Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Danau Laut Tawar – Pesona Laut di Dataran Tinggi Gayo

Danau Laut Tawar – Pesona Laut di Dataran Tinggi Gayo


Danau Laut Tawar – Pesona Laut di Dataran Tinggi Gayo

Danau Laut Tawar merupakan obyek wisata danau yang mempesona. Selain sebagai tempat wisata yang menyenangkan, Danau Laut Tawar juga berfungsi sebagai sumber air bersih bagi penduduk setempat.

Pesona alamnya yang indah, airnya yang bersih dan menyegarkan, udara di sekitar danau yang sejuk, dan terdapatnya dua buah bukit hijau yang mengapit danau, membuat suasana liburan di danau ini akan terasa nyaman dan bahagia. Oleh karena itu, obyek wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

25 sungai bermuara ke Danau Laut Tawar dengan debit air sekitar 10.043 liter perdetik. Danau ini memiliki kedalaman yang bervariasi, meliputi :

  1. Kedalaman pada 35 meter dari pinggir danau, mencapai 8,9 meter
  2. Kedalaman pada 100 meter dari pinggir danau, 19,27 meter
  3. Kedalaman pada 620 meter dari pinggir danau, 51,13 meter.

danau laot tawar

Temperatur air danau juga bervariasi, tergantung dari kedalaman pengukuran. Pada kedalaman 1 meter, temperatur air danau mencapai 21,55 oC, di kedalaman 5 meter temperatur air danau mencapai 21,37 oC, di kedalaman 10 meter temperatur air danau semakin menurun menjadi  21,15 oC, pada kedalaman 20 meter temperatur air danau menjadi 20,70 oC, dan temperatur air danau kembali turun sampai di bawah 20 oC tepatnya 19,35 oC jika diukur pada kedalaman 50 meter.

Kecerahan air tertinggi pada danau mencapai 2,92 meter (di tengah danau) dan yang terendah 1,29 meter. Semakin jernih air maka tingkat kecerahan juga akan semakin tinggi.

Tidak hanya berfoto dan menikmati keindahan panorama alam Danau Laut Tawar saja, di tempat ini wisatawan juga bisa menyaksikan aktivitas masyarakat di sekitar danau seperti bercocok tanam dan memancing.

Apabila wisatawan memiliki hobi memancing, inilah saatnya untuk merasakan serunya memancing ikan di Danau Laut Tawar. Dengan menyewa perahu motor, wisatawan bisa bertamasya mengelilingi danau sembari merasakan sejuknya udara di tempat wisata ini.

danau laut tawar

Danau Laut Tawar juga berfungsi sebagai sumber kehidupan bagi flora dan fauna. Dimana di danau ini terdapat 46 jenis plankton yang terbagi atas 11 kelas meliputi kelas Chlorophyceae sebesar 35%, Bacillariophyceae 24%, Myxophyceae 9%, dan kelas lainnya sebesar 32%. Di pinggir danau wisatawan dapat berjumpa dengan eceng gondok.

Selain flora juga terdapat fauna yang hidup di Danau Laut Tawar, meliputi 37 jenis ikan, 3 jenis moluska, 1 jenis annelida dan 49 jenis serangga. Di sekitar danau, dapat ditemukan 13 famili spesies mamalia antara lain trenggiling, binturung (sejenis musang yang bertubuh besar), kancil, landak, siamang, kucing hutan, harimau, kijang dan rusa.

Danau yang memiliki volume air sekitar 2,5 trilliun liter ini, merupakan populasi bagi ikan depik. Ikan depik adalah ikan yang berbentuk kecil memanjang seperti ikan teri. Mungkin ikan ini mirip dengan ikan wader di jawa atau ikan seluang di sumatera bagian selatan. Waktu panen ikan depik adalah pada bulan Agustus sampai dengan akhir tahun.

Sebelum tiba musimnya, ikan depik akan bersembunyi di kaki Gunung Kelieten yang berlokasi di bagian selatan danau. Ikan ini merupakan sebuah anugerah dari Tuhan bagi masyarakat sekitar danau, karena ikan tersebut tidak pernah habis padahal terus-menerus dikonsumsi.

ikan depik

Pemberian nama Laut Tawar pada danau ini disebabkan karena luasnya danau seperti lautan dan rasa airnya yang tawar. Lokasi danau berada di Dataran Tinggi Gayo (1250 meter di atas permukaan air laut), Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Luas Danau Laut Tawar adalah sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km.

Komoditi unggul dari daerah ini adalah kopi. Kopi Gayo sangatlah nikmat dan merupakan salah satu jenis kopi yang digemari oleh pecinta kopi di dunia. Selain kopi juga terdapat komoditi lain seperti markisa, tomat, cabai, jagung, kentang, jeruk, alpukat dan sayur mayur.

Transportasi Menuju Ke Danau Laut Tawar

Meskipun Danau Laut Tawar terdapat di provinsi Aceh, akan tetapi lokasi danau ini lebih dekat jika dari kota Medan. Bagi wisatawan yang berangkat dari kota Banda Aceh, wisatawan dapat menggunakan transportasi darat untuk menuju ke kota Takengon (ibukota Kabupaten Aceh Tengah).

Perjalanan tersebut dapat ditempuh dalam waktu antara 8 hingga 9 jam. Karakteristik perjalanan penuh dengan tanjakan dan tikungan.

Apabila wisatawan berangkat dari kota Bireun, di kota ini terdapat sebuah terminal kecil yang menyediakan angkutan umum untuk menuju ke kota Takengon. Lama perjalanan dari kota Bireun ke kota Takengon adalah sekitar 5 jam. Selain itu, sebagai alternatif lainnya wisatawan juga bisa menuju ke lokasi danau melalui Blang Kejeran dan Kutacane.

Bagi wisatawan yang ingin menuju ke Danau Laut Tawar dari kota Medan, wisatawan dapat menggunakan bus umum yang berlokasi di jalan Gajah Mada Medan. Dari tempat tersebut telah tersedia beberapa bus umum yang menuju ke kota Takengon dan kota Banda Aceh.

Jika wisatawan tidak suka naik bus, wisatawan bisa naik travel atau menyewa mobil untuk menuju ke Danau Laut Tawar.

Penginapan Di Sekitar Danau Laut Tawar

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di Danau Laut Tawar, telah disediakan beberapa penginapan di sekitar danau. Biaya untuk beristirahat di penginapan tersebut relatif murah. Biasanya penginapan di sekitar danau menyediakan fasilitas untuk menyewa sepeda yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk mengelilingi danau.

Kuliner Khas Danau Laut Tawar

Setelah lelah beraktivitas di danau, selain minum kopi Gayo yang memiliki cita rasa yang nikmat, wisatawan bisa menyantap gurihnya ikan depik bersamaan dengan sepiring nasi panas dan dilengkapi dengan pedasnya sambal Aceh.

Tentunya menu makanan ini akan memberikan kelezatan yang sungguh luar biasa sembari wisatawan menikmati keindahan alam danau.

Bagi wisatawan yang ingin membeli ikan depik sebagai oleh-oleh, ikan ini dijual dalam satuan katok dan bambu. Satu katok kecil berukuran sekitar 250 gram, dan 1 bambu memiliki berat sekitar 1 kg. Ikan dijual dalam 2 pilihan yaitu ikan depik basah (masih segar) dan ikan depik kering (ikan depik yang telah dijemur tapi berbeda dengan ikan asin).

Saran

  1. Memakai pakaian yang santai dan sederhana tentunya akan lebih baik karena penduduk setempat mayoritas memeluk agama Islam.
  2. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena keindahan danau ini sangat layak untuk diabadikan sebagai kenangan perjalanan wisata.
  3. Akan lebih baik jika wisatawan menyiapkan kotak P3K di dalam tas.
  4. Sebaiknya perjalanan menuju ke kota Takengon dilakukan pada malam hari, sehingga wisatawan sampai di lokasi danau pada pagi hari. Tetapi jika wisatawan mempunyai banyak waktu untuk berwisata dan ingin menikmati pemandangan selama perjalanan, maka perjalanan tersebut dapat dilakukan pada siang hari.
  5. Provinsi Aceh memiliki beberapa tempat wisata yang menawan. Salah satu lokasi wisata tersebut adalah Pantai Lampuuk. Pantai indah dan berpasir putih ini sangat layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Bagi wisatawan yang sedang berwisata ke Aceh, sediakan waktu untuk berkunjung ke pantai yang indah ini.
Please Share :

Related Post


Gunung Seulawah Agam – Wisata Ke Aceh Besar
Gunung Seulawah Agam – Wisata Ke Aceh Besar

Gunung Seulawah Agam berlokasi di Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar,…

Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane
Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane

Pergi berwisata ke Aceh tidak hanya mengunjungi wisata pantainya yang…

Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari
Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari

Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya merupakan taman hiburan baru yang…

Kuliner Khas Aceh – Lezat Penuh Cita Rasa
Kuliner Khas Aceh – Lezat Penuh Cita Rasa

Provinsi Aceh memiliki beberapa kuliner yang sangat lezat dan patut…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *