Home  /  Wisata Lombok  / Bersantai di Gili Nanggu – Suasana Liburan Yang Menyenangkan

Bersantai di Gili Nanggu – Suasana Liburan Yang Menyenangkan


Bersantai di Gili Nanggu – Suasana Liburan Yang Menyenangkan

Bersantai di Gili Nanggu akan membuat suasana liburan ke Pulau Lombok menjadi lebih menyenangkan. Pulau kecil yang masih berada di dalam wilayah Kec. Sekotong ini memiliki panorama alam yang menawan dengan suasana yang tidak begitu ramai.

Pasir putihnya terasa lembut di kaki dan airnya jernih berwarna biru kehijauan serta ombaknya relatif kecil. Hijau pepohonan juga tumbuh dengan subur di pulau yang masih minim fasilitasnya.

bersantai-di-gili-nangguDengan menyewa perahu motor wisatawan dapat sekaligus berkunjung ke Gili Nanggu dan beberapa gili lain di sekitar pulau ini yang tidak kalah cantiknya.

Gili tersebut dikenal dengan nama Gili Kedis, Gili Tangkong dan Gili Sudak.

Gili yang terkecil adalah Gili Kedis. Ketika wisatawan berada di gili ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk mengelilingi pulau tersebut.

Gili Sudak bersebelahan dengan Gili Kedis. Di sekitar perairan pulau terlihat warna oranye yang berasal dari bintang laut dan juga dapat ditemui beberapa bulu babi. Keindahan pulau ini tidak kalah jika dibandingkan dengan Gili Nanggu. Bahkan ada sebagian wisatawan yang berpendapat bahwa Gili Sudak lebih indah daripada Gili Nanggu.

Sebelum menepi ke Gili Nanggu sebaiknya wisatawan juga berkunjung ke Gili Tangkong. Pulau dengan luas sekitar 28 hektar ini berada di sebelahnya. Pesona pasir putih dan beningnya air yang mengelilingi Pulau Tangkong dapat memikat hati para wisatawan.

Setelah puas bersantai di Gili Tangkong wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Gili Nanggu. Dengan hanya membayar sebesar Rp 5000/orang, wisatawan bisa menikmati suasana bersantai di Gili Nanggu.

gili-nanggu

Pulau yang menawan ini telah memiliki beberapa fasilitas umum yang tidak dapat ditemukan di 3 pulau kecil lainnya. Walaupun fasilitas tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan Gili Trawangan.

Wisatawan tidak akan bisa menahan diri dengan hanya duduk santai di pasir putihnya yang lembut. Jernihnya air di perairan pantai gili ini mampu untuk mengundang wisatawan agar segera bermain air.

Fasilitas persewaan peralatan untuk diving dan snorkeling juga tersedia di tempat wisata ini. Apabila wisatawan tidak bisa berenang, dengan menggunakan jaket keselamatan dan peralatan snorkeling, keindahan biota laut di perairan Gili Nanggu dengan kedalaman sekitar 2 meter masih bisa untuk disaksikan secara aman dan nyaman.

biota-gili-nangguSelain menyaksikan aneka terumbu karang yang cantik, wisatawan juga bisa mencoba untuk memberi makan ikan.

Dengan menggunakan sebuah botol yang berisi roti, ikan-ikan hias di perairannya tampak begitu bergembira menikmati makanan tersebut.

Setelah puas dengan kegiatan ini, wisatawan masih bisa mencoba beberapa aktivitas lainnya seperti melihat penangkaran penyu dan pelestarian terumbu karang, mencoba untuk bermain kano, dan jalan santai mengelilingi pulau sembari berfoto-foto.

Bersantai di Gili Nanggu rasanya tidak cukup jika hanya 1 hari. Di kawasan wisata ini telah tersedia penginapan dengan tarif inap per malamnya sekitar Rp 500.000. Dengan menginap di hotel tersebut, wisatawan memiliki kesempatan untuk menyaksikan keindahan pesona matahari terbit dan tenggelam.

Ketika malam menjelang, kesunyian dan keheningan malam di kawasan wisata ini akan menciptakan sebuah nuansa yang romantis. Tidak terdengar suara motor dan mobil, tidak ada sepeda yang lalu lalang, bahkan suara televisipun tidak akan terdengar. Suasana malam di gili ini benar-benar alami dan sangat minim dengan fasilitas modern.

Transportasi Menuju ke Gili Nanggu

Gili Nanggu masih termasuk di dalam wilayah Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, jika wisatawan berangkat dari Kota Mataram penyebrangan bisa dilakukan dari Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Tawun/Batu Kijuk yang berada di kawasan Sekotong.

Tarif sewa perahu motor dari Pelabuhan Lembar sekitar Rp 350.000 (PP) dan membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk tiba di lokasi wisata Gili Nanggu.

Sedangkan jika wisatawan menyewa perahu motor dari Pelabuhan Tawun, perjalanan air menuju ke Pulau Nanggu dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit dengan biaya sekitar Rp 250.000 (PP).

Apabila wisatawan ingin mengunjungi 3 buah gili yang berdekatan dengan Gili Nanggu, maka harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 100.000 untuk menyewa perahu tersebut.

Dari Kota Mataram menuju ke Pelabuhan Lembar bisa dilalui dengan menggunakan angkutan umum (bus) dari Terminal Mandalika. Jarak antara kedua tempat tersebut sekitar 27 km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 50 menit.

Jika ingin menuju ke Pelabuhan Tawun, wisatawan bisa menyewa mobil dari Pelabuhan Lembar. Perjalanan ini akan menempuh jarak sekitar 20 km dan dalam waktu kurang lebih 35 menit wisatawan telah sampai di Pelabuhan Tawun.

Selain itu, wisatawan juga bisa memanfaatkan jasa agen wisata. Dengan menggunakan jasa mereka, suasana liburan menuju ke Gili Nanggu akan terasa lebih nyaman dan santai. Mereka telah mempersiapkan seorang sopir yang berpengalaman dan juga bersedia untuk memberikan seorang pemandu wisata.

Fasilitas Gili Nanggu

Walaupun fasilitas umum pada obyek wisata ini tidak selengkap di Gili Trawangan, namun telah tersedia beberapa fasilitas umum yang akan memberikan kepuasan kepada para wisatawan yang ingin bersantai di Gili Nanggu.

Fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Penginapan dengan harga yang terjangkau.
  2. Restoran yang menawarkan aneka menu seafood yang lezat.
  3. Persewaan peralatan snorkeling dan diving.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang ingin menyewa mobil, sebaiknya menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan yang lain agar mendapatkan harga yang lebih murah.
  2. Untuk melindungi kulit dari teriknya sinar matahari, jangan lupa untuk memakai sunblock.
  3. Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana liburan yang lebih ramai dan memiliki fasilitas umum yang lengkap, wisatawan bisa berkunjung ke Gili Trawangan.

Pulau kecil ini telah terkenal hingga ke mancanegara sebagai sebuah tempat wisata yang menawarkan pesona alam nan menawan dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat memberikan kepuasan kepada setiap wisatawan.

Bersantai di Gili Nanggu bersama dengan teman atau keluarga, sebaiknya tidak dilewatkan bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Pulau Lombok. Pulau kecil yang indah dan masih alami ini sangat tepat untuk dikunjungi bagi mereka yang mendambakan sebuah liburan yang lebih tenang dan nyaman.

Please Share :

Related Post


Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi
Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi

Meskipun ada beberapa wisatawan yang telah mendengar tentang keindahan Pantai…

Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang
Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang

Satu lagi pantai indah di selatan Pulau Lombok yang menyajikan…

Pantai Kerandangan Lombok Dan Pantai Mangsit
Pantai Kerandangan Lombok Dan Pantai Mangsit

Pantai Kerandangan Lombok tidak kalah cantiknya dengan Pantai Senggigi. Kedua…

Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M
Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M

Setelah wisatawan berlibur ke beberapa pantai yang indah, berkunjung ke…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *