Home  /  Wisata Bali  / Kebun Raya Bedugul – Kebun Raya Eka Karya Bali

Kebun Raya Bedugul – Kebun Raya Eka Karya Bali


Kebun Raya Bedugul – Kebun Raya Eka Karya Bali

Kebun Raya Bedugul merupakan sebuah kebun botani yang berlokasi di kabupaten Tabanan Bali. Kebun ini adalah kebun raya pertama yang dibangun oleh bangsa Indonesia.

Hampir setiap wisatawan yang sedang  berlibur di Pulau Bali, mempersiapkan waktu untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Bersama keluarga ataupun teman mengunjungi sebuah kebun yang memiliki lebih dari 2100 spesies dengan 18.000 koleksi tanaman yang berasal dari wilayah pegunungan di kawasan Indonesia Timur.

Setiap tahun koleksi tersebut akan terus bertambah. Penambahan koleksi tanaman didapatkan dari hasil pembibitan, kerjasama pertukaran biji antara kebun raya, dan hasil dari eksplorasi.

pesona kebun raya bedugulKebun dengan luas areal sekitar 157,5 hektar ini, dapat menjadi sebuah tempat yang menyenangkan bagi wisatawan untuk mengenal tanaman-tanaman khas hutan hujan tropis yang menawan.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi sekitar 1250-1450 di atas permukaan air laut, membuat tempat wisata ini terasa dingin.

Ketika siang hari suhu udara antara 17-25 oC, dan pada malam hari suhu udara bisa mencapai 10-15 oC, dengan tingkat kelembaban udara antara 70-90%.

Hal ini dapat membuat setiap wisatawan yang berkunjung akan merasa kedinginan, oleh karena itu jangan lupa untuk memakai jaket.

Sebenarnya nama kebun raya ini adalah Kebun Raya “Eka Karya” Bali, akan tetapi dikarenakan lokasinya yang berada di wilayah Bedugul, membuat tempat wisata yang mempesona ini lebih sering disebut dengan nama Kebun Raya Bedugul.

Hampir semua tanaman hutan hujan tropis tumbuh subur di kebun ini. Tampak terlihat aneka burung yang menjadikan tempat wisata ini sebagai rumahnya. Setidaknya ada sekitar 79 jenis burung yang berada di lokasi wisata Kebun Raya Bedugul. Selain itu, wisatawan juga bisa berjumpa dengan beberapa jenis kupu-kupu.

Disamping sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan, Kebun Raya Bedugul juga digunakan sebagai tempat untuk melakukan pelestarian tanaman, penelitian botani, dan pendidikan.

Setiap wisatawan yang berkunjung akan merasakan sebuah suasana yang damai, tentram dan bahagia. Di sini, para wisatawan juga dapat belajar untuk mengerti serta memahami manfaat dari tanaman bagi kehidupan manusia.

Berikut beberapa koleksi tanaman yang berada di Kebun Raya Bedugul

  1. Anggrek

Berada di sebuah lahan seluas 0,5 hektar, tumbuh berbagai jenis tanaman anggrek. Lahan tersebut di bagi menjadi 2 wilayah, wilayah yang berada di bawah khusus untuk tanaman anggrek hasil dari persilangan, dan pada bagian atas untuk tanaman anggrek liar.

Tanaman anggrek umumnya berbunga di bulan Maret hingga bulan Juni. Akan tetapi, ada beberapa dari tanaman tersebut yang berbunga di bulan lainnya. Lokasi Taman Anggrek berada sekitar 800 m dari gerbang masuk, di sebelah gedung kantor utama.

  1. Tanaman Paku

Berada di sebuah taman yang bernama Taman Cyathea, terdapat sekitar 80 jenis tanaman paku yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia Timur. Taman dengan luas sekitar 2 hektar ini, berlokasi kurang lebih 750 meter dari gerbang utama.

  1. Begonia

Kebun Raya Bedugul memiliki koleksi sekitar 200 jenis begonia. Terbagi dalam 2 jenis yaitu begonia alam yang hidup liar, dan begonia eksotis yang berasal dari luar negeri dengan tampilan yang lebih menarik.

begonia

Tanaman ini begitu cantik, memiliki daun yang tidak simetris dengan aneka warna daun sesuai dengan jenisnya. Taman Begonia berada kurang lebih 600 m dari gerbang utama.

  1. Kaktus

Kaktus adalah tanaman yang biasanya tumbuh di daerah gurun. Akan tetapi kaktus juga bisa tumbuh di dataran tinggi yang berhawa dingin.

Di tempat wisata ini terdapat 68 jenis tanaman kaktus yang ditata di dalam sebuah rumah kaca dengan luas sekitar 500 m2. Koleksi tanaman kaktus ini ada yang berasal dari luar negeri seperti Jerman, Argentina, Mexico, dan lain-lain.

  1. Tanaman Obat

Kebun Raya Bedugul memiliki koleksi lebih dari 300 jenis tanaman obat yang ditanam pada lahan seluas 1600 m2. Tempat ini diberi nama Taman Usada. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Usada, taman ini berlokasi di belakang Taman Anggrek.

  1. Tanaman Upacara Untuk Agama Hindu

Beberapa tanaman yang sering digunakan dalam setiap kegiatan upacara keagamaan agama Hindu, tumbuh dengan subur di sebuah areal taman seluas 5,53 hektar. Taman tersebut diberi nama Taman Panca Yadnya. Lokasi taman sekitar 450 m dari gerbang utama.

  1. Tanaman Air

Di samping rumah kaca yang digunakan sebagai tempat tanaman kaktus, terdapat sebuah kolam yang berisi koleksi tanaman air Kebun Raya Bedugul. Lokasi ini hanya berjarak kurang lebih 800 m dari gerbang utama.

  1. Hebarium

Terdapat lebih dari 10.000 spesimen yang dikeringkan atau diawetkan di tempat wisata ini, terdiri dari tumbuhan berbunga dan lumut. Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini, namun harus dibawah pengawasan petugas setempat.

kebun raya bedugulSelain melihat beberapa koleksi tanaman di atas, di Kebun Raya Bedugul wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat menarik lainnya seperti : Candi Bentar, Kumbakarna Laga Statue, Ramayana Boulevard, Roses Garden, Lake Beratan View, Traditional Balinese House, dan Usada Cafe.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, wisatawan harus membeli tiket seharga Rp 7.000/orang. Bagi wisatawan yang berasal dari luar negeri, mereka harus membayar seharga Rp 18.000/orang.

Biaya parkir kendaraan di lokasi wisata ini bervariasi. Untuk parkir motor seharga Rp 3.000/motor, parkir mobil Rp 6.000/mobil, dan untuk parkir bus sebesar Rp 12.000/bus.

Bagi wisatawan yang ingin berkeliling taman dengan menggunakan mobil, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 12.000.

Kebun Raya Bedugul buka setiap hari dari jam 08.00-18.00 WITA. Lokasi wisata ini hanya tutup pada saat hari raya Nyepi.

Transportasi Menuju Ke Kebun Raya Bedugul

Bagi wisatawan yang ingin bertamasya ke Kebun Raya Bedugul, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 55 km dari kota Denpasar dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Selain menyewa mobil atau motor, wisatawan juga bisa mengikuti sebuah paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen wisata yang ada di Bali.

Tentunya dengan mengikuti paket tersebut, wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang menarik di Pulau Bali sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Fasilitas

Obyek wisata ini telah dikelola secara profesional, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Telah tersedia beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh semua wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  1. Tersedia lokasi untuk parkir kendaraan.
  2. Tempat wisata ini telah menyediakan sebuah perpustakaan yang memiliki koleksi buku dibidang pertanian, pertamanan, botani, komputer, dan lain-lain.
  3. Menyediakan jasa untuk menyewa pemandu wisata.
  4. Tersedia beberapa penginapan yang berlokasi di dalam areal Kebun Raya Bedugul.
  5. Tersedia ruang pertemuan yang dapat disewakan.
  6. Tersedia toko souvenir yang menjual aneka produk unik khas Kebun Raya Eka Karya, dan layak untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh.
  7. Jika wisatawan merasa kelaparan atau kehausan, jangan khawatir karena telah tersedia cafe yang menyajikan aneka makanan dan minuman yang lezat.
  8. Di tempat wisata ini, wisatawan juga bisa merasakan beberapa permainan yang menegangkan untuk melawan rasa takut terhadap ketinggian.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin menginap di luar lokasi Kebun Raya Bedugul, telah tersedia beberapa penginapan dengan variasi standar harga.

Penginapan tersebut antara lain :

  1. Hotel Pacung Indah Bedugul

Jl. Pacung, Desa Baturiti, Tabanan, Bali.

  1. Villa Lumbung Jatiluwih

Desa Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Bali.

  1. Puri Taman Sari Tabanan

Dusun Umabian, Desa Peken, Marga, Tabanan, Bali.

  1. The Sanyas Retreat

Banjar Dukuh, Desa Baturiti, Tabanan, Bali.

  1. Waka Gangga

Jl. Pantai Yeh Gangga, Tabanan, Bali.

Saran

  1. Jangan lupa untuk membawa jaket atau baju hangat, jas hujan, dan payung. Karena cuaca di tempat wisata ini sulit diprediksi, dan lokasinya yang berada di dataran tinggi dapat membuat para wisatawan merasa kedinginan.
  2. Sebelum pulang meninggalkan lokasi wisata Bedugul, bagi wisatawan yang ingin berbelanja aneka sayuran (wortel, tomat, dll), dan buah-buahan seperti salak, jeruk, stroberi, dan lain-lain, wisatawan dapat mengunjungi Pasar Candi Kuning.

Aneka sayuran dan buah-buahan tersebut merupakan hasil panen dari petani setempat. Pasar tradisional ini juga menjual aneka hasil kerajinan khas Bali yang dapat dijadikan sebagai cinderamata.

  1. Bagi wisatawan yang menyukai kupu-kupu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Kupu-kupu Tabanan. Lokasi taman hanya berjarak sekitar 7 km dari pusat Kota Tabanan, tepatnya di Jl. Batukaru, Kabupaten Tabanan, Bali.
Please Share :

Related Post


Pantai Dreamland – Tanah Impian Wisatawan Di Bali
Pantai Dreamland – Tanah Impian Wisatawan Di Bali

Pergi berwisata ke Pantai Dreamland bersama dengan keluarga ataupun teman…

Pantai Jimbaran – Suasana Romantis Dikala Sunset
Pantai Jimbaran – Suasana Romantis Dikala Sunset

Pantai Jimbaran, sebuah pantai yang bersih dengan pasirnya yang berwarna…

Bermain di Miniapolis Bali – Dunia Permainan Anak-Anak di Bali
Bermain di Miniapolis Bali – Dunia Permainan Anak-Anak di Bali

Berwisata ke pulau Bali tidak hanya berkunjung ke wisata pantainya…

Obyek Wisata Goa Gajah – Wisata Bersejarah di Pulau Bali
Obyek Wisata Goa Gajah – Wisata Bersejarah di Pulau Bali

Goa Gajah adalah salah satu obyek wisata bersejarah di pulau…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *