Home  /  Wisata Lombok  / Mendaki Gunung Rinjani Lombok – Gunung Tertinggi Kedua di Indonesia

Mendaki Gunung Rinjani Lombok – Gunung Tertinggi Kedua di Indonesia


Mendaki Gunung Rinjani Lombok – Gunung Tertinggi Kedua di Indonesia

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia yang berlokasi di Pulau Lombok. Gunung api ini mencapai ketinggian 3.726 mdpl dan merupakan bagian dari cincin api.

Untuk mendaki Gunung Rinjani, para pendaki harus benar-benar memperhatikan kondisi fisik dan disertai dengan niat yang baik. Selain itu, sebelum melakukan pendakian terdapat beberapa tahap yang harus dilewati.

mendaki-gunung-rinjani

Tahapan tersebut meliputi :

1. Pengajuan Izin Pendakian

Setiap calon pendaki harus mendapatkan izin terlebih dahulu agar tertib administrasi dan memudahkan pengontrolan serta pemonitoran pengunjung Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Reservasi dilakukan di kantor Balai TNGR yang berlokasi di Jln. Arya Banjar Getas Lingkar Selatan, Mataram.

Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan reservasi di pintu masuk Senaru yang berlokasi di Desa Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara atau di pintu masuk Sembalun yang berada di Desa Sembalun Bumbung, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur.

Selain datang langsung ke kantor Balai TNGR/pintu masuk Senaru/pintu masuk Sembalun, pengurusan perizinan ini juga dapat dilakukan melalui telepon atau faksimili di nomor 0370-641155 dan bisa juga melalui email : tn.rinjani@gmail.com.

2. Mengurus Surat Izin Pendakian

Setiap calon pendaki harus mengurus surat izin pendakian ke Gunung Rinjani (SIMAKSI (Surat Masuk Kawasan Konservasi)).

Adapun syarat untuk mendapatkan SIMAKSI adalah setiap pengunjung harus mengisi buku tamu dengan memberikan keterangan secara jelas dan benar.

Setiap calon pendaki yang berusia di bawah 17 tahun harus didampingi oleh keluarga atau saudara, disarankan untuk menggunakan jasa pemandu setempat yang telah disertifikasi oleh Balai TNGR dan pengunjung berangkat dalam satu kelompok (baik itu teman ataupun baru dikenal).

3. Membayar Tiket Masuk

Setiap calon pendaki wajib untuk membayar tiket masuk sesuai dengan tarif yang ditentukan.

Mendaki Gunung Rinjani

gunung-rinjani-lombokUmumnya para pengunjung akan mengambil paket pendakian selama 4 hingga 5 hari. Para calon pendaki bebas untuk memilih awal pendakian yaitu melalui pintu masuk Senaru atau pintu masuk Sembalun.

Selama perjalanan para pendaki akan berjumpa dengan beberapa pos peristirahatan.

Jika pendakian dilakukan dari Desa Sembalun, pesona alam yang pertama kali akan dijumpai adalah padang rumput yang indah. Kondisi di tempat ini terasa panas seperti sedang berada di tepi pantai.

Perjalanan dilanjutkan hingga tiba di pos peristirahatan 3. Umumnya para pendaki akan beristirahat di tempat ini. Hari berikutnya pendakian akan dimulai melalui Bukit Penyiksaan.

Bukit terjal ini akan memberikan tantangan kepada para pendaki. Jika Anda tidak ingin melewati Bukit Penyiksaan, terdapat rute alternatif yaitu Bukit Penyesalan. Dengan melalui rute ini perjalanan yang akan dilalui tidak begitu terjal namun jarak tempuhnya lebih panjang.

wisata-ke-gunung-rinjani

Sebelum menuju ke puncak Gunung Rinjani, sebaiknya Anda beristirahat di pos terakhir Plawangan Sembalun yang berada pada ketinggian 2.700 mdpl.

Perjalanan terakhir ke puncak Gunung Rinjani akan melalui jalanan berpasir dan terjal.

Ketika Anda sampai di puncak gunung, panorama alam di tempat tersebut begitu menawan dan dapat menghilangkan rasa lelah setelah pendakian.

Pada saat perjalanan pulang, biasanya para pendaki akan singgah ke Danau Segara Anak yang berada pada ketinggian 1700 mdpl. Birunya air di danau ini seperti sebuah lautan yang berada di lereng gunung. Perjalanan pulang ini akan berakhir di Desa Senaru.

Saran

  1. Jangan terlalu berlebihan membawa barang bawaan karena akan menjadi beban selama di perjalanan.
  2. Jangan lupa untuk membawa kamera.
  3. Untuk menjaga tubuh agar tetap hangat, persiapkan jaket atau pakaian hangat. Selain itu, setiap pendaki sebaiknya menggunakan sepatu khusus untuk mendaki gunung.
  4. Terdapat peraturan dimana tidak boleh membuat api dengan menggunakan kayu. Oleh karena itu, persiapkan parafin, kompor minyak atau gas untuk memasak.
  5. Sediakan kantong khusus untuk tempat sampah. Setiap pendaki wajib menjaga kelestarian lingkungan di areal wisata Gunung Rinjani.
  6. Apabila Anda ingin camping, aktivitas ini hanya dapat dilakukan pada area yang telah ditentukan yaitu di Danau Segara Anak, Pos Peristirahatan, dan Plawangan.
  7. Pendakian ke Gunung Rinjani akan lebih aman dan nyaman jika Anda menggunakan jasa pemandu setempat. Mereka tentunya telah mengenal medan yang akan dilalui untuk menuju ke puncak Gunung Rinjani.
  8. Sebaiknya tidak melakukan pendakian pada saat musim hujan.
Please Share :

Related Post


Kehidupan Masyarakat Desa Sade – Desa Tradisional Suku Sasak
Kehidupan Masyarakat Desa Sade – Desa Tradisional Suku Sasak

Berlibur ke Pulau Lombok bersama dengan keluarga atau teman akan…

Air Terjun Benang Stokel – Obyek Wisata Lombok Tengah
Air Terjun Benang Stokel – Obyek Wisata Lombok Tengah

Berlokasi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, obyek wisata air terjun…

Air Terjun Tiu Kelep – Wisata Lombok yang Menawan
Air Terjun Tiu Kelep – Wisata Lombok yang Menawan

Setelah puas bermain air dan menikmati suasana di kawasan wisata…

Oleh-oleh Khas Lombok – Cinderamata Menarik dari NTB
Oleh-oleh Khas Lombok – Cinderamata Menarik dari NTB

Pulang liburan tanpa membawa oleh-oleh, rasanya seperti semangkuk sayur yang…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *