Home  /  Wisata Bali  / Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali

Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali


Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali

Desa Penglipuran berlokasi di kabupaten Bangli. Kondisi alamnya yang berada pada dataran tinggi sekitar 700 meter di atas permukaan laut, membuat desa ini mampu untuk menyajikan pesona alam pedesaan yang sejuk, tenang, dan damai.

Dengan penataan ruang antar bangunan yang teratur dan desain bangunan yang serupa, membuat suasana kehidupan di desa ini terlihat begitu indah. Hal inilah yang membuat desa Penglipuran menjadi sebuah ikon desa wisata di pulau Bali.

Ketika wisatawan memasuki lokasi desa melalui sebuah gapura atau pintu gerbang khas Bali, wisatawan akan langsung disambut dengan suasana pemukiman yang asri.

liburan ke desa penglipuranDi samping kiri dan kanan jalan banyak ditumbuhi dengan aneka bunga di atas hijaunya rerumputan.

Deretan rumah dengan desain tradisional tertata rapi di sepanjang jalan, saling berhadapan, dan hanya terpisahkan oleh jalan utama desa.

Jalan utama tersebut semakin menurun secara teratur menuju ke ujung desa.

Pemandangan ini benar-benar memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung, sangat tepat sebagai tempat untuk melepaskan rasa lelah akibat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Pesona alam desanya yang unik dan mungkin sangat sulit untuk ditemukan di tempat lain, merupakan salah satu alasan bagi wisatawan untuk berkunjung ke desa ini. Tidak hanya wisatawan lokal, ada banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Penataan lingkungan desa Penglipuran yang menawan, tidak terlepas dari adat istiadat serta budaya yang telah diwariskan sampai dengan saat ini. Penduduk setempat tetap menjaga dan menerapkan semua peraturan dan budaya tersebut.

Desa yang memiliki luas sekitar 112 hektar ini, mempunyai beberapa rumah yang telah berumur ratusan tahun. Rumah-rumah tersebut menggunakan atap yang terbuat dari bambu. Tidak heran jika di dekat desa Penglipuran terdapat hutan bambu.

Hutan tersebut sangat luas, yaitu sekitar 45 hektar. Di dalam hutan ditumbuhi aneka jenis bambu yang sangat bermanfaat bagi penduduk desa Penglipuran. Salah satu manfaatnya adalah sebagai bahan baku atap rumah.

desa penglipuran

Bagi wisatawan yang ingin menelusuri hutan bambu, penduduk setempat telah mempersiapkan jalan setapak untuk menuju ke dalam hutan. Menelusuri hutan bambu yang luas, merasakan kesejukan diantara kerindangan pohon-pohon bambu, akan memberikan sebuah kesan bahagia bagi para wisatawan. Wisatawan seperti melihat sebuah lukisan alam yang sangat cantik.

Penduduk desa Penglipuran mayoritas berprofesi sebagai petani. Setiap pagi mereka begitu bersemangat pergi ke sawah, dan di sore hari penduduk setempat tampak bersantai di depan rumah, berkumpul bersama keluarga sembari menjalin hubungan sosial antar sesama penduduk desa.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke desa Penglipuran, wisatawan harus membeli tiket masuk seharga Rp 7.500/wisatawan domestik. Untuk wisatawan luar negeri harga tiket masuk sebesar Rp 10.000/wisatawan.

Tempat wisata ini juga telah menyediakan lahan parkir kendaraan yang luas. Setiap mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah.

Sejarah Desa Penglipuran

Konon berdasarkan cerita penduduk setempat, desa Penglipuran telah berdiri sejak abad ke VIII. Pada saat itu, Raja kerajaan Bangli memberikan perintah kepada sebagian penduduknya untuk berpindah dari desa Bayung Gede ke suatu kawasan yang bernama Penglipuran.

Setelah pemukiman di desa Penglipuran selesai dibangun, Raja-Raja terdahulu yang berkuasa di pulau Bali sering datang ke desa ini untuk beristirahat. Hal ini dikarenakan desa Penglipuran dapat memberikan sebuah ketenangan, kedamaian, dan kenyamanan.

Transportasi Menuju ke Desa Penglipuran

Desa Penglipuran berada di kabupaten Bangli, Bali. Jika wisatawan berangkat dari kota Denpasar, maka membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat menggunakan kendaraan bermotor.

Wisatawan bisa menyewa mobil atau motor sebagai pilihan alat transportasi yang menyenangkan untuk menuju ke desa ini. Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan jasa agen wisata atau agen perjalanan.

Mereka akan menawarkan kunjungan ke desa Penglipuran, sebagai salah satu dari beberapa tempat wisata yang akan dikunjungi sesuai dengan jadwal wisata yang telah disepakati.

Penginapan di Desa Penglipuran

Desa Penglipuran berlokasi di dekat tempat wisata yang menarik lainnya di kabupaten Bangli, seperti : Kintamani, Air Panas Toya Bungkah, dan danau Batur.

Sebaiknya wisatawan memilih penginapan di Kintamani, karena di pagi hari wisatawan bisa mendaki gunung Batur untuk menikmati keindahan matahari terbit dari puncak gunung.

Setelah turun dari gunung Batur, wisatawan dapat memanjakan diri dengan berendam di dalam kolam air panas Toya Bungkah. Ketika lapar menyerang, wisatawan dapat mengunjungi Resto Apung Kintamani di desa Kedisan.

Menikmati kelezatan ikan Nila bakar di sebuah restoran terapung sembari menyaksikan keindahan alam danau Batur.

Berikut beberapa penginapan di obyek wisata Kintamani :

  1. Arlina’s Bungalow

Toya bungkah, Kintamani, Bangli, Bali.

  1. Hotel Segara & Restoran

Desa Kedisan, Kintamani, Bangli, Bali.

  1. Batur Lakeside Hut

Desa Kedisan, Kintamani, Bangli, Bali.

  1. The Volcania Guest House

Jl. Raya Penelokan, Kintamani, Bangli, Bali.

  1. Astradana Hotel & Restaurant

Desa Kedisan, Kintamani, Bangli, Bali.

  1. Baruna Cottages

Desa Buahan, Kintamani, Bangli, Bali.

  1. Villa Wastra

Jl. Raya Payangan Kintamani, km 41, Bangli, Bali.

  1. The Ayu Kintamani

Jl. Puri Bening (STA), Toya Bungkah, Kintamani, Bangli, Bali.

Desa Penglipuran merupakan tempat wisata yang tepat bagi wisatawan yang mendambakan suasana liburan yang tenang, damai, dan nyaman.

Kesejukan alam desa dibalut dengan pesona keindahan tata ruang lingkungan yang rapi, membuat tempat ini menjadi salah satu kunjungan wajib bagi para wisatawan yang sedang berlibur di pulau Bali. Perjalanan wisata ini akan lebih menyenangkan jika bersama-sama dengan keluarga.

Please Share :

Related Post


Berkunjung ke Bali Safari and Marine Park
Berkunjung ke Bali Safari and Marine Park

Selama ini Bali hanya dikenal sebagai pulau yang menawarkan beberapa…

Pantai Kusamba – Keindahan Pesona Pantai Pasir Hitam di Bali
Pantai Kusamba – Keindahan Pesona Pantai Pasir Hitam di Bali

Pantai Kusamba merupakan sebuah pantai yang masih alami dan memiliki…

Arts Centre Bali – Taman Budaya Bali Yang Mempesona
Arts Centre Bali – Taman Budaya Bali Yang Mempesona

Arts Centre Bali (Taman Budaya Bali) adalah kompleks bangunan yang…

Pondok Pekak Ubud – Mengasah Kreativitas Anak-Anak
Pondok Pekak Ubud – Mengasah Kreativitas Anak-Anak

Berwisata ke pulau Bali merupakan pilihan yang sangat tepat bagi…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *