Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / Lezat dan Gurihnya Ikan Wader – Kuliner Khas Surabaya

Lezat dan Gurihnya Ikan Wader – Kuliner Khas Surabaya


Lezat dan Gurihnya Ikan Wader – Kuliner Khas Surabaya

Siapa yang belum tahu Ikan Wader ? Di Indonesia ikan kecil ini menyebar di pulau Sumatera, Bali, Kalimantan dan Jawa. Di Jawa ikan dari suku Cyprinidae ini dikenal dengan nama Wader atau Cakul, di Bengkulu dikenal dengan nama Sepadak, di Sumatera Selatan bernama Seluang. Panjang total  Ikan Wader dapat mencapai 17 cm. Namun, rata-rata panjang dari ikan yang begitu gurih setelah di goreng ini adalah 10 cm.

Di Jawa terdapat 2 jenis Ikan Wader yaitu Wader Pari dan Wader Bintik 2. Namun di Jawa Timur khususnya Surabaya, Ikan Wader yang sering dikonsumsi oleh warga setempat adalah Wader Pari.

Bagaimana cara untuk menangkap Ikan Wader ?

Ikan Wader sangat mudah untuk ditemukan di rawa-rawa maupun sungai yang airnya jernih. Mereka sangat senang hidup secara berkelompok dan banyak makannya. Jika Anda melihat sekumpulan Ikan Wader, cara termudah untuk menangkapnya yaitu menggunakan saringan ikan berukuran cukup besar dan dapat dengan mudah Anda buat sendiri. Akan tetapi, akan lebih menyenangkan jika Anda menangkapnya dengan cara dipancing.

Apabila Anda akan memancing Ikan Wader di sungai, maka tidak perlu menggunakan pelampung (kurang efektif karena pelampung akan terus bergerak terkena arus sungai).

Pada daerah rawa, Ikan Wader senang sekali berada di pinggir rawa yang terdapat aneka tumbuhan air dan umumnya Ikan Wader yang berada di rawa-rawa berukuran lebih besar daripada Ikan Wader yang hidup di sungai.

Sebagai umpan Anda dapat menggunakan lumut sawah yang telah diolah terlebih dahulu dengan air + sedikit garam. Selain itu, Anda juga dapat memakai umpan roti yang telah dicampur dengan daun ketela (tumbuk daun ketela hingga halus, tambahkan roti dan sedikit air).

Lezat dan gurihnya Ikan Wader :: Kuliner Khas Surabaya

Di Surabaya, Ikan Wader adalah salah satu ikan favorit yang sering dikonsumsi oleh warga setempat. Mereka mengolah ikan tersebut dengan cara digoreng. Akan lebih nikmat jika makanan ini dihidangkan dengan racikan sambal tomat khas Surabaya. Sepiring nasi hangat dan segelas teh manis akan menjadi pelengkap bagi mereka yang menyukai salah satu kuliner khas Surabaya ini.

 

Jika wisatawan sedang berlibur ke Surabaya, jangan sampai Anda melepaskan kesempatan untuk menikmati kelezatan dari Ikan Wader. Rekomendasi kami jika Anda ingin menikmati kuliner ini yaitu di Warung Makan Wader Kincir yang berlokasi di Ketintang Selatan. Warung makan ini berada di pinggir jalan raya dan berada dekat dengan rel kereta api seperti halnya Kedai Bakso President di Malang.

Tidak sulit untuk menemukan lokasi tempat makan tersebut. Sebagai sedikit panduan bagi Anda, lokasi Warung Wader Kincir berada sekitar 1 km dari Royal Plaza Surabaya dan sekitar 500 meter dari Kantor SAMSAT Ketintang.

Di Warung Wader Kincir tidak hanya menyediakan menu andalannya yaitu Ikan Wader Goreng  + Sambal Tomat. Di sini juga terdapat beragam menu lainnya yaitu Ikan Bakar, Ayam Bakar, Pepes Ikan, aneka jenis Botok dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk menghilangkan dahaga Anda, terdapat beberapa pilihan minuman segar seperti Sinom, Beras Kencur, Teh manis, dan juga Es Jeruk ataupun Jeruk hangat.

Selain itu, di tempat makan ini Anda bebas mengambil nasi sepuasnya. Mau tambah berapa kalipun harganya tetap sama. Terdapat 3 jenis nasi yaitu Nasi Putih Biasa, Nasi Jagung, dan Nasi Gurih (Uduk). Wah, sungguh nikmat sekali karena setiap pengunjung diperbolehkan untuk mencoba ketiga jenis nasi tersebut hanya dengan sekali bayar yaitu Rp 4000/orang (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

Bagaimana cara untuk membuat kuliner lezat Ikan Wader Goreng ?

Bagi wisatawan yang ingin mencobanya, berikut akan kami berikan tips singkat bagaimana cara untuk membuat Ikan Wader Goreng yang lezat.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan Ikan Wader tersebut, buang isi perutnya namun tidak perlu disisik (dibuang sisiknya)
  2. Persiapkan aneka bumbu halus yang terdiri dari 5 siung bawang putih, 2 cm kunir, 3 sdm ketumbar dan garam secukupnya.

Langkah selanjutnya yaitu setelah ikan dibersihkan, rendam ikan dengan air jeruk nipis selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dan rendam dengan bumbu halus selama paling cepat 10 menit. Setelah itu goreng hingga kering. Tujuannya adalah agar Ikan Wader menjadi garing sehingga dapat dimakan semua bagian dari ikan tersebut.

Agar lebih lezat, Anda siapkan juga Sambal Tomat Terasi yang terdiri dari 1 buah tomat, 2 cabai rawit, 1 cabai merah keriting, 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, dan terasi bakar 1 sdt serta jangan lupa garam dan gula sesuai dengan selera.

Selain Ikan Wader, di Surabaya juga tedapat kuliner khas yang telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Selain rasanya yang enak, kuliner ini juga kaya akan nutrisi dan baik untuk menjaga kesehatan Anda. Makanan khas Kota Pahlawan ini dikenal dengan nama Semanggi. Dalam satu porsinya terdapat Daun Semanggi, Tauge, Kangkung, dan bumbu rahasia yang hmm… enak sekali.

Please Share :

Related Post


Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta
Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Ketika musim liburan tiba, banyak keluarga mulai merencakan perjalanan wisata.…

7 Obyek Wisata Di Situbondo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Situbondo
7 Obyek Wisata Di Situbondo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Situbondo

Situbondo – salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal…

4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan
4 Candi di Yogyakarta Selain Candi Prambanan

Yogyakarta tidak hanya memiliki sebuah candi yang telah terkenal hingga…

8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan
8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan

Terletak di Provinsi Jawa Timur, Kota Pasuruan berada di jalan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *