Home  /  Wisata Bali  / Liburan ke Desa Batubulan – Wisata Seni Khas Bali

Liburan ke Desa Batubulan – Wisata Seni Khas Bali


Liburan ke Desa Batubulan – Wisata Seni Khas Bali

Desa Batubulan, sebuah desa agraris yang memiliki banyak seniman di bidang seni tari dan seni ukir. Bahkan di desa ini telah dibangun sekolah menengah kejuruan di bidang kesenian, seperti seni rupa, industri kerajinan, dan karawitan.

Tidak salah jika banyak wisatawan yang menyatakan bahwa desa Batubulan memiliki seniman-seniman yang bertalenta dibidangnya dan telah menghasilkan beberapa karya seni yang indah. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk liburan ke desa Batubulan.

Asal usul nama Batubulan yang disematkan pada desa ini, diberikan oleh Dewa Agung Kalesan. Beliau adalah anak angkat Raja Badung. Setelah Dewa Agung Kalesan tumbuh dewasa, Raja Agung memberikan sebuah wilayah di dalam hutan untuk didirikan sebuah istana.

liburan ke desa batubulanDewa Agung Kalesan bersama dengan para pengikutnya berangkat menuju ke wilayah tersebut. Pada saat Dewa Agung Kalesan menelusuri hutan, beliau melihat sebuah batu yang bercahaya layaknya cahaya bulan.

Akhirnya Dewa Agung Kalesan membangun istananya di tempat tersebut, dan diberi nama Batubulan. Sampai saat ini, batu bercahaya tersebut masih tersimpan di Merajan Agung Puri Batubulan.

Hampir setiap hari obyek wisata Batubulan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar negeri. Mereka begitu mengagumi hasil karya seni ukir di desa ini.

Para seniman ukir begitu piawai memahat batu padas, begitu detail hingga bisa menghasilkan seni patung yang berkualitas. Patung-patung tersebut menggambarkan para dewa, tokoh pahlawan, raksasa, dan binatang yang bersumber dari cerita Mahabharata dan Ramayana.

Melihat atau menyaksikan aktivitas para seniman dalam membuat sebuah patung, dapat menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi para wisatawan. Mereka, para seniman tersebut tidak merasa risih atau terganggu dengan keberadaan para wisatawan yang sesekali mengabadikan kegiatan mereka dalam sebuah foto.

Tidak hanya karya seni patung dari batu, para seniman disini juga memiliki kemampuan untuk membuat karya seni ukir dari bahan dasar kayu dan bambu. Hal inilah yang menyebabkan para wisatawan bisa dengan mudah menemukan galeri seni yang memajang aneka kerajinan seni ukir yang unik dan tidak homogen.

Hasil karya tersebut tidak hanya dijual di desa Batubulan. Ada beberapa hasil kerajinan para seniman yang dijual ke luar negeri. Kualitas dan keindahan yang dihasilkan, membuat karya seni itu layak sebagai perhiasan di hotel, kantor, rumah, dan taman.

seni ukir patung desa batubulan

Liburan ke desa Batubulan tidak akan membuat para wisatawan yang berkunjung merasa kecewa, karena desa ini tidak hanya menawarkan keindahan karya seni ukir khas Bali, namun juga menyelenggarakan pementasan seni tari tradisional Bali, seperti tari Kecak, tari Barong, dan tari Legong.

Wisatawan dapat menikmati pertunjukan tari Barong yang biasanya dipentaskan setiap hari pada jam 9.30 WITA, sedangkan tari Kecak akan diselenggarakan pada jam 19.30 WITA.

Pertunjukan kesenian ini dipentaskan di beberapa lokasi, seperti di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia, Pura Puseh, Banjar Denjalan (di wilayah desa adat Jero Kuta), dan di Banjar Tegehe (di wilayah desa adat Dlod Tukat).

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai waktu dan tempat pertunjukan seni tari di desa Batubulan, wisatawan bisa bertanya kepada penduduk setempat, atau mencari informasi melalui agen wisata.

Transportasi Menuju Ke Desa Batubulan

Desa Batubulan berlokasi di kec. Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali. Desa ini terbagi dalam 3 desa adat, yaitu desa adat Dlod Tukat, desa adat Jero Kuta, dan desa adat Tegaltamu.

Tiap-tiap desa terbagi lagi menjadi beberapa banjar (satuan adat di dalam desa).

Untuk menuju ke lokasi wisata, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 21 km dari kota Gianyar atau 10 km dari kota Denpasar. Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke obyek wisata Kintamani dan Ubud, maka terlebih dahulu wisatawan akan bertemu dengan desa Batubulan.

Wisatawan dapat menggunakan moda transportasi darat, seperti menyewa mobil atau motor. Harga sewa mobil di Bali cukup murah yaitu sekitar Rp 200 ribu/hari. Sedangkan harga sewa motor sekitar Rp 50.000-75.000/hari.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengikuti sebuah paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen wisata yang ada di pulau Bali. Dengan mengambil sebuah paket wisata, wisatawan dapat menikmati beberapa tempat wisata menarik di pulau Bali.

Penginapan Di Desa Batubulan

Bagi wisatawan yang ingin mencari penginapan di dekat desa Batubulan, di wilayah lokasi ini telah tersedia beberapa penginapan yang dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan.

Beberapa penginapan tersebut yaitu : The Swaha Bali Hotel, Bumi Linggah The Pratama Villas, Bali Vidi Villas, Sakawesi Bali Pavilion Gianyar, Honeymoon House, The Graha Cakra Bali Hotel, dan masih banyak lagi penginapan lainnya yang layak bagi para wisatawan.

Desa Batubulan telah lama dikenal oleh para wisatawan sebagai desa yang menghasilkan aneka karya seni ukir khas Bali. Hal tersebut dibuktikan dengan terdapatnya beberapa galeri yang menjual hasil kerajinan penduduk desa.

Hasil kerajinan tersebut tidak hanya dijual di wilayah desa, namun juga diekspor ke luar negeri. Selain menikmati keindahan karya seni ukir, di desa ini wisatawan juga bisa menyaksikan para seniman tari mementaskan beberapa seni tari tradisional Bali yang telah terkenal ke mancanegara, seperti tari Kecak, tari Barong, dan tari Legong.

Liburan ke desa Batubulan akan memberikan sebuah pengalaman yang berkesan bagi para wisatawan. Posisinya yang strategis karena dilalui oleh kendaraan yang akan menuju ke Kintamani dan Ubud, memberikan keuntungan tersendiri bagi obyek wisata ini. Hampir setiap hari desa Batubulan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Please Share :

Related Post


Berbelanja Di Joger – Pabrik Kata-Kata di Bali
Berbelanja Di Joger – Pabrik Kata-Kata di Bali

Berwisata ke pulau Bali, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung…

11 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi – Obyek Wisata Favorit
11 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi – Obyek Wisata Favorit

Pergi berwisata ke Pulau Bali merupakan sebuah keputusan yang tepat…

Museum Seni Di Bali – Surga Bagi Pecinta Benda-Benda Seni
Museum Seni Di Bali – Surga Bagi Pecinta Benda-Benda Seni

Berwisata ke suatu tempat, tidak hanya bertujuan untuk menikmati keindahan…

Wisata Pura Goa Lawah – Pura Penting dan Bersejarah di Pulau Bali
Wisata Pura Goa Lawah – Pura Penting dan Bersejarah di Pulau Bali

Pura Goa Lawah merupakan salah satu pura penting di Pulau…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *