Home  /  Wisata Jawa  / Keindahan Alam di Hutan Pinus Mangunan

Keindahan Alam di Hutan Pinus Mangunan


Keindahan Alam di Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan atau juga dikenal dengan Hutan Pinus Imogiri adalah lokasi menarik yang bisa dijadikan salah satu obyek wisata alam di Yogyakarta. Udara sejuk dan pemandangan epic dari pohon pinus yang menjulang tinggi bisa membantu melepaskan penat sembari bersantai.

Di Yogyakarta, lokasi wisata ini cukup populer, terutama di kalangan kawula muda. Sebagian orang menggambarkan lokasi tersebut layaknya tempat syuting film Twilight yang cukup fenomenal.

hutan pinus mangunanUmumnya mereka yang datang tidak hanya sekedar duduk dan jalan-jalan menikmati pemandangan.

Beragam kegiatan berfoto, mulai dari selfie hingga foto profesional seperti pre-wedding juga kerap dilakukan oleh para wisatawan di sana.

Selain itu, kawasan wisata yang memiliki luas sekitar 500 hektar ini, juga menjadi favorit sejumlah komunitas sepeda untuk menyalurkan hobi dan pengalamannya.

Kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan tidak hanya ditumbuhi oleh tanaman Pinus. Terdapat juga jenis tanaman lainnya seperti pohon Mahoni.

Jika Anda ingin melihat keindahan Yogyakarta dari ketinggian, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Becici. Tempat wisata tersebut berjarak sekitar 3 km dari kawasan Hutan Pinus Mangunan.

puncak becici

Fasilitas

Hutan Pinus merupakan kawasan hutan lindung yang masih alami. Beberapa tahun yang lalu, belum ada pedagang atau aktivitas masyarakat sekitar sehingga pengunjung harus membawa bekal sendiri. Namun saat ini, telah berdiri warung-warung makanan kecil dan juga area parkir di depan spot hutan.

Selain itu, wisatawan juga tidak perlu takut salah arah, karena terdapat papan penunjuk arah untuk menuju ke lokasi. Jika ingin menikmati obyek wisata lain, Anda dapat sekalian berkunjung ke Kebun Buah Mangunan dan Kawasan Puncak yang letaknya berdekatan.

Baca : 4 Candi di Yogyakarta selain Candi Prambanan

Tiket Masuk

Untuk menikmati kesejukan dan keindahan alam di Hutan Pinus, wisatawan tidak dikenakan biaya apapun. Hanya perlu sedikit mengeluarkan uang untuk ongkos parkir kendaraan yang berada di spot depan hutan. Tarifnya sekitar Rp 3000 – Rp 10000.

Baca : 10 Pantai Menawan di Yogyakarta

Transportasi

Tidak ada transportasi umum menuju ke kawasan Hutan Pinus Mangunan. Untuk itu, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Jangan khawatir, karena ada banyak papan penunjuk arah dan jalannya juga sudah beraspal.

Untuk rutenya, dari perempatan Terminal Giwangan ambil arah ke Jalan Imogiri Timur. Ikuti terus jalannya hingga menemukan tanda menuju ke Kebun Buah Mangunan. Setelah ada pertigaan, ambil arah menuju Pathuk dan Hutan Pinus berada di sebelah kanan jalan.

Please Share :

Related Post


Melancong ke Gunung Nglanggeran
Melancong ke Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran lebih dikenal dengan Gunung Api Purba. Lokasinya di…

6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi
6 Obyek Wisata Di Tulungagung Yang Patut Dikunjungi

Tulungagung -  salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…

Malioboro – Jantung Keramaian Kota Yogyakarta
Malioboro – Jantung Keramaian Kota Yogyakarta

Malioboro adalah nama sebuah jalan di Kota Yogyakarta yang paling…

Obyek Wisata Di Madura Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madura
Obyek Wisata Di Madura Yang Patut Dikunjungi – Wisata Madura

Pulau Madura berada di sisi utara Kota Surabaya. Pulau ini…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *