Home  /  Wisata Jawa  / Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta


Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Ketika musim liburan tiba, banyak keluarga mulai merencakan perjalanan wisata. Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta termasuk dalam salah satu tempat wisata yang sering dipilih bagi mereka yang sedang berwisata di kota Yogya, terutama jika liburan ini melibatkan anak-anak.

Ada banyak alasan mengapa Kebun Binatang Gembira Loka menjadi favorit tujuan wisata, karena di sana terdapat beragam satwa yang berasal dari seluruh pelosok dunia. Sehingga dapat menjadi sebuah media pengenalan aneka satwa kepada anak-anak. Wisata alam ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk melepas penat.

harimau-di-kebun-binatang-gembira-lokaKebun Binatang Gembira Loka mulanya dibangun pada tahun 1933 atas keinginan Hamengku Buwono VIII, dan sampai saat ini terus meningkat jumlah pengunjungnya.

Setelah wisatawan tiba di lokasi wisata dan membeli tiket masuk, Anda akan disambut dengan aneka burung yang berada pada lokasi Bird Park. Aneka burung tersebut diantaranya yaitu Cenderawasih, Lory, Penguin, Flamingo, Elang, dan lain-lain.

Beragam hewan mamalia juga terdapat di kebun binatang ini. Hewan mamalia tersebut diantaranya adalah Orang Utan, Harimau, Beruang Madu, Unta dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hewan reptilia dan amphibi seperti Viper Wagleri, Monitor Pohon, Katak Tomat, Katak Bibir Putih, Katak Pacman juga akan semakin membuat Anda merasa senang berada di lokasi wisata ini. Anak-anak juga bisa melihat aneka ikan seperti Niasa, Piranha, Arapiama, Discus dan lain-lain.

buaya-di-kebun-binatang-gembira-loka

Komodo yang merupakan salah satu binatang langka dan masuk dalam warisan dunia sebagai jenis reptil terbesar di dunia ini, juga dapat Anda lihat di Kebun Binatang Gembira Loka.

Selain dalam bentuk hidup, terdapat juga berbagai koleksi reptil atau hewan lain yang diawetkan dan dapat dilihat di dalam Museum Gembira Loka.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka

kebun-binatang-gembira-lokaHarga tiket masuk tempat wisata ini adalah sebesar Rp 20.000,00/orang pada hari Senin sampai dengan Jumat.

Harga tiket masuk naik menjadi Rp 25.000,00 pada hari Sabtu, Minggu, atau Hari Libur Nasional.

Wisatawan bisa mengunjungi kebun binatang ini mulai dari pukul 08:00 sampai dengan 16:00.

Disarankan kepada para pengunjung, jika Anda akan berangkat pada akhir Minggu, agar datang lebih pagi karena pada hari tersebut obyek wisata ini akan sangat padat pengunjung.

Transportasi Menuju Kebun Binatang Gembira Loka

Untuk mencapai Kebun Binatang Gembira Loka, wisatawan dapat memilih transportasi umum, yaitu dengan menggunakan kendaraan umum Bus Transjogja.

Jika Anda berasal dari luar kota dan menuju kota Yogyakarta menggunakan Kereta Api, pastikan Anda turun di Stasiun Tugu (stasiun yang paling dekat dengan Malioboro), lalu wisatawan segera menuju ke Halte. Bus Transjogja tidak menaikkan penumpang di sembarang jalan. Kemudian pilih jalur 1A.

Namun, jika wisatawan berada di daerah sekitar Bandara, Anda harus menaiki Bus Transjogja jalur 1B. Jangan ragu untuk memastikan dan bertanya pada petugas halte bus agar Anda yakin. Obyek wisata ini hanya sekitar 5 km dari terminal Giwangan. 

Baca : Menelusuri Kecantikan Candi Prambanan

Fasilitas Kebun Binatang Gembira Loka

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup lengkap. Aneka fasilitas umum tersebut adalah area parkir kendaraan yang memadai, free WiFi, toilet, mushola, dan lain-lain.

Sebagai tempat wisata yang selalu dikembangkan, wisatawan juga bisa mengajak anak-anak Anda untuk bermain Sepeda Air, Banana Boat, Kolam Tangkap, Sepeda Track, area ATV, Tunggang Unta, Tunggang Gajah, dan juga Kapal Katamaran.

Berbagai fasilitas hiburan ini dibandrol dengan harga Rp 15.000,00 sampai dengan Rp 25.000,00.

Sebagian besar area Kebun Binatang Gembira Loka adalah hutan lindung, sehingga tidak perlu khawatir kepanasan, karena banyak pohon rindang yang menemani ketika wisatawan berkeliling area wisata. Sebagai oleh-oleh untuk orang rumah, Anda bisa membelikan aneka souvenir khas Gembira Loka Zoo pada kios souvenir yang telah disediakan.

Please Share :

Related Post


20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi
20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi

Surabaya – Ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar…

Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya
Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya

Setelah puas berwisata di Kota Pahlawan “Surabaya”, janganlah lupa untuk…

8 Obyek Wisata Di Ponorogo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ponorogo
8 Obyek Wisata Di Ponorogo Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ponorogo

Ponorogo -  salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki…

12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang
12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang

Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini adalah kota terbesar ke-5…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *