Home  /  Wisata Jawa  / Melancong ke Gunung Nglanggeran

Melancong ke Gunung Nglanggeran


Melancong ke Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran lebih dikenal dengan Gunung Api Purba. Lokasinya di Baturagung, Patuk, Gunungkidul yang berjarak ± 20 km dari Yogyakarta. Bagi yang suka berpetualang, obyek wisata ini bisa jadi alternatif menarik.

Wisatawan bisa menikmati ragam panorama alam dari puncak hingga sejumlah atraksi seperti panjat tebing. Di tempat wisata ini, Anda juga dapat menyaksikan indahnya panorama matahari tenggelam, matahari terbit, ribuan bintang dan indahnya bulan.

Mendaki Gunung Nglanggeran jangan dibayangkan seperti mendaki gunung pada umumnya. Hal ini karena lokasinya yang tidak terlalu seram dan lebih terkesan seperti bukit-bukit batu besar.

melancong-ke-gunung-nglanggeran

Fasilitas

Jalan atau jalur pendakian sangat jelas dan memudahkan wisatawan. Selain itu, juga terdapat tempat pemberhentian yang dibangun seperti pondok kecil untuk istirahat dan nongkrong.

Tidak hanya itu, di tempat wisata ini juga tersedia fasilitas homestay, tempat ibadah, kuliner, MCK, camping ground, posko kesehatan dan pusat informasi.

Tiket Masuk

Wisatawan yang datang akan dikenakan tarif untuk parkir kendaraan dan juga tiket masuk. Harga tiket sekitar Rp 15.000/orang untuk kunjungan di siang hari dan Rp 20.000/orang untuk kunjungan pada malam hari.

Bagi wisatawan mancanegara, harga tiketnya adalah sebesar Rp 30.000/orang baik kunjungan siang ataupun malam. (harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan).

Pengelola juga menawarkan paket wisata untuk para pengunjung.

Baca : Wisata Kaliurang

Transportasi

Sepeda motor dan mobil ukuran sedang adalah transportasi paling nyaman untuk digunakan. Ada tiga rute pilihan yang bisa ditempuh diantaranya :

  1. Dari Prambanan berjarak sekitar 20 km, melewati rute pasar – Piyungan – Bukit Patuk – Radio GCD FM – belok kiri ke arah Desa Ngoro-oro – lalu Nglanggeran.
  1. Dari Wonosari jarak tempuh sekitar 20 km – lewat Bunderan Sambipitu – ambil arah kanan ke Dusun Bobung – pusat kerajinan topeng – kemudian Desa Nglanggeran.
  1. Dari Utara juga berjarak sekitar 20 km lewat pertigaan Bendogantungan ke Selatan – lewat RS Jiwa Koloni Soedjarwadi – Tugu Wedi – Pesu – Mawen – Teluk – Jogoprayan – Tumpang – Sampang – lalu jalan menanjak ke Baturagung.
Please Share :

Related Post


Ragam Wisata Menarik Ala Kaliurang Yogyakarta
Ragam Wisata Menarik Ala Kaliurang Yogyakarta

Ketika berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk berkunjung ke lokasi…

Plesiran ke Tugu Yogya – Tugu Bersejarah di Kota Yogya
Plesiran ke Tugu Yogya – Tugu Bersejarah di Kota Yogya

Tugu Yogya adalah monumen kota yang paling terkenal di Yogyakarta.…

4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan
4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan

Yogyakarta tidak hanya memiliki sebuah candi yang telah terkenal hingga…

Semanggi Surabaya Salah Satu Kuliner Khas Surabaya
Semanggi Surabaya Salah Satu Kuliner Khas Surabaya

Liburan ke Surabaya bersama dengan keluarga atau kerabat akan menjadi…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *