Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Indahnya Pantai Anoi Itam

Indahnya Pantai Anoi Itam


Indahnya Pantai Anoi Itam

Sebuah pantai yang unik dan memiliki pasir yang berwarna hitam sangat kontras ketika disapu oleh biru kehijauan ombak air laut. Pantai Anoi Itam, sebuah nama yang menarik untuk tempat wisata ini. Adapun arti dari kata Anoi Itam adalah pasir hitam, Anoi berarti pasir dan Itam adalah hitam.

Pasir pantai Anoi Itam memiliki ciri khas seperti pasir vulkanis. Kemungkinan pasir tersebut berasal dari gunung berapi yang masih aktif di Pulau Weh. Beberapa sumber mengatakan pasir pantai Anoi Itam memiliki berat jenis yang berbeda dengan pasir hitam pantai lainnya, yaitu sekitar 3 kali lebih berat. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan Nikel pada pasir tersebut.

Indahnya pantai Anoi Itam membuat pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Wisatawan lokal dan luar negeri sering berkunjung ke pantai ini. Selain menikmati pemandangan alam pantainya yang indah, di dekat pantai juga terdapat benteng peninggalan zaman Jepang.

pantai anoi itam

Bagi wisatawan yang menyukai obyek wisata sejarah, wisatawan dapat mengunjungi benteng tersebut. Pada masa lalu benteng ini berfungsi sebagai tempat pertahanan tentara Jepang.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati sensasi pasir hitam dengan butiran yang relatif besar. Dengan berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki, akan memberikan sebuah sensasi terapi alam yang menyehatkan. Deburan ombak biru diantara tumpukan batu karang membuat suasana menjadi lebih menyenangkan. Tampak bukit hijau di sekitar pantai seakan memberikan kesan teduh dan asri di tempat wisata ini.

Pesona kecantikan dari pantai Anoi Itam juga bisa dinikmati dari atas bukit. Jika wisatawan menuju ke atas bukit, akan terlihat sebuah keindahan dari bentangan Samudra Hindia yang begitu luas, dan tampak betapa kokohnya gunung Seulawah di pulau Weh. Sebuah panorama alam yang akan membuat setiap orang yang melihatnya akan merasa nyaman, damai, dan bahagia.

Pada musim liburan, pantai Anoi Itam menjadi salah satu tujuan bagi para wisatawan. Mereka biasanya berlibur ke tempat wisata ini bersama dengan keluarga atau teman. Bermain air di tepi pantai atau duduk santai di pinggir pantai adalah kegiatan yang biasanya dilakukan oleh para wisatawan. Bersantai atau berlibur di pantai Anoi Itam, dapat mengatasi rasa penat ataupun stres yang secara perlahan mulai menghilang menciptakan suasana yang bahagia.

meriam jepang pantai anoi itam

Indahnya Pantai Anoi Itam – Bagaimana Cara Berkunjung Ke Sana ?

Lokasi pantai Anoi Itam terletak di desa Anoi Itam, kota Sabang, Pulau Weh. Jarak antara pantai ini dan kota Sabang adalah sekitar 13 km. Jika wisatawan berangkat dari kota Sabang, perjalanan ini akan menelusuri jalur timur, melintasi pantai Sumur Tiga, hingga akhirnya sampai di pantai berpasir hitam.

Untuk menuju ke obyek wisata pantai ini, wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Telah tersedia jasa rental mobil atau motor di Pulau Weh dengan harga yang relatif murah. Tentunya harga tersebut tidak terlepas dari jenis mobil ataupun motor yang disewa.

Kondisi jalan yang akan dilewati telah diaspal, sehingga wisatawan akan merasakan kenyamanan selama di perjalanan menuju ke pantai Anoi Itam. Hijau pepohonan yang menghiasi kanan dan kiri jalan serta terlihat sebuah panorama keindahan pantai di kejauhan akan membuat perjalanan ini menjadi sangat menyenangkan dan terasa sejuk di mata.

Penginapan Di Pantai Anoi Itam

Keindahan pantai Anoi Itam membuat wisatawan betah untuk berlama-lama menikmati kecantikan alamnya. Tidak sedikit dari mereka yang lupa waktu dikarenakan suasana pantainya yang menawan.

Jika wisatawan masih kerasan dan ingin terus menikmati indahnya pantai Anoi Itam, jangan khawatir karena di daerah dekat pantai telah tersedia beberapa penginapan yang layak bagi wisatawan. Harganyapun relatif murah sekitar 250 rb rupiah/hari (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

Souvenir

Kerajinan dari bahan baku kayu dan batok kelapa adalah ciri khas souvenir di tempat ini. Wisatawan bisa membelinya untuk dijadikan sebagai koleksi atau sebuah kenang-kenangan setelah berwisata di pantai Anoi Itam.

rujak aceh di pantai anoi itam

Kuliner Khas Pantai Anoi Itam

Tanpa disadari rasa lapar tentu akan menyerang para wisatawan. Namun, wisatawan tidak perlu bingung, karena di sekitar pantai telah tersedia beberapa kedai atau warung yang menyajikan makanan dan minuman khas pantai Anoi Itam.

Harga makanan dan minuman di tempat ini relatif murah dan memiliki rasa yang lezat. Salah satu minuman yang harus dicoba oleh para wisatawan adalah kopi Aceh. Hampir setiap kedai menjual minuman ini. Aroma dan rasa dari kopi khas Aceh ini, dapat membuat suasana pantai menjadi lebih hidup.

Akan tetapi, ada satu jenis makanan yang mungkin belum pernah dicoba oleh para wisatawan. Makanan tersebut adalah rujak Aceh. Secara khusus, rujak ini berbeda dengan rujak yang ada di Indonesia. Perbedaan tersebut dikarenakan terdapat satu buah di dalam rujak yang memiliki rasa yang unik dan sedikit pahit.

Buah tersebut diberi nama buah Rumbia. Sensasi awal bagi wisatawan yang belum terbiasa dengan rujak ini adalah mereka akan merasa mual. Akan tetapi, setelah beberapa kali santapan, akan timbul kenikmatan yang sangat menggairahkan.

Saran

  1. Dikarenakan suasana pantai yang panas, dianjurkan bagi wisatawan untuk memakai sunblock.
  2. Persiapkan pakaian renang bagi wisatawan yang ingin merasakan deburan ombak di pantai Anoi Itam.
  3. Memakai pakaian yang santai dan sederhana tentunya akan lebih baik karena penduduk setempat mayoritas memeluk agama Islam.
  4. Pada saat bermain di pantai, setiap pengunjung harus berhati-hati dikarenakan ombak di pantai Anoi Itam yang cukup besar dan disekeliling pantai banyak terdapat batu karang yang cukup tajam.
  5. Agar tidak terlalu merasa kepanasan pada saat berada di pantai, pakailah topi atau membawa payung.
  6. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena keindahan pantai ini sangat layak untuk diabadikan sebagai kenangan perjalanan wisata.
  7. Akan lebih baik jika membawa kotak P3K, sehingga apabila kaki tergores oleh batu karang bisa langsung diobati.

Keindahan dan keunikan dari pantai Anoi Itam telah terkenal di Indonesia maupun mancanegara. Para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri sering berkunjung ke pantai ini khususnya pada hari libur.

Decak kagum terucap dari mulut para wisatawan karena sajian pemandangannya yang menawan, udaranya yang bersih, dan hembusan angin pantainya yang menyejukkan. Selain itu, pantai Anoi Itam juga memiliki sebuah nilai sejarah. Hal ini dikarenakan di dekat pantai terdapat sebuah benteng peninggalan dari zaman Jepang.

Please Share :

Related Post


Menikmati Panorama Pantai Gapang – Indah dan Menawan
Menikmati Panorama Pantai Gapang – Indah dan Menawan

Pantai Gapang, belum banyak wisatawan yang mengetahui keindahan dari pantai…

Air Terjun Lhoong – Pesona Air Terjun Di Aceh Besar
Air Terjun Lhoong – Pesona Air Terjun Di Aceh Besar

Aroma hutan yang masih alami, kicau burung yang saling bersahutan,…

Danau Laut Tawar – Pesona Laut di Dataran Tinggi Gayo
Danau Laut Tawar – Pesona Laut di Dataran Tinggi Gayo

Danau Laut Tawar merupakan obyek wisata danau yang mempesona. Selain…

Nikmatnya Wisata Alam Di Pulau Weh
Nikmatnya Wisata Alam Di Pulau Weh

Di bagian paling barat kepulauan Indonesia terdapat sebuah pulau yang…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *