Home  /  Wisata Bali  / Desa Kamasan – Desa Yang Memiliki Aneka Hasil Karya Seni di Bali

Desa Kamasan – Desa Yang Memiliki Aneka Hasil Karya Seni di Bali


Desa Kamasan – Desa Yang Memiliki Aneka Hasil Karya Seni di Bali

Desa Kamasan merupakan sebuah desa yang hanya berjarak sekitar 4 km dari obyek wisata Kertagosa dan juga tidak begitu jauh dari Pantai Kusamba. Desa ini terkenal dengan hasil karya seninya. Umumnya beberapa lukisan tradisional khas Bali terilhami dari corak Kamasan.

Tidak hanya itu, seni tari, seni wayang, seni musik, dan kerajinan emas serta perak sangat berkembang di wilayah Kamasan.

desa kamasan baliDesa Kamasan memiliki luas sekitar 249 hektar yang terbagi dalam 10 buah banjar.

Walaupun termasuk dalam sebuah desa yang kecil, namun hasil karya seninya begitu besar dan terkenal hingga ke mancanegara. Tidak heran jika desa ini termasuk dalam salah satu tujuan bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke pulau Bali.

Hasil karya seni Desa Kamasan yang paling terkenal dimata para wisatawan adalah lukisan wayang. Para seniman Kamasan begitu piawai dalam membuat lukisan wayang yang menggambarkan beberapa tokoh dalam kisah Ramayana dan Mahabarata.

Lukisan tersebut sangat indah dan memiliki ciri khas yang tidak dapat dijumpai di tempat lain. Selain lukisan, seniman setempat juga menguasai seni ukir. Ukiran tersebut masih tetap menggambarkan tokoh-tokoh pewayangan di dalam kisah Ramayana dan Mahabarata.

Hasil ukirannya begitu detail, halus, dan indah. Para wisatawan dapat membeli beberapa produk seni lukis dan seni ukir tersebut sebagai sebuah kenang-kenangan atau oleh-oleh yang menjadi ciri khas dari wisata Kamasan.

Akan tetapi, sebelum membeli sebaiknya wisatawan melihat terlebih dahulu proses pembuatan lukisan dan ukiran. Para seniman seni lukis dan seni ukir Desa Kamasan tidak merasa terganggu dengan kehadiran para wisatawan pada saat mereka bekerja.

Sepertinya mereka telah terbiasa dengan keadaan tersebut. Begitu luwesnya gerakan tangan para seniman lukis ketika membuat sebuah lukisan wayang, seperti tidak mau kalah dengan seniman-seniman ukir yang dengan teliti membuat sebuah ukiran wayang yang menawan.

Umumnya para pelukis lebih banyak menetap di Banjar Sangging, sedangkan para pengarajin dapat ditemukan di Banjar Pandemas.

desa kamasan

Selain 2 karya seni tersebut, masih ada beberapa produk seni lainnya yang dibuat oleh para seniman Desa Kamasan. Hal ini membuat desa yang telah berdiri sejak tahun 1072 M, memiliki aneka hasil karya seni yang dapat memberikan kepuasan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Tempat ini sangat tepat bagi para wisatawan yang menyukai seni dan sejarah. Berkunjung ke obyek wisata ini dapat melengkapi rangkaian kegiatan liburan wisatawan selama berada di pulau Bali bersama teman ataupun keluarga.

Sejarah Desa Kamasan

Arti dari kata Kamasan adalah benih yang bagus. Desa ini merupakan desa tua yang sejak zaman kerajaan di Bali para pengrajinnya dikenal dengan sebutan ”pandai mas”.

Pada tahun 1380-1651, sebuah kerajaan yang berpusat di Gelgel dengan rajanya yang bernama Raja Ida Dalem, memanfaatkan keahlian mereka untuk membuat aneka kerajinan seni lukis dan seni ukir dari bahan baku emas dan perak. Hasil karya seni tersebut menjadi perhiasan di Keraton Suweca Linggaarsa Gelgel.

Selain itu, pada masa tersebut mulai berkembang seni lukisan wayang. Beberapa lukisan hasil karya pelukis dari Desa Kamasan banyak disimpan di beberapa tempat suci yang berlokasi di sekitar keraton.

Pada tahun 1460-1550, di zaman pemerintahan Raja Dalem Waturenggong, Desa Kamasan mencapai masa keemasan. Penduduk desa terkenal dengan pengabdian serta ketulusan terhadap semua perintah yang dikeluarkan oleh raja.

Transportasi Menuju Ke Desa Kamasan

Bagi wisatawan yang ingin berlibur di Desa Kamasan, desa ini berlokasi di kecamatan Klungkung, kab. Klungkung, Bali. Jika wisatawan berangkat dari bandara Ngurah Rai, maka wisatawan harus menempuh jarak sekitar 45 km dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.

Namun jika dari kota Semarapura, wisatawan hanya menempuh jarak kurang lebih 2 km untuk sampai di lokasi.

Prasarana jalan di desa yang telah diaspal, memungkinkan wisatawan untuk menggunakan mobil atau motor untuk menuju ke tempat wisata ini. Di pulau Bali terdapat beberapa tempat yang bergerak di bidang jasa rental mobil atau motor dengan harga yang kompetitif.

Harga sewa mobil sekitar 200 ribu rupiah per hari, dan harga sewa motor kurang lebih Rp 50.000/hari.

Selain itu, wisatawan juga bisa ikut serta dalam sebuah paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen perjalanan di pulau Bali.

Umumnya mereka akan menawarkan sebuah paket yang menjadwalkan kunjungan ke beberapa lokasi wisata yang menarik di Bali. Wisatawan harus memastikan terdapat kunjungan ke Desa Kamasan pada paket tersebut.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin beristirahat di dekat lokasi wisata ini, telah tersedia beberapa hotel yang layak bagi para wisatawan.

Hotel-hotel tersebut diantaranya :

  1. Puri Pondok Dawa Villa

Pondok Dawa, Desa Pesinggahan, Klungkung, Bali.

  1. Lihat Sawah 1 Guesthouse

Banjar Tabola, Klungkung, Bali.

  1. Balinese House Package

Desa Timuhun, Klungkung, Bali.

Fasilitas di Desa Kamasan

Desa Kamasan begitu sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, pihak pengelola obyek wisata Desa Kamasan telah mempersiapkan beberapa fasilitas yang dapat memberikan kepuasan bagi para wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  1. Tersedia areal yang cukup untuk parkir kendaraan.
  2. Tersedia tempat pameran hasil karya seni penduduk Desa Kamasan yang tidak hanya memajang tapi juga menjual beberapa lukisan dan ukiran. Tempat tersebut berlokasi tidak jauh dari Banjar Sangging.
  3. Bagi wisatawan yang tertarik untuk belajar melukis, di Desa kamasan telah tersedia sanggar seni lukis yang akan membimbing wisatawan dalam membuat sebuah lukisan indah khas Desa Kamasan.
  4. Fasilitas umum lainnya seperti : beberapa toko yang menjual aneka makanan dan minuman ringan, dan lain-lain.
Please Share :

Related Post


Pantai Lovina Bali – Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba Yang Menawan
Pantai Lovina Bali – Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba Yang Menawan

Lumba-lumba adalah hewan mamalia yang hidup di laut dan tergolong…

Kintamani – Obyek Wisata Pegunungan di Bali
Kintamani – Obyek Wisata Pegunungan di Bali

Kintamani, sebuah obyek wisata pegunungan di pulau Bali dengan ketinggian…

Jajanan dan Minuman Khas Bali – Kenikmatan Wisata Kuliner di Bali
Jajanan dan Minuman Khas Bali – Kenikmatan Wisata Kuliner di Bali

Bagi wisatawan yang sedang berlibur bersama dengan teman atau keluarga…

3 Desa Tradisional Di Bali – Pesona Desa Yang Menawan
3 Desa Tradisional Di Bali – Pesona Desa Yang Menawan

Pulau Bali tidak hanya mempunyai beberapa pantai yang indah. Di…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *