Home  /  Wisata Sumatera  /  Palembang  / Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang

Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang


Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang

Pada masa lalu, songket adalah kain mewah yang hanya bisa dipakai oleh para bangsawan Palembang. Penggunaan kain ini menunjukkan sebuah kemuliaan, derajat, serta martabat dari setiap pemakainya. Namun, saat ini hampir semua golongan masyarakat bisa memilikinya, karena harga kain songket sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Bagi Anda yang sedang berlibur di Kota Palembang, janganlah lupa untuk berkunjung ke sentra kerajinan Songket Tanggo Buntung. Sentra kerajinan songket di kawasan ini telah berlangsung sejak sekitar abad XVIII. Di sini Anda dapat menemukan hasil kerajinan Songket khas Palembang dengan nilai seni serta kualitas yang tinggi.

songket tanggo buntungBeberapa galeri songket terkenal di kawasan Tanggo Buntung antara lain Zainal Songket, Cek Ipah, Cek Ilah, Fikri Collection, dan lain-lain.

Sebagian besar para pengrajin songket masih memiliki hubungan keluarga dimana ilmu menenun songket diturunkan secara turun temurun.

Setiap toko tidak hanya menyediakan kain songket dengan aneka motif, namun juga terdapat jumputan, batik songket atau batik Palembang, cinderamata khas Palembang, dan lain-lain.

Motif dasar kain songket secara umum terbagi menjadi 3 bagian yaitu motif tumbuhan seperti aneka bunga, motif geometris, dan yang terakhir adalah gabungan antara motif geometris dan tumbuhan. Ketiga motif dasar kain songket ini merupakan warisan masa lalu yang tetap dipertahankan hingga sekarang.

Saat ini, jumlah motif kain Songket Palembang kurang lebih 71 buah. Dari sejumlah motif tersebut, ada 22 motif yang telah dipatenkan. Adapun beberapa nama motif yang terdapat pada kain songket antara lain bungo pacik, bintang berante, nampan perak, bungo cino, bungo jepang, jando beraes, tigo negeri, biji pare, dan lain-lain.

Harga dari hasil kerajinan tenun khas Palembang ini memang cukup mahal. Hal ini tidak terlepas dari bahan yang digunakan, lamanya proses pembuatan selembar kain songket, dan nilai seni yang terkandung di dalamnya.

Pancaran atau kilauan dari kain Songket Palembang dikarenakan benang-benang emas yang tertanam di dalamnya. Proses untuk membuat sebuah kain songket berkualitas baik membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan.

Umumnya, harga termurah dari kain Songket Palembang adalah Rp 750.000. Selain itu, semakin tua umur dari kain songket maka harganya juga akan semakin mahal.

sentra kerajinan songket tanggo buntung

Keindahan kain Songket Palembang telah terkenal hingga ke mancanegara. Tidak hanya pembeli lokal, ada banyak pembeli dari luar daerah dan luar negeri yang sering membeli hasil kerajinan tenun khas Kota Palembang ini. Pada saat sedang diadakan event Internasional di Kota Palembang, sentra kerajinan Songket Tanggo Buntung akan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara.

Transportasi Menuju Ke Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung

Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung berlokasi di Jl. Ki Rangga Wirasentika dan Jl. Ki Gede Ing Suro, Kel. 30 ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Palembang.

Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan bisa menggunakan angkutan pribadi ataupun umum. Jika Anda ingin mencoba untuk naik angkutan umum, dari terminal Ampera pilihlah angkutan dengan jurusan Ampera – Tangga Buntung.

Apabila Anda memakai kendaraan pribadi, setelah tiba di Jln. Merdeka lanjutkan perjalanan menuju ke simpang empat Kambang Iwak, kemudian arahkan kendaraan ke kiri hingga bertemu dengan simpang tiga. Dari tempat ini, wisatawan bisa melihat sebuah gerbang yang bertuliskan sentra industri pengrajin songket.

Namun, jika wisatawan ingin bersantai tanpa harus bertanya ataupun melihat GPS, Anda dapat menggunakan jasa taksi atau menyewa mobil + sopir. Nomor telepon taksi Blue Bird di Palembang adalah 0711 – 36 1111 atau 0711 – 36 6450.

Saran

  1. Agar memudahkan Anda pada saat mengunjungi beberapa toko di sentra kerajinan Songket Tanggo Buntung, sebaiknya Anda memakai kendaraan pribadi atau menyewa mobil.
  2. Pemilik toko di kawasan ini begitu ramah terhadap para pengunjung. Mereka tidak canggung untuk menjelaskan aneka Songket khas Palembang.

Bahkan, terkadang ada beberapa wisatawan yang diizinkan untuk melihat langsung proses pembuatan songket. Oleh karena itu, Anda jangan malu untuk bertanya dan juga menawar harga.

  1. Di kawasan ini terdapat sebuah masjid bersejarah bernama Masjid Besar Al- Mahmudiyah yang dibangun oleh Ki H Abdurahman Delamat pada tahun 1889. Setelah mendapatkan kain songket sesuai dengan keinginan, tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi masjid tersebut.
  2. Selain membeli songket di sentra kerajinan Songket Tanggo Buntung, di Kota Palembang juga terdapat 3 tempat lainnya yang menjual aneka songket khas Palembang. Tempat tersebut adalah Pasar 16 Ilir Palembang, Kompleks Perbelanjaan Ramayana yang berlokasi di Jl. Radial, Ilir Barat Permai, dan Rumah Limas yang berada di Jln. Demang Lebar Daun.

Apabila Anda memiliki waktu liburan yang cukup panjang, cobalah untuk berkunjung ke ketiga tempat penjualan songket tersebut. Masing-masing tempat memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

  1. Bagi Anda yang tidak hanya ingin berbelanja songket, akan tetapi juga memiliki keinginan untuk melihat proses pembuatan songket, sentra industri pengrajin Songket Tanggo Buntung adalah tempat yang tepat.
  2. Jangan pernah ragu untuk menawar harga dimanapun Anda membeli kain Songket khas Palembang.
  3. Tidak jauh dari Jembatan Ampera, berdiri sebuah masjid terbesar di Kota Palembang yaitu Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin. Bangunan masjid memadukan 3 buah budaya dunia yaitu Indonesia, Eropa, dan Cina. Sebelum Anda menuju ke berbagai tempat wisata lainnya di Palembang, sediakanlah waktu untuk berkunjung ke masjid yang dibangun sejak abad ke-18.
Please Share :

Related Post


Museum Sultan Mahmud Badaruddin II – Wisata Sejarah di Kota Palembang
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II – Wisata Sejarah di Kota Palembang

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II berlokasi di dekat kawasan wisata…

Liburan Ke Kampung Kapitan Palembang – Wisata Sejarah dan Budaya
Liburan Ke Kampung Kapitan Palembang – Wisata Sejarah dan Budaya

Liburan ke Kampung Kapitan yang berada di Kota Palembang akan…

Santai Bersama Keluarga di Danau OPI Palembang
Santai Bersama Keluarga di Danau OPI Palembang

Santai bersama keluarga di Danau OPI Palembang sembari berwisata air…

Berwisata Sembari Berolahraga di Jakabaring Sport City
Berwisata Sembari Berolahraga di Jakabaring Sport City

Di kota Palembang terdapat sebuah lokasi yang menyenangkan untuk bersantai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *