Home  /  Wisata Lombok  / Keindahan Gili Trawangan – Pesona Kecantikan Dari Sebuah Pulau Kecil

Keindahan Gili Trawangan – Pesona Kecantikan Dari Sebuah Pulau Kecil


Keindahan Gili Trawangan – Pesona Kecantikan Dari Sebuah Pulau Kecil

Di bagian barat laut Pulau Lombok terdapat 3 rangkaian gili (pulau kecil) yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun juga sangat menyukai berlibur ke pulau-pulau kecil ini.

Gili yang terbesar adalah Gili Trawangan. Oleh karenanya, Gili Trawangan lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan dibandingkan Gili Meno dan Gili Air.

keindahan-gili-trawanganWalaupun Pulau Trawangan hanya memiliki panjang sekitar 3 km dan lebar kurang lebih 2 km, namun fasilitas penunjang pariwisata di tempat wisata ini begitu lengkap.

Telah berdiri penginapan-penginapan dengan variasi standar harga dan kelas, beberapa restoran yang menyajikan aneka menu khas Lombok dan Internasional, serta kafe-kafe yang sering mengadakan acara beach party secara bergantian.

Selain itu juga terdapat berbagai toko yang menjual makanan dan minuman ringan, beberapa agen wisata yang menawarkan wisata bahari seperti diving dan snorkeling, dan lain-lain.

Bagi wisatawan domestik, berada di tempat wisata ini seperti sedang berlibur ke luar negeri. Jumlah wisatawan luar negeri di pulau ini lebih banyak daripada wisatawan dalam negeri. Bahkan penduduk setempat lebih terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dibandingkan Bahasa Indonesia.

Keindahan Gili Trawangan tidak hanya karena panorama alam pantainya yang menawan. Hamparan pasir putih yang lembut, jernihnya air yang berwarna biru kehijauan serta hembusan ramah angin pantai membuat wisatawan senang untuk berlama-lama bersantai di tepi pantai.

snorkeling-di-gili-trawangan

Tak hanya itu saja, keindahan Pulau Trawangan semakin terasa istimewa dengan keberadaan pesona bawah lautnya yang masih alami. Aneka terumbu karang dan ikan hias yang beraneka warna sangat memikat untuk segera diselami.

Telah tersedia beberapa tempat yang menyediakan jasa untuk olahraga air seperti diving, snorkeling, jet ski, dan banana boat. Tarif sewa jet ski adalah sekitar US$ 30/orang selama 15 menit, dan jika ingin bermain banana boat akan dikenakan biaya US$ 15/orang selama 15 menit.

Jika wisatawan ingin mengelilingi perairan di kawasan wisata ini sembari menuju ke beberapa tempat yang menarik untuk snorkeling, biaya sewa perahu motor + peralatan snorkeling dan jasa pemotretan dari dalam air adalah sekitar Rp 200.000/orang.

Dengan biaya tersebut wisatawan bisa menikmati wisata bahari di perairan Gili Trawangan dan sekitarnya selama kurang lebih 3 jam.

catur-raksasa-gili-trawanganSelain itu, keindahan Gili ini akan semakin lengkap karena udaranya yang bersih dan segar. Hal ini disebabkan karena pada obyek wisata ini tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor.

Alat transportasi di Gili Trawangan adalah cidomo (delman) dan sepeda. Oleh karenanya wisatawan dapat dengan mudah menemukan cidomo dan beberapa tempat rental sepeda.

Harga sewa sepeda hanya Rp 15.000/jam atau Rp 50.000/hari.

Namun ada beberapa losmen di tempat wisata ini yang memberikan fasilitas gratis untuk memakai sepeda bagi para tamunya.

Bersantai, berenang, bersepeda, berjalan kaki, diving, snorkeling, jet ski, banana boat, menyaksikan permainan catur raksasa, dan menikmati aneka kuliner serta hiburan di pulau ini adalah beberapa aktivitas yang sering dilakukan oleh wisatawan selama berwisata ke Gili Trawangan.

transportasi-gili-trawangan

Liburan ini akan semakin lengkap karena keindahan Gili Trawangan terlihat begitu mempesona pada saat pagi dan sore hari. Panorama sunset dan sunrise bisa wisatawan saksikan di pulau ini.

sunset-gili-trawangan

 

Transportasi Menuju Ke Gili Trawangan

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Gili Trawangan, perjalanan laut untuk menuju ke pulau tersebut dapat dilakukan dari Pelabuhan Bangsal.

Untuk menuju ke Pelabuhan Bangsal wisatawan bisa menggunakan taksi (Bluebird : +62 370 62 7000, Express : +62 370 63 5968, dan Lendang Karun : +62 370 64 4444) atau menyewa mobil.

Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit jika wisatawan berangkat dari kawasan wisata Senggigi.

Setelah sampai di Pelabuhan Bangsal, telah tersedia perahu motor yang akan mengantarkan wisatawan ke Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Tarif perjalanan laut untuk mengunjungi ketiga gili tersebut berbeda-beda.

Harga tiket ke Gili Trawangan adalah Rp 13.000, Gili Meno sebesar Rp 12.000, dan Gili Air hanya Rp 10.000. Perjalanan yang menyenangkan ini akan menempuh waktu sekitar 30 menit.

Fasilitas Gili Trawangan

Obyek wisata ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum yang dapat memberikan kepuasan kepada para wisatawan.

Fasilitas tersebut antara lain :

  1. Beberapa penginapan dengan variasi standar kelas.
  2. Restoran dan kafe yang menawarkan aneka hidangan khas Lombok dan Internasional yang lezat.
  3. Jasa sewa sepeda dan cidomo.
  4. Beberapa agen wisata bahari yang akan membawa wisatawan menuju ke beberapa tempat yang menarik untuk aktivitas diving dan snorkeling.
  5. Pasar seni yang menjual aneka cinderamata khas Lombok.
  6. Toko makanan dan minuman ringan (mini market), SPA, dan lain-lain.

Penginapan di Gili Trawangan

Bagi wisatawan yang ingin menginap, telah tersedia beberapa penginapan mulai dari losmen hingga hotel.

Penginapan tersebut diantaranya :

  1. Villa Almarik Resort & Spa
  2. Aston Sunset Beach Resort
  3. Hotel Villa Ombak
  4. Hotel Ombak Sunset
  5. Les Villas Ottalia

Saran

  1. Jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya.
  2. Tidak semua makanan di Gili Trawangan menawarkan harga yang mahal. Di tempat wisata ini, wisatawan bisa menelusuri beberapa gang untuk menemukan aneka warung lokal yang menawarkan hidangan khas Lombok (Indonesia) dengan harga antara Rp 12.000-20.000.

Ketika malam hari terdapat pasar malam yang berlokasi di depan pasar seni. Di pasar tersebut wisatawan tidak hanya berjumpa dengan hidangan-hidangan Internasional, namun juga terdapat makanan lokal dengan harga yang murah seperti nasi goreng, nasi campur, seafood, dan lain-lain.

Keindahan Gili Trawangan telah terkenal hingga ke mancanegara. Berkunjung ke  tempat wisata ini akan membuat rangkaian perjalanan liburan wisatawan di Pulau Lombok menjadi semakin menyenangkan.

Please Share :

Related Post


Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel
Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel

Di wilayah Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, terdapat dua buah…

Gili Meno dan Gili Air – Pulau Kecil Yang Menawan
Gili Meno dan Gili Air – Pulau Kecil Yang Menawan

Berlibur ke Gili Trawangan memang sangat menyenangkan. Pulau kecil nan…

Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung
Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung

Setiap pantai pastinya mempunyai ciri khas masing-masing sebagai pembeda dengan…

Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok – Alternatif Liburan di Pulau Lombok
Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok – Alternatif Liburan di Pulau Lombok

Pantai Kuta? Sebagian orang akan langsung teringat dengan keindahan Pantai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *