Home  /  Wisata Bali  / Danau Bedugul atau Danau Beratan – Pura Ulun Danu Beratan

Danau Bedugul atau Danau Beratan – Pura Ulun Danu Beratan


Danau Bedugul atau Danau Beratan – Pura Ulun Danu Beratan

Danau Bedugul atau juga dikenal dengan nama Danau Beratan adalah sebuah danau yang indah dan berlokasi di dataran tinggi yang berhawa sejuk dan terkadang diselimuti oleh kabut.

Ketinggian lokasi wisata ini sekitar 1239 meter di atas permukaan air laut. Sebuah lokasi wisata yang kadangkala dapat membuat setiap wisatawan yang berkunjung merasa kedinginan, sangat kontras jika dibandingkan dengan suasana tepi pantai yang panas.

Namun, perbedaan ini justru sangat disukai oleh para wisatawan, sehingga mereka tidak pernah merasa bosan selama berlibur di Pulau Bali.

danau bedugulSebenarnya nama danau ini adalah Danau Beratan.

Akan tetapi, dikarenakan letaknya yang berada di dalam wilayah dataran tinggi Bedugul, membuat danau yang menyajikan panorama alam yang mempesona ini, lebih sering disebut dengan nama Danau Bedugul.

Apapun namanya, tetap tidak akan pernah bisa mengurangi keindahannya. Disamping itu, Danau Bedugul juga difungsikan sebagai sumber irigasi bagi penduduk setempat.

Salah satu hal yang unik dan menjadi daya tarik bagi setiap wisatawan untuk berkunjung ke Danau Bedugul adalah terdapatnya pura di tepi danau. Pura tersebut diberi nama Pura Ulun Danu atau sering juga disebut dengan nama Pura Ulun Danu Beratan.

Pura ini merupakan bangunan suci bagi umat Hindu, didirikan untuk memuja Dewi Danu. Dewi Danu adalah dewi air, sungai atau danau.

Bangunan pura memiliki atap bertingkat yang menyimbolkan kepercayaan umat Hindu kepada 3 dewa yaitu Dewa Siwa (atap “Meru” bertingkat 3), Dewa Brahma (atap “Meru” bertingkat 7), dan Dewa Wisnu (atap “Meru” bertingkat 11).

Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini akan merasa tenang dan damai. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000/orang, wisatawan dapat menikmati pesona alam Danau Bedugul yang menawan. Berjalan kaki di pinggir danau sembari menghirup udara sejuk yang menyegarkan akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Danau yang memiliki kedalaman sekitar 23 meter ini, juga menyediakan fasilitas untuk menyewa perahu. Wisatawan dapat menyewa perahu tersebut bersama dengan teman-teman atau keluarga. Menikmati keindahan alam di sekitar danau dengan menaiki sebuah perahu akan membuat suasana berlibur di tempat ini menjadi lebih menyenangkan.

danau bedugul atau danau beratanBagi wisatawan yang ingin mencari cinderamata, di sekitar lokasi telah tersedia beberapa kios atau toko yang menjual aneka produk kerajinan khas Bali.

Wisatawan dapat membeli beberapa produk tersebut sebagai oleh-oleh atau sebuah kenang-kenangan setelah berkunjung ke obyek wisata Danau Bedugul atau Danau Bratan.

Ketika lapar mulai menyerang, beberapa warung makan di dekat lokasi wisata telah menyediakan aneka makanan dan minuman yang lezat. Wisatawan dapat singgah ke warung tersebut, dan merasakan kelezatan serta kesegaran dari makanan dan minuman yang telah dihidangkan sembari menikmati suasana alam yang sejuk, tenang, dan damai.

Transportasi Menuju Ke Danau Bedugul

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke obyek wisata Danau Bedugul, danau ini berlokasi di Desa Candi Kuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Jika wisatawan berangkat dari kota Denpasar, akan menempuh jarak sekitar 55 km dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Tidak sulit untuk mencari tempat wisata ini, karena berada di tepi jalan raya yang menjadi penghubung antara kabupaten Tabanan dan kabupaten Buleleng.

Wisatawan dapat menyewa mobil atau motor sebagai alat transportasi untuk menuju ke Danau Bedugul. Harga sewa mobil di Bali mulai dari Rp 200.000/hari. Tentu saja harga sewa tersebut tidak terlepas dari jenis dan tahun pembuatan mobil.

Pihak rental mobil juga telah menyediakan seorang sopir yang berpengalaman, ramah dan sopan. Jika wisatawan ingin memakai jasa sopir, pastinya akan dikenakan biaya tambahan.

Namun wisatawan bisa bersantai di dalam mobil sembari menikmati keindahan panorama alam Bali yang menawan. Bagi wisatawan yang ingin menyewa motor, harga sewa motor di Bali antara Rp 50.000-75.000/hari.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengikuti sebuah paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen wisata atau agen perjalanan di Pulau Bali.

Mereka menawarkan aneka pilihan paket wisata untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik di Bali. Wisatawan harus selektif dalam memilih agar mendapatkan paket wisata dengan harga yang wajar, dan pastikan dalam paket tersebut terdapat kunjungan ke Danau Bedugul.

Fasilitas di Danau Bedugul

Pihak pengelola obyek wisata Danau Bedugul telah mempersiapkan beberapa fasilitas umum untuk menyambut kedatangan para wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Tersedia areal untuk parkir kendaraan dengan tarif sebesar Rp 5.000/mobil.
  2. Tersedia beberapa toko yang menjual aneka cinderamata khas Bali.
  3. Tempat ini juga telah menyediakan beberapa warung makan atau restoran yang menyajikan aneka hidangan yang lezat.
  4. Bagi wisatawan yang ingin menginap, di dekat tempat wisata ini telah berdiri beberapa penginapan yang berkelas.
  5. Fasilitas umum lainnya seperti toilet, dan lain-lain.

Penginapan

Bagi wisatawan yang berencana untuk mencari penginapan di dekat obyek wisata Danau Bedugul, telah tersedia beberapa penginapan dengan standar harga yang berbeda.

Penginapan tersebut antara lain :

  1. Hotel Pacung Indah Bedugul

Jl. Pacung, Desa Baturiti, Tabanan, Bali.

  1. Villa Lumbung Jatiluwih

Desa Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Bali.

  1. Puri Taman Sari Tabanan

Dusun Umabian, Desa Peken, Marga, Tabanan, Bali.

  1. The Sanyas Retreat

Banjar Dukuh, Desa Baturiti, Tabanan, Bali.

  1. Waka Gangga

Jl. Pantai Yeh Gangga, Tabanan, Bali.

Saran

  1. Jangan lupa untuk membawa jaket, karena suasana di lokasi wisata dapat membuat wisatawan merasa kedinginan.
  2. Obyek wisata ini berdekatan dengan obyek wisata Kebun Raya Bedugul atau Kebun Raya Eka Karya. Sebuah kebun raya yang pertama kali dibangun oleh bangsa Indonesia. Kebun Raya Bedugul merupakan kebun botani dengan luas sekitar 157,5 hektar. Wisatawan jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke tempat wisata ini.
Please Share :

Related Post


Circus Waterpark – Wahana Rekreasi Air di Bali
Circus Waterpark – Wahana Rekreasi Air di Bali

Setelah puas liburan di pantai, mengunjungi museum, dan berbelanja, sekarang…

Desa Kamasan – Desa Yang Memiliki Aneka Hasil Karya Seni di Bali
Desa Kamasan – Desa Yang Memiliki Aneka Hasil Karya Seni di Bali

Desa Kamasan merupakan sebuah desa yang hanya berjarak sekitar 4…

Taman Ujung – Sebuah Istana Air Yang Cantik di Pulau Bali
Taman Ujung – Sebuah Istana Air Yang Cantik di Pulau Bali

Taman Ujung merupakan sebuah istana air yang cantik di Pulau…

Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali
Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali

Desa Penglipuran berlokasi di kabupaten Bangli. Kondisi alamnya yang berada…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *