat bentuk danau yang sangat cantik dan terlihat berdampingan dengan laut. Terkadang wisatawan juga bisa melihat asap vulkanik, asap tersebut berasal dari gunung api yang tidak jauh dari lokasi danau.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Aneuk Laot adalah pada saat siang hari menjelang sore. Ketika sore hari wisatawan akan menyaksikan keindahan panorama sunset di danau ini dengan latar belakang pesona alam laut Sabang. Sebuah bentuk keindahan alam yang sangat layak untuk diabadikan dengan kamera maupun handycam.

Setelah sinar matahari berganti dengan cahaya bulan, kesunyian suasana di sekitar danau dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Hiasan cantik dari kilauan lampu di kota Sabang dapat membuat nuansa alam di tepi danau menjadi lebih romantis.

Danau Aneuk Laot merupakan salah satu obyek wisata di pulau Weh dan layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berlibur di pulau ini. Selain wisatawan menikmati panorama alam pantai yang indah dan masih alami, tentunya dengan berkunjung ke danau ini akan memberikan sebuah variasi liburan yang menyenangkan.

danau aneuk laot

Transportasi Menuju Ke Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot berlokasi di Kecamatan Aneuk Laot, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Tidak sulit untuk mencapai lokasi danau, karena danau yang indah ini hanya berjarak sekitar 5 km dari kota Sabang. Dalam waktu kurang lebih 20 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor, wisatawan telah sampai di tempat wisata ini.

Wisatawan bisa menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum seperti ojek dan angkot. Agar mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan lainnya. Selama di perjalanan, panorama hijau begitu mendominasi pandangan mata, sehingga perjalanan singkat ini tidak akan membosankan.

Bagaimana Dengan Penginapan Di Danau Aneuk Laot ?

Untuk penginapan, lebih baik wisatawan mencari penginapan di kota Sabang. Ada banyak pilihan penginapan di sana dengan variasi standar kelas. Harganya pun relatif murah, mulai dari 80 ribu rupiah/malam. (harga sewaktu-waktu dapat berubah)

Kuliner

Sebelum berangkat menuju ke Danau Aneuk Laot. Wisatawan bisa membeli makanan dan minuman di kota Sabang. Namun, bagi wisatawan yang tidak membawa bekal, di sekitar danau telah tersedia beberapa warung yang menjual makanan atau minuman.

Saran

  1. Memakai pakaian yang santai dan sederhana tentunya akan lebih baik karena penduduk setempat mayoritas memeluk agama Islam.
  2. Memakai topi dan kacamata hitam, tentunya akan memberikan kenyamanan kepada para wisatawan selama berwisata di Danau Aneuk Laot.
  3. Keindahan alam di danau ini sangat layak untuk diabadikan. Oleh karena itu, wisatawan jangan lupa untuk membawa kamera.
  4. Apabila wisatawan menyewa kendaraan bermotor, pastikan jumlah bahan bakar kendaraan tersebut cukup untuk mengantarkan wisatawan menuju ke lokasi danau. Hal ini disebabkan karena jumlah SPBU di kota Sabang yang tidak begitu banyak. Jika dalam keadaan darurat, biasanya tersedia pedagang yang menjual bahan bakar di pinggir jalan.

Saat ini keadaan Danau Aneuk Laot cukup memprihatinkan. Beberapa sumber menjelaskan bahwa air pada Danau Aneuk Laot semakin berkurang setiap tahunnya. Berdasarkan riset BPTT, setelah terjadi Gempa Bumi dan Tsunami yang melanda Aceh dan kota Sabang, terdapat retakan di dasar Danau Aneuk Laot. Bisa jadi lama kelamaan air di danau ini akan mengering.

Selain itu munculnya gulma (eceng gondok) di tengah danau, juga menjadi penyebab berkurangnya air pada danau. Eceng Gondok merupakan tanaman yang hidup di atas air. Sejenis gulma tanaman yang dapat menyerap air sehingga bisa mengurangi jumlah air di Danau Aneuk Laot.

Menurut sumber (green.kompasiana.com), permukaan air Danau Aneuk Laot telah menyusut dari 29 meter menjadi 15 meter. Hal ini mengakibatkan munculnya sebuah daratan baru di tepi danau, dimana jarak untuk menuju ke tepi danau bertambah hingga 50 meter.

Sungguh sangat disayangkan, jangan sampai danau yang menyajikan pemandangan yang indah ini menghilang menjadi daratan. Penduduk kota Sabang juga akan kesulitan untuk mencari air tawar yang bersih. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama antara pemerintah dan penduduk kota Sabang untuk menjaga kelestarian dan keindahan Danau Aneuk Laot. Wisatawan yang berkunjung ke danau ini, juga harus menjaga kebersihan lingkungan di sekitar danau.
Sebenarnya telah ada upaya untuk membersihkan Danau Aneuk Laot dari Eceng Gondok. Ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat baik agar Danau Aneuk Laot tetap terjaga kelestariannya. Sehingga, penduduk kota Sabang bisa mendapatkan suplai air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dan keindahan panorama alam di danau ini dapat terus dinikmati oleh para wisatawan.

Selain bertamasya ke Danau Aneuk Laot, pulau Weh juga memiliki obyek wisata air terjun yang menawan. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Pria Laot. Wisatawan jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke obyek wisata ini, karena Air Terjun Pria Laot adalah pesona yang tersembunyi di pulau Weh.

Please Share :

Related Post


Indahnya Pantai Anoi Itam
Indahnya Pantai Anoi Itam

Sebuah pantai yang unik dan memiliki pasir yang berwarna hitam…

Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang
Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang

Pada masa lalu, songket adalah kain mewah yang hanya bisa…

Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan
Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Berlibur ke provinsi Aceh tidak hanya berkunjung ke 8 pantai…

Danau Tanah Mas Palembang – Wisata Keluarga Yang Menyenangkan
Danau Tanah Mas Palembang – Wisata Keluarga Yang Menyenangkan

Danau Tanah Mas Palembang merupakan salah satu obyek wisata keluarga…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *