Home  /  Wisata Bali  / Desa Batuan – Desa Budaya di Bali

Desa Batuan – Desa Budaya di Bali


Desa Batuan – Desa Budaya di Bali

Sampai saat ini, ada beberapa desa di Bali yang tetap mempertahankan tradisi kehidupan dengan desain rumah yang masih tradisional. Hal ini bertujuan agar terjalin hubungan yang harmonis antara manusia dengan alam.

Salah satu desa tersebut adalah Desa Batuan, merupakan satu dari beberapa desa tua yang ada di pulau Bali. Keindahan alam desa bersanding dengan rumah penduduk yang telah berumur ratusan tahun, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung.

rumah penduduk desa batuanDi samping itu, desa Batuan juga dikenal sebagai salah satu desa seniman di Bali, terutama di bidang seni lukis dan seni ukir.

Rumah penduduk desa Batuan berukuran kecil, dinding rumah dibuat dari campuran tanah liat yang tidak dibakar dan anyaman alang-alang digunakan sebagai atapnya.

Rumah tersebut dikelilingi oleh tembok dan terdapat pintu gerbang dengan ukuran kecil yang hanya bisa dilewati oleh 1 orang. Campuran tanah liat adalah bahan baku yang digunakan untuk pembuatan tembok tersebut.

Memasuki perkarangan rumah, wisatawan akan menjumpai sebuah tempat yang cukup luas. Di atas tanah bertaburan batu-batu kecil yang berfungsi untuk menyerap air hujan. Beberapa bangunan tampak berdiri dengan kokoh walaupun telah berusia ratusan tahun. Bangunan-bangunan tersebut memiliki fungsi tersendiri, diantaranya :

  1. Rumah meton, digunakan sebagai tempat beristirahat kepala keluarga.
  2. Bale sakenan dan bale sakepat, digunakan sebagai ruang tidur bagi anak.
  3. Bale dingin, ruangan ini berfungsi sebagai tempat bersantai, ruang tamu, dan sebagai tempat menggelar acara keluarga, seperti : upacara kematian, hajatan, dan upacara potong gigi.
  4. Untuk sarana beribadah, telah dipersiapkan sebuah pura kecil yang berlokasi di sebelah kiri pekarangan rumah.

Suasana di tempat ini dapat membawa para wisatawan seolah-olah sedang menuju ke kehidupan lampau. Bahkan pemilik rumah masih menggunakan tungku api sebagai alat bantu memasak sehari-hari.

Selain itu, di lokasi wisata ini terdapat sebuah pura yang dikenal dengan nama Pura Puseh. Selain sebagai tempat yang sakral, pura ini juga sangat bersejarah.

Berdasarkan sebuah prasasti, Pura Puseh dibangun pada tahun saka 944 atau 1020 Masehi, pada zaman dinasti Warmadewa dengan rajanya yang bernama Raja Paduka Aji Sri Dharmawangsa Wardhana. Pura ini sangat artistik dan menawan.

Para wisatawan yang berkunjung ke Pura Puseh akan mengagumi nilai artistik dan keindahan ornamen-ornamen yang tertata dengan rapi. Di dalam pura juga terdapat peninggalan benda-benda purbakala dari zaman prasejarah. Tentunya bagi para wisatawan yang suka dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan sejarah kehidupan manusia, koleksi benda-benda purbakala tersebut adalah sesuatu hal yang sangat menarik bagi mereka.

desa batuan

Agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi wisatawan yang berkunjung, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas umum untuk wisatawan.

Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah telah disediakan lokasi untuk parkir kendaraan, toilet, serta tersedia warung-warung yang menjual makanan dan minuman.

Transportasi Menuju Ke Desa Batuan

Desa Batuan berlokasi di kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali. Jika dari kota Denpasar, maka wisatawan harus menempuh jarak sekitar 14 km.

Wisatawan bisa menyewa mobil atau motor untuk menuju ke tempat wisata ini. Di pulau Bali tidak sulit untuk mencari jasa rental mobil dan motor dengan harga yang kompetitif.

Beberapa pihak rental mobil akan menawarkan harga yang murah, namun wisatawan harus melihat terlebih dahulu kondisi mobil yang ditawarkan. Apakah masih layak untuk dipakai perjalanan jauh.

Apalagi jika wisatawan tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki mobil jika terjadi kerusakan. Akan lebih baik jika wisatawan menggunakan jasa sopir yang telah dipersiapkan oleh pihak rental mobil. Sehingga wisatawan bisa bersantai di dalam mobil sembari menikmati keindahan alam Bali.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengambil sebuah paket wisata. Ada beberapa agen wisata atau agen perjalanan di Bali, yang menawarkan sebuah paket wisata untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata menarik dengan harga yang kompetitif.

Wisatawan harus selektif dalam memilih sebelum mengambil keputusan untuk mengikuti sebuah perjalanan wisata yang ditawarkan. Sehingga wisatawan mendapatkan harga yang ekonomis, namun dengan pelayanan yang bagus dan terpercaya.

Umumnya, pihak hotel akan memberikan rekomendasi kepada wisatawan beberapa agen wisata yang profesional di pulau Bali.

Penginapan di Desa Batuan

Tempat wisata ini dekat dengan beberapa penginapan berkelas yang layak bagi para wisatawan.

Beberapa penginapan tersebut antara lain : Santi Mandala, Alam Puri Art Museum & Resort, Bali Masari Villas & Spa, Villa Agung Beach Inn, The Graha Cakra Bali Hotel, Soulshine Bali, Bumi Ubud Resort, Hotel Puri Nusa Indah 3, Sanctuario Luxury Hotel & Spa, Shunda Hotel, Hotel Nikki, Villa Pantulan, Panorama Hotel, Bhanuswari Resort & Spa, dan lain-lain.

Saran

  1. Agar wisatawan bisa mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan lainnya.
  2. Desa Batuan dekat dengan beberapa tempat wisata menarik lainnya di Bali, salah satunya adalah Pasar Sukawati.

Pasar Sukawati telah terkenal di dunia sebagai tempat yang murah untuk berbelanja oleh-oleh khas Bali, seperti pakaian, aneka kerajinan tangan, tas, dan lain-lain.

Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke pasar tersebut, jika wisatawan sedang berkunjung ke desa Batuan.

Desa Batuan adalah salah satu desa budaya di Bali dimana penduduk setempat masih menjaga tradisi masa lalu. Para wisatawan yang berkunjung dapat menjumpai rumah tradisional Bali yang telah berumur ratusan tahun.

Hal ini merupakan salah satu daya tarik yang membuat desa Batuan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Please Share :

Related Post


Pantai Jimbaran – Suasana Romantis Dikala Sunset
Pantai Jimbaran – Suasana Romantis Dikala Sunset

Pantai Jimbaran, sebuah pantai yang bersih dengan pasirnya yang berwarna…

Air Panas Toya Bungkah – Berendam Air Panas Untuk Kesehatan
Air Panas Toya Bungkah – Berendam Air Panas Untuk Kesehatan

Menikmati pesona alam Kintamani akan memberikan manfaat yang baik bagi…

Berkunjung ke New Kuta Green Park – Wahana Rekreasi Air di Bali
Berkunjung ke New Kuta Green Park – Wahana Rekreasi Air di Bali

Satu lagi wahana rekreasi air yang akan memberikan warna bagi…

Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali
Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali

Desa Penglipuran berlokasi di kabupaten Bangli. Kondisi alamnya yang berada…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *