Home  /  Wisata Jawa  / Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari

Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari


Rekreasi Sembari Belajar Sejarah di Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari merupakan salah satu lokasi yang tidak boleh dilewatkan jika Anda ingin mengenal sejarah kota Yogyakarta. Luasnya sekitar 10 hektar dan terdapat 57 bangunan yang terbagi dalam beberapa kompleks.

Namun, saat ini luas Istana Air Taman Sari telah berkurang. Hal ini dikarenakan beberapa kompleks istana telah digunakan untuk pemukiman penduduk.

Dahulu, lokasi wisata ini merupakan benteng pertahanan yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Selain itu, bangunan yang masih dalam kawasan keraton tersebut, juga merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan.

Daya tarik wisata ini ialah gaya arsitektur yang dipengaruhi beberapa elemen. Ada nuansa Hindu, Budha dan Islam dalam sejumlah bangunan. Selain itu, juga kental gaya arsitektur Jawa, Portugis, China dan Eropa.

istana-air-taman-sari-yogyakartaTidak hanya itu saja, karena masih banyak hal unik yang bisa dijumpai di sana. Salah satunya ialah ukiran-ukiran cantik dan masjid bawah tanah yang berbentuk lingkaran.

Fasilitas

Obyek wisata Istana Air Taman Sari telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang tentunya bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Di sekitar lokasi terdapat penginapan termasuk hotel, transportasi umum, warung makanan hingga restoran dengan sajian khas kuliner Yogya.

Di dalam kompleks wisata, pengunjung bisa menikmati 4 kompleks yang masing-masing memiliki keunikan dan daya tarik. Jika belum mengenal lokasi tersebut, wisatawan disarankan menyewa jasa pemandu wisata sehingga Anda dapat belajar dan juga mengenal sejarah obyek wisata di Yogyakarta ini.

istana-air-taman-sari

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk bisa masuk menikmati wisata sejarah dan Istana Air Taman Sari, pengunjung dikenakan tarif yang sangat terjangkau. Yakni Rp 3000 untuk wisatawan domestik dan Rp 7000 untuk wisatawan asing.

Jika Anda juga ingin mengenal lebih jauh tentang sejarahnya sehingga dapat menambah wawasan, wisatawan dapat menyewa jasa tour guide yang biasanya menunggu di dekat gerbang pintu masuk. Tarifnya bisa di nego sekitar Rp 10000 hingga Rp 25000.

Lokasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Transportasi

Tidak sulit untuk menemukan obyek wisata Istana Air Taman Sari. Lokasinya terletak di Jalan Taman, Kraton, Yogyakarta.

Perjalanan ke tempat wisata ini hanya memerlukan waktu 10 – 15 menit dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan berjalan kaki. Transportasi umum seperti becak telah tersedia dan siap untuk mengantar Anda menuju lokasi.

Namun, jika Anda membawa kendaraan pribadi disarankan masuk melalui pintu utama yang terletak di sebelah Timur. Di sana telah tersedia area parkir yang cukup luas dan bisa langsung menuju ke kolam renang kerajaan.

Setelah berkunjung ke obyek wisata Yogyakarta ini, tidak ada salahnya jika wisatawan melanjutkan perjalanan menuju ke Kebun Binatang Gembira Loka.

Di tempat wisata tersebut terdapat beragam koleksi satwa unik dan juga hiburan yang menarik sehingga akan melengkapi perjalanan wisata Anda di Kota Yogyakarta. Selamat berwisata dan jangan lupa membawa perbekalan terutama air minum agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

Please Share :

Related Post


The Roudh 78 Tempat yang Menyenangkan Untuk Si Kecil di Cafe Sawah Batu Malang
The Roudh 78 Tempat yang Menyenangkan Untuk Si Kecil di Cafe Sawah Batu Malang

Masih bercerita mengenai liburan di Batu Malang. Salah satu destinasi…

11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang
11 Obyek Wisata Di Lumajang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lumajang

Setelah berwisata di Kabupaten Jember, lanjutkan perjalanan wisata Anda menuju…

20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi
20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi

Surabaya – Ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar…

Ragam Wisata Menarik Ala Kaliurang Yogyakarta
Ragam Wisata Menarik Ala Kaliurang Yogyakarta

Ketika berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk berkunjung ke lokasi…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *