Home  /  Wisata Lombok  / Gili Meno dan Gili Air – Pulau Kecil Yang Menawan

Gili Meno dan Gili Air – Pulau Kecil Yang Menawan


Gili Meno dan Gili Air – Pulau Kecil Yang Menawan

Berlibur ke Gili Trawangan memang sangat menyenangkan. Pulau kecil nan indah ini telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang dapat memberikan kesenangan kepada para wisatawan.

Akan tetapi, bagi wisatawan yang menginginkan sebuah tempat wisata yang lebih sunyi dengan panorama alam yang tidak kalah cantiknya, Gili Meno dan Gili Air adalah tempatnya.

Dua buah pulau yang berdekatan dengan Gili Trawangan ini menawarkan keindahan alam pantai yang menawan dengan suasana yang lebih hening.

3-gili

Gili Meno

gili-menoGili Meno adalah pulau yang paling kecil diantara ketiga gili yang berada di barat laut Pulau Lombok.

Lokasi pulau berada di tengah-tengah Gili Trawangan dan Gili Air. Pulau yang dihuni sekitar 400 orang ini masih minim fasilitas.

Selain tidak ada kendaraan bermotor, tidak semua penduduk di pulau ini mempunyai generator. Hanya sebagian dari mereka dan beberapa penginapan saja yang mempunyai alat pembangkit tenaga listrik tersebut.

Sehingga, sebagai alat bantu penerangan di waktu malam mereka masih menggunakan lilin atau obor dan memakai kayu bakar ketika akan memasak. Bahkan untuk kebutuhan air tawar penduduk di kawasan wisata ini harus “mengimpornya” dari Pulau Lombok.

Kekurangan ini justru dapat menjadi sebuah kelebihan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mendambakan sebuah tempat wisata yang tenang, sunyi dan nyaman.

Berkunjung ke Gili Meno seperti mengunjungi sebuah pulau pribadi. Suasana di tepi pantainya sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat bersantai.

Hamparan pasir putih dan beningnya air terlihat lebih indah dan mampu menghidupkan suasana liburan. Sepertinya pulau ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berbulan madu.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke sana tidak hanya menghabiskan waktu dengan bersantai di atas pasir pantai yang lembut dan bermain air di tepi pantai, tetapi juga terdapat beberapa aktivitas lainnya, antara lain:

  1. Berjalan kaki mengelilingi pulau yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.
  2. Menyewa cidomo (delman) untuk menemani wisatawan berjalan-jalan mengelilingi pulau.
  3. Bersantai di danau asin yang terletak di bagian barat pulau.
  4. Mengunjungi penangkaran penyu.
  5. Mengunjungi Bird park atau taman burung yang dikelola oleh pengusaha dari Australia dan tinggal di Bali. Di taman burung ini terdapat ratusan burung seperti beo, elang, pelikan, dan lain-lain. Biaya untuk masuk ke taman ini adalah sebesar Rp 50.000/orang.
  6. Menyalurkan hobi snorkeling dan diving di perairan sekitar Gili Meno yang menyimpan aneka biota laut yang indah.

gili-meno-bird-park

Penginapan

Terdapat beberapa penginapan di Gili Meno. Penginapan tersebut antara lain The Reef Gilimeno (bintang 4) dan Gili Meno Bird Park Resort (bintang 3).

Saran

  1. Wisatawan sebaiknya membawa uang tunai secukupnya karena di Gili Meno belum tersedia fasilitas ATM.
  2. Walaupun di Gili Meno terdapat restoran atau kafe yang menyajikan menu seafood dan lain-lain, namun di pulau ini tidak tersedia mini market. Oleh karena itu, sebaiknya wisatawan membawa makanan dan minuman ringan sebelum berkunjung ke tempat wisata ini.
  3. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock selama berada di areal pantai.

Gili Air

gili-meno-dan-gili-airGili Air adalah sebuah pulau kecil yang paling dekat dengan Pulau Lombok. Tempat wisata ini tidak begitu ramai namun juga tidak sepi.

Penduduk lokal di gili ini lebih banyak daripada Gili Trawangan dan Gili Meno.

Secara umum panorama alam di Gili Air tidak jauh berbeda dengan kedua gili lainnya. Perbedaan diantara ketiga gili ini hanyalah suasana dan keramaian pada tempat wisatanya.

Aktivitas yang dapat wisatawan lakukan di pulau ini adalah bersantai di pinggir pantai yang dihiasi dengan hamparan pasir putih yang bersih, bermain air di tepi pantai, menikmati keindahan sunrise dan sunset, dan menyaksikan keindahan alam bawah lautnya yang menawan.

Fasilitas Gili Air

Fasilitas umum di tempat wisata ini lebih lengkap jika dibandingkan dengan Gili Meno.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  1. Tersedia beberapa penginapan dengan variasi standar kelas dan harga. Salah satu penginapan tersebut adalah Gilinta Villa Hotel.
  2. Terdapat restoran dan kafe yang telah menyajikan aneka hidangan lezat dan menggugah selera serta beberapa hiburan yang menarik.
  3. Tersedia tempat untuk beribadah, dan lain-lain.

Transportasi Menuju Ke Gili Meno dan Gili Air

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Gili Meno dan Gili Air, jalur untuk menuju ke tempat wisata tersebut sama dengan jika wisatawan akan berkunjung ke Gili Trawangan.

Dengan menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Bangsal, perjalanan laut ini dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 20 menit.

Harga tiket perahu motor untuk menuju ke Gili Meno adalah sebesar Rp 12.000, sedangkan jika wisatawan ingin berkunjung ke Gili Air harga tiket tersebut adalah Rp 10.000.

Wisatawan dapat menggunakan taksi (Bluebird : +62 370 62 7000, Express : +62 370 63 5968, dan Lendang Karun : +62 370 64 4444) atau menyewa mobil dari kawasan wisata Senggigi menuju ke Pelabuhan Bangsal.

Perjalanan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit.

Saran

  1. Perjalanan panjang dari obyek wisata Senggigi atau dari Bandara Internasional Lombok menuju ke Gili Meno dan Gili Air pastinya akan cukup melelahkan.

Oleh karena itu, wisatawan sebaiknya membawa makanan dan minuman ringan secukupnya dan jangan lupa untuk membawa obat-obatan seperti obat sakit kepala, anti mabok, maag, dan sebagainya.

  1. Di kabupaten Lombok Barat terdapat sebuah taman yang telah berumur ratusan tahun. Taman tersebut dikenal dengan nama Taman Narmada. Dengan jarak hanya 10 km dari Kota Mataram, taman yang indah ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

Di dalamnya terdapat sebuah kolam dimana siapapun yang berenang di sana maka akan membuat seseorang menjadi awet muda. Air kolam tersebut berasal dari sumber mata air alami.

Pulau Lombok memiliki beberapa tempat wisata yang menarik. Salah satu obyek wisata tersebut adalah Gili Meno dan Gili Air. Berlibur ke salah satu gili tersebut atau keduanya akan memberikan sebuah warna liburan yang indah.

Please Share :

Related Post


11 Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi
11 Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Pulau Lombok memiliki beberapa obyek wisata alam yang menawan dan…

Pantai Sire Lombok – Pesona Pantai di Kabupaten Lombok Utara
Pantai Sire Lombok – Pesona Pantai di Kabupaten Lombok Utara

Kabupaten Lombok Utara memiliki obyek wisata pantai yang indah dan…

Pantai Kerandangan Lombok Dan Pantai Mangsit
Pantai Kerandangan Lombok Dan Pantai Mangsit

Pantai Kerandangan Lombok tidak kalah cantiknya dengan Pantai Senggigi. Kedua…

11 Pantai Indah Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi
11 Pantai Indah Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Berwisata ke Pulau Lombok sungguh sangat menyenangkan. Pulau yang berada…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *