Home  /  Wisata Lombok  / Hutan Lindung Sesaot di Lombok – Wisata Alam Yang Menyenangkan

Hutan Lindung Sesaot di Lombok – Wisata Alam Yang Menyenangkan


Hutan Lindung Sesaot di Lombok – Wisata Alam Yang Menyenangkan

Hutan Lindung Sesaot merupakan sebuah kawasan hutan yang masih alami dan begitu asri. Lokasi hutan berada di wilayah Desa Sesaot dengan mayoritas penduduknya adalah Suku Sasak. Hutan Lindung ini memiliki luas sekitar 5 ribu hektar, dimana 43 % dari wilayahnya adalah hutan buatan dan 57 % merupakan hutan alami.

Hutan yang terbagi menjadi hutan lindung dan hutan wisata ini menawarkan panorama alam yang menawan, udaranya sejuk serta menyegarkan. Luas hutan lindung tersebut adalah sekitar 5.935 hektar, sedangkan hutan wisata memiliki luas kurang lebih 64,2 hektar.

pesona-hutan-lindung-sesaot

Tempat wisata ini sangat tepat untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang mendambakan sebuah obyek wisata alam yang sunyi, tenang, dan nyaman. Hutan Lindung Sesaot adalah salah satu wisata alam yang menyenangkan di Pulau Lombok.

Di dalam kawasan hutan terdapat lebih dari 40 sumber mata air yang mengalir ke beberapa sungai di Kota Mataram dan wilayah Lombok Barat. Sungai-sungai tersebut antara lain Sungai Sesaot, Sungai Tembiras, Sungai Lenek, Sungai Pemoto, Sungai Jangkuk, dan Sungai Selepang.

Sungai Aiq Nyet mengalir di tengah Hutan Lindung Sesaot. Airnya begitu jernih dan cukup dingin. Tampak beberapa batu kali yang cukup besar menghiasi aliran sungai tersebut.

Sayang sekali jika sampai melewatkan kesempatan untuk merasakan sendiri kesegaran air di Sungai Aiq Nyet. Berendam atau berenang di sungai ini akan memberikan sebuah relaksasi yang sempurna. Semua beban pikiran akan hilang berganti dengan nuansa indah yang nyaman dan damai.

hutan-lindung-sesaotSungai Aiq Nyet tidak pernah kering walaupun sedang musim kemarau. Sungai ini merupakan salah satu sungai suci di Pulau Lombok karena airnya mengalir langsung dari Gunung Rinjani.

Bahkan ada sebagian pendapat yang mengatakan bahwa air di sungai Aiq Nyet dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Hutan Sesaot terbagi menjadi 3 wilayah yaitu hutan primer, hutan sekunder, dan perkebunan kayu mahoni serta agroforestri (budidaya tanaman hutan dan tanaman pertanian). Kehadiran dari tanaman-tanaman tersebut mampu untuk menghilangkan polusi udara di sekitarnya dan mencegah terjadinya erosi.

Selain berenang, beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Hutan Lindung ini adalah mendirikan kemah, outbound, berjalan mengelilingi hutan, dan berwisata kuliner.

Beberapa tenda lesehan telah berdiri di kawasan wisata ini. Para pedagang makanan tersebut telah menyediakan aneka makanan khas Lombok seperti ayam taliwang, sate bulayak, tumis kangkung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Transportasi Menuju Ke Hutan Lindung Sesaot

Hutan Lindung Sesaot berlokasi di Desa Sesaot, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat. Wisatawan bisa menyewa mobil atau motor untuk menuju ke lokasi wisata ini.

Tarif sewa mobil di Pulau Lombok, termasuk bahan bakar dan jasa sopir adalah Rp 600.000/10 jam. Sedangkan biaya sewa motor kurang lebih Rp 50 ribu per hari.

Beberapa agen wisata atau agen perjalanan juga tersedia di Pulau Lombok. Mereka menawarkan beberapa paket wisata dengan harga yang menarik.

Dengan memakai jasa agen wisata, selain berkunjung ke Hutan Sesaot wisatawan dapat berlibur ke beberapa obyek wisata menarik di Pulau Lombok sesuai dengan jadwal kunjungan yang telah disepakati.

Penginapan

Jika wisatawan tidak ingin berkemah di dalam Hutan Lindung Sesaot, biasanya mereka akan mencari penginapan di kawasan Kota Mataram.

Beberapa penginapan tersebut diantaranya :

  1. Graha Ayu
  2. Puri Indah Hotel
  3. Idoop Hotel Lombok
  4. Mataram Square Hotel
  5. Lombok Plaza Hotel and Convention
  6. Hotel Santika Mataram
  7. The Jayakarta Lombok Beach Resort

Saran

  1. Bagi wisatawan yang ingin berenang, jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk.
  2. Jangan lupa memakai baju hangat atau jaket agar tidak merasa kedinginan selama berada di kawasan wisata Hutan Lindung Sesaot.
  3. Bawalah makanan dan minuman ringan secukupnya dan persiapkan kantong kosong sebagai tempat sampah. Jangan membuang sampah sembarangan agar kelestarian hutan tetap terjaga.
  4. Bagi wisatawan yang menyukai obyek wisata religi atau sejarah, di Kabupaten Lombok Barat tepatnya di Desa Karang Bayan terdapat sebuah Masjid yang telah dibangun sejak abad 17 M.

Masjid tersebut dikenal dengan nama Masjid Kuno Karang Bayan. Jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Masjid tersebut.

Please Share :

Related Post


Pesona Tanjung Perak Dan Tanjung Cina Lombok – Bersantai di Tepi Tanjung
Pesona Tanjung Perak Dan Tanjung Cina Lombok – Bersantai di Tepi Tanjung

Obyek wisata Tanjung Perak dan Tanjung Cina Lombok mempunyai nama…

Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung
Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung

Lokasi Pantai Batu Payung berada tidak jauh dari Pantai Tanjung…

Air Terjun Benang Stokel – Obyek Wisata Lombok Tengah
Air Terjun Benang Stokel – Obyek Wisata Lombok Tengah

Berlokasi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, obyek wisata air terjun…

Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang
Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang

Satu lagi pantai indah di selatan Pulau Lombok yang menyajikan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *