Home  /  Wisata Bali  / Keindahan Tegalalang Ubud – Lukisan Kecantikan Alam

Keindahan Tegalalang Ubud – Lukisan Kecantikan Alam


Keindahan Tegalalang Ubud – Lukisan Kecantikan Alam

Keindahan Tegalalang Ubud telah terkenal sampai ke mancanegara. Sebuah desa yang sebagian penduduknya berprofesi sebagai petani, menyimpan sebuah keindahan alam desa yang dapat membuat takjub bagi semua wisatawan yang berkunjung.

Terasiring persawahan di desa ini sangat tertata dengan rapi, seperti sebuah ukiran di ladang sawah.

keindahan tegalalangPesona indah tempat wisata ini sangat sulit untuk dijumpai di tempat lain, terutama di daerah perkotaan.

Suasananya yang hening karena jauh dari hiruk pikuk kesibukan seperti di perkotaan, udaranya yang sejuk dan terbebas dari polusi, sayup-sayup terdengar suara gemericik air, dan semakin lengkap dengan kehadiran tiupan angin yang membuat suasana menjadi lebih segar.

Tempat ini memang layak sebagai sarana relaksasi untuk menghilangkan rasa lelah ataupun penat akibat dari rutinitas pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya.

Keindahan Tegalalang Ubud seperti sebuah lukisan dalam dimensi yang nyata. Tampak di kejauhan para petani begitu semangat merawat lahannya. Menggunakan sebuah topi yang biasa disebut topi caping, tanpa alas kaki mereka membungkuk sembari mengayunkan cangkul atau mencabuti rumput liar yang tumbuh tanpa permisi di ladang mereka yang begitu subur.

Sesekali mereka menghentikan kegiatannya, berdiri memegang pinggang sembari mengambil nafas panjang, merasakan hembusan angin persawahan yang dapat memberikan energi bagi mereka agar bisa melanjutkan kembali pekerjaannya. Sungguh sebuah fenomena yang tidak semua orang bisa melihatnya setiap hari.

Di sudut-sudut sawah tersedia beberapa gubug atau saung. Wisatawan dapat mencoba untuk mengunjungi tempat tersebut. Sebuah tempat yang biasa digunakan oleh para petani untuk beristirahat, memang sungguh nikmat dijadikan sebagai tempat bersantai sembari menikmati panorama alam Tegalalang yang menawan.

keindahan tegalalang ubud

Waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi wisata ini adalah di siang hari, karena pada saat itu tampak warna hijau tanaman sawah seperti memancarkan sebuah kilauan. Mungkin ini akibat dari proses pembiasan sinar mentari.

Menjelang senja, warna merah langit merubah suasana alam persawahan menjadi lebih menakjubkan, menimbulkan warna baru yang menawan.

Tempat yang begitu indah ini, ternyata memiliki beberapa home industri. Mereka menghasilkan beberapa kerajinan tangan seperti ukiran dari batu padas, topeng dari kayu, vas bunga dari kaca, botol yang berbentuk unik, aneka piring, hasil kerajinan kayu dan besi, tas, dan masih banyak lagi hasil karya mereka yang memiliki nilai jual yang bervariasi.

Wisatawan dapat membeli beberapa kerajinan tersebut sebagai oleh-oleh atau kenangan dari sebuah perjalanan wisata.

saung tegalalang

Beberapa toko tampak seperti terangkai di sepanjang jalan yang panjang. Mereka menjajakan barang dagangan hasil dari home industri di desa ini. Aneka hasil kerajinan yang ditawarkan dapat menggoda setiap wisatawan yang melintas untuk berhenti sejenak, melihat, memegang, dan membeli sebuah produk yang diinginkan.

Transportasi Menuju Ke Tegalalang Ubud

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung untuk menikmati keindahan Tegalalang Ubud, obyek wisata ini berlokasi di sebelah utara wilayah Ubud.

Jika wisatawan sedang berlibur di Ubud, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menuju ke sana menggunakan kendaraan bermotor, seperti memakai taksi, menyewa mobil atau motor.

Namun, bagi wisatawan yang sedang berlibur di luar daerah Ubud seperti di Nusa Dua atau pantai Kuta, membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk menuju ke lokasi wisata ini. Sebaiknya wisatawan menyewa mobil agar lebih nyaman selama perjalanan.

Selain itu, di pulau Bali terdapat beberapa agen wisata yang menawarkan paket wisata ke beberapa tempat rekreasi yang menarik di Bali. Wisatawan dapat menggunakan jasa mereka, dan pastikan dalam jadwal wisata tersebut ada kunjungan ke Tegalalang Ubud.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, setiap orang akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah.

Penginapan

Bagi wisatawan yang mencari penginapan dekat dengan lokasi wisata ini, beberapa pihak telah mempersiapkan penginapan dengan tarif inap yang bervariasi sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Berikut beberapa penginapan tersebut :

  1. Yogi House Ubud

Jl. Katik Latang, Ubud, Gianyar, Bali.

  1. Ketekung Bungalow

Jl. Bisma, Ubud, Gianyar, Bali.

  1. Casa Ganesha Hotel

Jl. Raya Pengosekan, Ubud, Gianyar, Bali.

  1. Agung Raka Resort and Villa

Jl. Pengosekan, Ubud, Gianyar, Bali.

  1. Manyi Village Ubud

Br. Laplapan, Ubud, Gianyar, Bali.

  1. Puri Sebatu Resort Ubud

Banjar Apuh, Desa Sebatu, Tegalalang, Gianyar, Bali.

  1. Svarga Loka Resort Ubud

Jl. Penestana, Ubud, Gianyar, Bali.

  1. Nandini Bali Jungle Resort and Spa

Banjar Susut, Payangan, Gianyar, Bali.

Saran

  1. Obyek wisata Tegalalang, dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Beberapa obyek wisata tersebut adalah :

Arung jeram di sungai Ayung

Sebuah kegiatan yang menegangkan namun juga menyenangkan, mencoba menelusuri arus sungai Ayung yang deras.

Monkey Forest

Wisata ke sebuah hutan tropis yang memiliki lebih dari 100 jenis tanaman, melihat tingkah laku kehidupan monyet, berinteraksi dengan rusa, dan berkunjung ke Pura Dalem Agung.

Goa Gajah

Sebuah goa bersejarah dan memiliki beberapa pohon yang telah berumur ratusan tahun.

Pondok Pekak Ubud

Sebuah tempat yang menyenangkan untuk belajar kesenian dan kebudayaan Bali, serta beberapa ilmu pengetahuan lainnya. Berkunjung ke tempat ini bersama anak-anak, dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk memunculkan kreativitas yang terpendam.

  1. Bagi wisatawan yang ingin menyewa mobil, wisatawan dapat menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan lainnya, agar mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah.
Please Share :

Related Post


Wisata Tampak Siring – Istana Tampak Siring dan Pura Tirta Empul
Wisata Tampak Siring – Istana Tampak Siring dan Pura Tirta Empul

Tampak Siring adalah sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Gianyar.…

Danau Bedugul atau Danau Beratan – Pura Ulun Danu Beratan
Danau Bedugul atau Danau Beratan – Pura Ulun Danu Beratan

Danau Bedugul atau juga dikenal dengan nama Danau Beratan adalah…

Pantai Kusamba – Keindahan Pesona Pantai Pasir Hitam di Bali
Pantai Kusamba – Keindahan Pesona Pantai Pasir Hitam di Bali

Pantai Kusamba merupakan sebuah pantai yang masih alami dan memiliki…

Aneka Tempat Wisata Anak-Anak Selama di Bali
Aneka Tempat Wisata Anak-Anak Selama di Bali

Berlibur bersama anak-anak ke Pulau Dewata merupakan sebuah hadiah yang…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *