Home  /  Wisata Bali  / Desa Jatiluwih Bali – Nuansa Alam Pedesaan Yang Indah

Desa Jatiluwih Bali – Nuansa Alam Pedesaan Yang Indah


Desa Jatiluwih Bali – Nuansa Alam Pedesaan Yang Indah

Pulau Bali begitu kaya dengan obyek wisata alamnya. Dari dataran rendah hingga ke dataran tinggi selalu memberikan pesona alam yang indah.

Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi setiap wisatawan untuk tidak pernah merasa bosan berulang kali pergi berwisata ke Pulau Seribu Pura ini. Selain itu, Bali juga dikenal dengan kebudayaannya yang tetap terjaga hingga saat ini.

desa jatiluwihSalah satu obyek wisata pedesaan di Pulau Bali yang memiliki nuansa alam desa yang indah adalah Jatiluwih.

Sebuah desa yang berlokasi di kabupaten Tabanan ini, berada pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Sehingga, desa ini mampu untuk menyajikan sebuah panorama alam yang menawan dan berhawa sejuk. Setiap wisatawan yang berkunjung akan terpesona dengan keindahannya.

Suasananya yang sunyi, tenang, dan jauh dari hiruk pikuk daerah perkotaan, membuat tempat ini sangat tepat untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin bersantai. Di desa ini, mereka dapat menenangkan pikiran dan melepaskan rasa lelah akibat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Kondisi tanah di Desa Jatiluwih begitu subur. Letaknya yang berada di kaki gunung Batur membuat para wisatawan yang berkunjung dapat melihat hamparan persawahan dan perkebunan yang indah dengan latar belakang gunung dan hutan yang lebat. Terasiring persawahan tersusun secara bertingkat dan begitu terawat, sehingga membuat pesona alam persawahan di desa ini terlihat begitu menawan.

Seharian berada di lokasi wisata ini akan memberikan manfaat yang positif bagi para wisatawan. Duduk santai di tepi sawah bersama teman atau keluarga menikmati keindahan alam pedesaan yang berhawa sejuk, dapat memberikan hiburan yang menyenangkan dan berkesan bagi setiap wisatawan.

Ketika matahari mulai turun meredupkan sinarnya, nuansa alam di tempat ini menjadi semakin indah. Ini adalah sebuah pesona sunset yang sangat berbeda dengan nuansa sunset di tepi pantai.

Sebuah panorama alam yang membuat suasana menjadi lebih tenang, damai dan nyaman. Hembusan angin persawahan yang begitu ramah ditambah dengan hawa pegunungan yang sejuk membuat kegiatan relaksasi para wisatawan menjadi lebih sempurna.

Penduduk Desa Jatiluwih mayoritas berprofesi sebagai petani dan peternak. Setiap hari para petani terlihat sibuk dengan kegiatan rutinnya di ladang sawah. Mereka mengelola sawah-sawahnya dengan cara yang masih tradisional.

Sebuah kegiatan yang jarang atau bahkan tidak dapat ditemukan di tempat tinggal para wisatawan. Fenomena ini membuat setiap wisatawan yang berkunjung begitu tertarik untuk menyaksikan bagaimana cara para petani di Desa Jatiluwih bercocok tanam di sebuah ladang yang subur.

desa jatiluwih baliSekilas Sejarah Desa Jatiluwih

Desa Jatiluwih memiliki luas sekitar 33,22 km2.

Di sebelah barat desa berbatasan dengan Desa Wongaya Gede, di sebelah timur berbatasan dengan Desa Senganan, di sebelah utara berbatasan dengan Hutan Negara, dan di bagian selatan berbatasan dengan Desa Babahan.

Desa ini terbagi dalam 8 banjar.

Sebelum bernama Desa Jatiluwih, dahulu desa ini dikenal dengan nama Desa Girikusuma. Pada zaman pemerintahan raja Dalem Waturenggong yaitu pada tahun 1460-1550, terdapat seorang tokoh agama yang melakukan meditasi di desa ini.

Beliau bernama Ida Bagus Angker. Setelah selesai menjalani meditasi dan menjadi seorang pendeta, Ida Bagus Angker merubah nama desa ini menjadi Desa Jatiluwih. Lalu di tempat beliau melakukan meditasi dibangun sebuah pura yang bernama Pura Gunung Sari.

Transportasi Menuju ke Desa Jatiluwih

Desa Jatiluwih berlokasi di Kecamatan Penebel, Tabanan, Bali. Desa ini memiliki jarak sekitar 14 km dari kota kecamatan, dan kurang lebih 26 km dari ibukota kabupaten Tabanan.

Jika wisatawan berangkat dari obyek wisata Nusa Dua, maka wisatawan akan menempuh jarak sekitar 68 km dalam waktu lebih dari 2 jam. Jalan untuk menuju ke desa telah diaspal sehingga memungkinkan untuk dilewati dengan kendaraan bermotor.

Bagi wisatawan yang ingin menyewa mobil atau motor, di Bali telah tersedia beberapa jasa rental mobil atau motor dengan harga yang terjangkau. Harga sewa mobil sekitar 200 ribu rupiah per hari, sedangkan harga sewa motor sekitar Rp 50.000/hari.

Selain itu, wisatawan bisa memanfaatkan jasa yang ditawarkan oleh beberapa agen wisata di Pulau Bali. Umumnya mereka akan menawarkan beberapa paket wisata yang menarik di Bali. Wisatawan harus memastikan ada jadwal kunjungan ke Desa Jatiluwih di dalam paket tersebut.

Untuk bisa masuk ke dalam lokasi wisata Desa Jatiluwih, wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000/orang.

Fasilitas Umum di Desa Jatiluwih

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Desa Jatiluwih, membuat beberapa orang penduduk di desa ini mulai masuk ke dunia pariwisata.

Mereka telah menyediakan beberapa fasilitas umum untuk menyambut kedatangan para wisatawan agar dapat memberikan kepuasan bagi setiap wisatawan yang berlibur di desa ini.

Beberapa fasilitas tersebut adalah :

  1. Areal untuk parkir kendaraan.
  2. Tersedia beberapa restoran atau warung makan yang menyajikan aneka menu makanan dan minuman khas Desa Jatiluwih. Wisatawan dapat mencoba kenikmatan nasi dari beras merah yang merupakan hasil panen petani setempat.
  3. Fasilitas umum lainnya seperti toilet, tempat beristirahat, dan lain-lain.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat lokasi Desa Jatiluwih, telah tersedia beberapa penginapan yang layak bagi para wisatawan.

Beberapa penginapan tersebut adalah :

  1. Villa Lumbung Jatiluwih

Desa Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Bali.

  1. Puri Taman Sari Tabanan

Dusun Umabian, Desa Peken, Marga, Tabanan, Bali.

  1. The Sanyas Retreat

Banjar Dukuh, Desa Baturiti, Tabanan, Bali.

  1. Waka Gangga

Jl. Pantai Yeh Gangga, Tabanan, Bali.

Saran

  1. Udara di kaki gunung yang sejuk terkadang dapat membuat beberapa orang wisatawan merasa kedinginan, oleh karena itu jangan lupa untuk membawa jaket atau baju khusus untuk daerah yang beriklim sejuk.
  2. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sebuah danau yang indah dan berhawa sejuk, wisatawan dapat mengunjungi Danau Bedugul atau Danau Beratan yang berlokasi di Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Sesuatu yang unik di tempat wisata ini adalah terdapat sebuah pura di tepi danau yang dikenal dengan nama Pura Ulun Danu Beratan.
Please Share :

Related Post


Danau Bedugul atau Danau Beratan – Pura Ulun Danu Beratan
Danau Bedugul atau Danau Beratan – Pura Ulun Danu Beratan

Danau Bedugul atau juga dikenal dengan nama Danau Beratan adalah…

Tips Liburan Ke Pulau Bali – Merencanakan Liburan Yang Menyenangkan
Tips Liburan Ke Pulau Bali – Merencanakan Liburan Yang Menyenangkan

Liburan merupakan sebuah kegiatan untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam…

Danau Tamblingan Bali – Keindahan Danau di Dataran Tinggi Yang Sejuk
Danau Tamblingan Bali – Keindahan Danau di Dataran Tinggi Yang Sejuk

Setelah berkunjung ke Danau Beratan yang menyajikan pesona alam yang…

Pantai Labuhan Amuk – Aktivitas Wisata Bahari Yang Menyenangkan
Pantai Labuhan Amuk – Aktivitas Wisata Bahari Yang Menyenangkan

Dengan latar belakang tanah perbukitan yang hijau, terdapat sebuah pantai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *