Home  /  Wisata Sumatera  /  Palembang  / Danau Tanah Mas Palembang – Wisata Keluarga Yang Menyenangkan

Danau Tanah Mas Palembang – Wisata Keluarga Yang Menyenangkan


Danau Tanah Mas Palembang – Wisata Keluarga Yang Menyenangkan

Danau Tanah Mas Palembang merupakan salah satu obyek wisata keluarga yang menyenangkan di kota bahari Palembang. Setiap pengunjung yang berlibur ke tempat wisata ini bisa menikmati segala fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Bersantai di akhir pekan bersama dengan keluarga di Danau Tanah Mas dapat menghilangkan rasa lelah setelah beberapa hari melakukan aktivitas rutin.

ikan di danau tanah masAwalnya, danau buatan ini dipersiapkan sebagai fasilitas hiburan untuk warga yang tinggal di perumahan Tanah Mas Residence.

Namun, pada kenyataannya wahana hiburan yang berada di kawasan km 14 ini juga sering dikunjungi oleh masyarakat umum.

Oleh karena itu, hingga saat ini obyek wisata Danau Tanah Mas Palembang dibuka untuk umum dan beroperasi mulai dari jam 08.00 s.d. 18.00 WIB.

Berikut beberapa sarana hiburan yang berada di Danau Tanah Mas Palembang :

1. Waterpark

Wahana air ini merupakan primadona di kawasan wisata ini. Terdapat beberapa fasilitas sliding yang pastinya akan menambah kegembiraan para pengunjung.

Ketinggian dari sliding tersebut cukup bervariasi yaitu 2 m, 3 m, 6 m, dan yang tertinggi adalah 8 m. Demi keamanan, keselamatan dan juga kenyamanan ketika menggunakan fasilitas ini, maka Anda harus mematuhi setiap pengarahan yang telah diberikan oleh petugas waterpark.

Kedalaman kolam di area waterpark juga beragam mulai dari 0,6 m, 0,8 m, 1 m, hingga yang paling dalam adalah 1,6 m.

wataerpark di danau tanah mas

Bagi Anda yang berkunjung bersama dengan anak-anak, pastikan mereka tidak berenang di area kolam yang dalam agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Sebelum melalui pintu masuk terdapat beberapa peraturan yang ditujukan untuk setiap pengunjung yang ingin bermain air di wahana ini.

Peraturan tersebut diantaranya :

♦ Tidak boleh membawa senjata api, benda tajam, narkoba dan minuman keras

♦ Tidak boleh membawa hewan peliharaan

♦ Anak-anak di bawah usia 12 tahun harus dalam pengawasan orang dewasa atau orang tua

♦ Sepatu atau sandal harus dilepas di tepi kolam, menjaga kebersihan di dalam lokasi waterpark

♦ Menjaga sendiri semua barang bawaan karena pihak pengelola tidak akan bertanggung jawab jika terjadi kehilangan, dan lain-lain.

♦ Tiket masuk ke wahana waterpark adalah sebesar Rp 20.000/orang pada hari Senin s.d. Sabtu, Rp 40.000/orang di hari Minggu, dan Rp 50.000/orang pada hari libur nasional.

2. Bermain Sepeda Air atau Perahu Bebek

Bermain sepeda air atau perahu bebek di area danau juga tidak kalah serunya. Satu perahu bebek memiliki kapasitas hingga 4 orang sehingga cukup untuk satu keluarga kecil.

Selain itu, keberadaan ratusan ikan mas yang berada di dalam kolam menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Hanya dengan bermodalkan roti tawar, wisatawan dapat mencoba untuk memberikan makan kepada ikan-ikan tersebut.

bermain sepeda air di danau tanah mas

Tarif yang diberlakukan untuk bermain sepeda air atau perahu bebek adalah Rp 20.000/orang pada hari Senin s.d. Sabtu, Rp 40.000/orang di hari Minggu, dan pada saat hari libur nasional sebesar Rp 50.000/orang.

3. Taman Dinosaurus Area

Di taman dinosaurus area, wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas hiburan seperti wahana pemancingan, karaoke keluarga, kolam renang anak-anak, taman dinosurus, serta bioskop (full AC dan non stop) khusus pada hari Minggu dan libur nasional.

Tiket masuk ke area permainan ini sama dengan 2 arena permainan di atas yaitu Rp 20.000/orang pada hari Senin s.d. Sabtu, Rp 40.000/orang di hari Minggu, dan Rp 50.000/orang pada hari libur nasional.

Bagi wisatawan yang tidak membawa stik pancing, telah disediakan jasa untuk menyewa stik pancing di tempat wisata ini.

danau tanah mas palembang

Selain 3 sarana hiburan di atas, di kawasan wisata ini Anda juga bisa mengasah ketangkasan di arena menembak, motor ATV, mobil remote control, dan lain-lain. Disamping itu, Danau Tanah Mas Palembang juga akan membangun area shotgun paintball dan outbound area.

Transportasi menuju ke Danau Tanah Mas Palembang

Danau Tanah Mas berlokasi di wilayah km 14 tepatnya di kawasan perumahan Tanah Mas Residence, Jln. Tanah Mas, Kecamatan Talang Kelapa, Kab. Banyuasin.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, melalui Jln. Kol. H. Burlian lanjutkan perjalanan hingga bertemu dengan simpang empat Jln. Soekarno Hatta (jika belok ke kanan akan menuju ke bandara), jangan belok dan tetap arahkan kendaraan Anda menuju ke perbatasan Kota Palembang (Jln. Raya Lintas Sumatera).

Setelah melewati terminal km 12, hanya sekitar 2 km dari tempat tersebut Anda harus belok ke kiri masuk ke Jln. Tanah Mas.

Ketika wisatawan bertemu dengan simpang 3 yang terdapat patung lumba-lumba, tetap arahkan kendaraan lurus ke depan dan tidak jauh dari simpang tersebut Anda akan berjumpa dengan gerbang masuk ke lokasi wisata.

Jarak obyek wisata ini dari jalan utama (Jln. Raya Lintas Sumatera) adalah sekitar 1,4 km.

Bagi Anda yang ingin menggunakan moda transportasi umum, bisa memakai bus kota dan trans musi. Setelah berhenti di terminal lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek. Selain itu, jika wisatawan ingin memakai taksi, nomor telepon taksi Blue Bird di Palembang adalah 0711 – 36 6450 atau 0711 – 36 1111.

Fasilitas

Untuk memberikan kenyamanan kepada setiap wisatawan yang datang, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas penunjang.

Berikut beberapa fasilitas penunjang di kawasan wisata Danau Tanah Mas Palembang :

  1. Lahan untuk parkir kendaraan.
  2. Tersedia food court lengkap dengan beberapa kedai yang menyediakan aneka menu lezat.
  3. Fasilitas penunjang lainnya seperti pedagang roti khusus untuk memberi makan ikan, toilet, dan sebagainya.

Saran

  1. Salah satu kebijaksanaan dari obyek wisata Danau Tanah Mas adalah pihak pengelola tidak melarang setiap pengunjung untuk membawa makanan dari luar. Di tepi danau telah disediakan tempat untuk bersantai sembari menyantap makanan.
  2. Walaupun ikan mas yang berada di dalam danau terlihat jinak, namun wisatawan tidak diizinkan untuk menangkapnya dan dibawa pulang.
  3. Jangan membuang sampah sembarangan karena pihak pengelola telah menyediakan tempat khusus untuk sampah.
  4. Selain Waterpark Danau Tanah Mas, di Kota Palembang juga terdapat wahana air yang sejenis dan berlokasi tidak jauh dari obyek wisata Danau Tanah Mas. Apabila wisatawan ingin mencoba suasana wahana air yang berbeda, tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Amanzi Waterpark. Di sana Anda bersama dengan keluarga akan menikmati aneka wahana air yang menyenangkan.
Please Share :

Related Post


Berkunjung Ke Museum Balaputra Dewa Palembang – Wisata Sejarah di Palembang
Berkunjung Ke Museum Balaputra Dewa Palembang – Wisata Sejarah di Palembang

Berkunjung Ke Museum Balaputra Dewa Palembang bersama dengan keluarga pastinya…

Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane
Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane

Pergi berwisata ke Aceh tidak hanya mengunjungi wisata pantainya yang…

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin – Masjid Terbesar di Palembang
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin – Masjid Terbesar di Palembang

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin atau sering disebut dengan nama…

Danau Aneuk Laot – Sumber Air Tawar Pulau Weh
Danau Aneuk Laot – Sumber Air Tawar Pulau Weh

Danau Aneuk Laot yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah Danau…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *