Home  /  Wisata Sumatera  /  Palembang  / Santai Bersama Keluarga di Danau OPI Palembang

Santai Bersama Keluarga di Danau OPI Palembang


Santai Bersama Keluarga di Danau OPI Palembang

Santai bersama keluarga di Danau OPI Palembang sembari berwisata air memang sungguh sangat menyenangkan. Danau buatan yang berada di perumahan Ogan Permata Indah ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kota Palembang.

Umumnya, mereka yang datang ke tempat wisata ini adalah orangtua bersama dengan anak-anaknya serta beberapa pasangan muda mudi.

Danau OPI terlihat begitu tenang dan airnya cukup jernih. Panasnya Kota Palembang tidak begitu terasa pada saat wisatawan berada di areal danau. Hembusan ramah angin danau mampu untuk memberikan kesejukan serta kenyamanan kepada para pengunjung.

danau opi palembangDua buah permainan yang menyenangkan di Danau OPI Palembang adalah banana boat dan sepeda air atau perahu bebek.

Ketika Anda mencoba untuk bermain banana  boat, wisatawan harus siap untuk berbasah-basahan karena pada tikungan terakhir sang pengemudi permainan ini akan melakukan manuver yang tajam agar banana boat terbalik.

Wisatawan tidak perlu takut karena setiap orang yang mencoba permainan ini telah dilengkapi dengan jaket keselamatan/pelampung (life vest).

Apabila wisatawan tidak suka berbasah-basahan dan takut dengan kecepatan tinggi, cobalah untuk menyewa perahu bebek. Satu perahu terdapat dua pedal untuk dikayuh. Ketika banana boat melintas di dekat perahu bebek, tercipta gelombang pada air danau sehingga perahu akan sedikit terombang-ambing.

Namun jangan khawatir perahu bebek tersebut akan terbalik, karena riak yang dihasilkan tidak lebih dari 10 cm.

Memang sungguh asyik bermain perahu bebek bersama keluarga ataupun teman. Selain wisatawan bisa bersantai di tengah danau, gerakan kaki yang seperti mengayuh sepeda tentunya baik bagi kesehatan.

danau opi

Luasnya Danau OPI akan membuat Anda cukup berkeringat jika ingin mengelilinginya dengan menggunakan perahu bebek. Bahkan ada beberapa wisatawan yang datang bersama dengan rombongan mencoba untuk beradu kecepatan layaknya lomba dayung.

Untuk mencoba permainan banana boat dan perahu bebek, wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 s.d. 25.000. Harga tersebut cukup murah sesuai dengan sarana hiburan yang digunakan.

liburan ke danau opi palembang

Waktu yang tepat untuk datang ke obyek wisata ini adalah pada saat sore hari.

Setelah puas berwisata air, sembari duduk santai di warung sederhana yang banyak berdiri di tepi danau, wisatawan bisa menikmati indahnya pesona matahari tenggelam di tempat wisata ini.

Menu andalan yang nikmat untuk disantap adalah jagung bakar dan es kelapa muda.

Selain itu, juga tersedia makanan favorit warga Palembang yaitu aneka pempek.

Transportasi Menuju Ke Danau OPI Palembang

Danau OPI Palembang berlokasi di kawasan Jakabaring tepatnya di Jln. Gubernur Hasan Basri, perumahan Ogan Permata Indah.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, wisatawan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Namun jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum disarankan menggunakan taksi, bajaj, atau ojek. Nomor telepon taksi Blue Bird di Palembang yaitu 0711 – 36 1111 atau 0711 – 36 6450.

Fasilitas Danau OPI Palembang

  1. Tersedia areal untuk parkir kendaraan.
  2. Terdapat beberapa warung sederhana dengan menu andalan jagung bakar dan es kelapa muda.
  3. Mini market yang menyediakan aneka kebutuhan sehari-hari.
  4. Jasa sewa perahu bebek dan banana boat.
  5. Bagi Anda yang ingin berbelanja, tidak jauh dari Danau OPI telah berdiri pusat perbelanjaan modern.

Saran

  1. Waktu terbaik untuk bersantai bersama keluarga di Danau OPI Palembang adalah pada saat sore hari. Selain panas matahari tidak begitu terik, wisatawan juga berkesempatan untuk menyaksikan indahnya sunset di Danau OPI.
  2. Jangan lupa untuk membawa uang tunai secukupnya agar bisa menikmati segala fasilitas yang tersedia di Danau OPI.
  3. Memakai topi dan kacamata hitam pastinya akan membuat Anda merasa lebih nyaman.
  4. Bagi wisatawan yang ingin mencoba permainan banana boat, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti.
  5. Jangan ragu untuk menawar harga pada saat mencoba permainan di kawasan wisata Danau OPI Palembang. Terkadang ada beberapa wisatawan bisa mendapatkan harga spesial dari para penyedia jasa.
  6. Membawa makanan dan minuman ringan pastinya akan menambah kenikmatan pada saat berada di atas perahu bebek. Namun, jangan lupa untuk menyediakan kantong kosong sebagai tempat sampah. Wisatawan harus ikut menjaga kebersihan di tempat wisata ini.
  7. Masih berada di kawasan Jakabaring, terdapat sebuah masjid yang dibangun dengan gaya arsitektur Cina, Palembang, dan Arab. Masjid berwarna merah ini bernama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya.

Bagi Anda yang menyukai obyek wisata religi, cobalah untuk berkunjung ke masjid yang dibangun atas prakarsa dari Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Jalan masuk untuk menuju ke Masjid Cheng Ho Palembang berada tepat di seberang gerbang utama Jakabaring Sport City.

Please Share :

Related Post


Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin – Masjid Terbesar di Palembang
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin – Masjid Terbesar di Palembang

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin atau sering disebut dengan nama…

Suasana Santai di Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak
Suasana Santai di Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak Palembang adalah sebuah bangunan keraton yang didirikan…

Tugu Nol Kilometer Kota Sabang – Melewati Monkey Road
Tugu Nol Kilometer Kota Sabang – Melewati Monkey Road

R. Soerardjo adalah pencipta lagu Dari Sabang Sampai Merauke. Lagu…

Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan
Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Berlibur ke provinsi Aceh tidak hanya berkunjung ke 8 pantai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *