Home  /  Wisata Bali  / Obyek Wisata Kerta Gosa – Bangunan Bersejarah di Klungkung

Obyek Wisata Kerta Gosa – Bangunan Bersejarah di Klungkung


Obyek Wisata Kerta Gosa – Bangunan Bersejarah di Klungkung

Kerta Gosa adalah bangunan bersejarah yang didirikan pada tahun 1648 dan termasuk dalam kompleks bangunan dari kerajaan Klungkung.

Pembangunan tempat ini berdasarkan gagasan dari Ida I Dewa Agung Jambe, raja pertama kerajaan Klungkung. Pada zaman dahulu, Kerta Gosa dipakai sebagai tempat diskusi, untuk membahas permasalahan mengenai situasi keamanan, keadilan, dan kemakmuran bagi wilayah kerajaan Bali.

obyek wisata kerta gosaWisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Kerta Gosa, akan menjumpai dua buah bangunan (bale), yaitu Bale Kambang dan Bale Kerta Gosa.

Kedua bangunan ini memiliki fungsi tersendiri. Walaupun telah berumur puluhan tahun, namun bangunan ini tetap memancarkan daya tarik yang indah.

Bale Kambang adalah sebuah bangunan yang berada di tengah kolam. Kolam tersebut dikenal dengan nama Taman Gili. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat upacara keagamaan Manusa Yadnya bagi putra dan putri raja. Salah satu upacara tersebut adalah upacara potong gigi, dilakukan pada saat putra dan putri raja memasuki usia remaja.

Bale Kerta Gosa merupakan sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat pengadilan. Hakim tertinggi dan pemimpin pengadilan adalah raja yang berkuasa pada saat itu.

Setelah kerajaan Klungkung berhasil ditaklukan oleh Belanda, Bale Kerta Gosa masih difungsikan sebagai tempat pengadilan. Sampai dengan saat ini, di dalam bangunan masih terdapat meja dan kursi yang digunakan pada saat pengadilan adat di masa lalu. Meja dan kursi tersebut terbuat dari kayu yang dihiasi dengan beberapa ukiran.

Selain itu, kedua bangunan ini memiliki lukisan wayang pada plafon atau langit-langit bangunan. Sebuah karya seni lukis yang indah dan unik serta masih bertahan sampai dengan saat ini.

Adapun arti dari lukisan tersebut adalah menceritakan tentang sebuah suasana pada saat persidangan, lengkap dengan semua jenis hukuman bagi mereka yang terbukti bersalah. Lukisan tersebut merupakan hasil karya seni penduduk di desa Kamasan, sebuah pedesaan yang terletak sekitar 4 km di bagian selatan dari tempat ini.

wisata kerta gosa

Selain lukisan tersebut, obyek wisata Kerta Gosa juga menyimpan beberapa peninggalan masa lalu yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut diantaranya :

  1. Pintu gerbang Puri (Pemedal Agung) yang berlokasi di bagian Barat Kerta Gosa, memancarkan nilai budaya keraton dan memiliki gaya arsitektur khas tradisional Bali.
  2. Monumen Puputan Klungkung yang berada di seberang Kerta Gosa. Sebuah monumen bersejarah untuk mengenang peristiwa Puputan Klungkung pada tanggal 28 April 1908.

Pada peristiwa tersebut raja terakhir dari kerajaan Klungkung yaitu Dewa Agung Jambe beserta pengikutnya gugur dalam perang melawan Belanda.

Setelah peristiwa ini, bangunan utama keraton dihancurkan dan dijadikan sebagai tempat pemukiman penduduk. Bangunan yang tersisa adalah Bale Kambang dan Bale Kerta Gosa.

  1. Pada obyek wisata ini juga terdapat museum yang menyimpan beberapa benda bersejarah peninggalan dari kerajaan Klungkung. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Obyek wisata Kerta Gosa telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti areal untuk parkir kendaraan, pasar, beberapa toko cinderamata, dan lain-lain.

Wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai bagian dari kunjungan ke lokasi wisata ini. Adapun harga tiket masuk obyek wisata Kerta Gosa adalah Rp 12.000/orang.

Transportasi Menuju ke Obyek Wisata Kerta Gosa

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke obyek wisata Kerta Gosa, lokasi wisata ini berada di pusat ibukota kabupaten Klungkung. Jika wisatawan berangkat dari bandara Ngurah Rai, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 45 km dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Wisatawan bisa menyewa mobil atau motor untuk menuju ke lokasi. Di pulau Bali telah tersedia beberapa tempat rental mobil dan motor dengan harga sewa yang terjangkau.

Untuk menyewa mobil wisatawan harus mengeluarkan uang sekitar Rp 200 ribu per hari, sedangkan motor antara Rp 50.000-75.000/hari. Selain itu, pihak rental mobil telah menyiapkan seorang sopir yang berpengalaman, ramah dan sopan.

Wisatawan bisa memanfaatkannya agar selama perjalanan menuju ke tempat lokasi, wisatawan bisa duduk santai di dalam mobil tanpa harus melihat peta ataupun bertanya kepada penduduk setempat.

Selain itu, tersedia juga paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen wisata atau agen perjalanan yang ada di Bali. Wisatawan bisa mengambil paket wisata tersebut dan pastikan ada jadwal kunjungan ke obyek wisata Kerta Gosa.

Penginapan di Dekat Obyek Wisata Kerta Gosa

Bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat lokasi wisata Kerta Gosa, telah tersedia beberapa hotel dengan variasi standar harga.

Beberapa hotel tersebut diantaranya :

  1. Puri Pondok Dawa Villa

Pondok Dawa, Desa Pesinggahan, Klungkung, Bali.

  1. Lihat Sawah 1 Guesthouse

Banjar Tabola, Klungkung, Bali.

  1. Balinese House Package

Desa Timuhun, Klungkung, Bali.

Saran

  1. Obyek wisata Kerta Gosa berdekatan dengan desa Kamasan, sebuah desa yang terkenal dengan hasil karya seninya, seperti seni tari, seni wayang, seni musik, dan kerajinan emas serta perak.

Selain itu, berbagai lukisan tradisional khas Bali terilhami dari corak Kamasan. Desa Kamasan hanya berjarak sekitar 4 km dari Kerta Gosa.

  1. Di sebelah timur kota Klungkung, dengan jarak sekitar 10 km dari pusat kota, terdapat sebuah pura yang bernama Pura Goa Lawah.

Pura ini merupakan salah satu pura penting di pulau Bali (pura kahyangan jagat). Di dalam pura terdapat goa dengan ribuan lawah (kelelawar). Bagi wisatawan yang sedang berlibur di kabupaten Klungkung, jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke pura ini.

Please Share :

Related Post


Pantai Nusa Dua – Wisata Bali Yang Menawan
Pantai Nusa Dua – Wisata Bali Yang Menawan

Pantai Nusa Dua memiliki pasir yang berwarna putih, air lautnya…

Desa Tenganan Pegeringsingan – Sebuah Desa Tradisional di Pulau Bali
Desa Tenganan Pegeringsingan – Sebuah Desa Tradisional di Pulau Bali

Desa Tenganan Pegeringsingan atau lebih sering disebut dengan nama Desa…

Berkunjung ke Museum Bali – Museum Tertua dan Bersejarah di Bali
Berkunjung ke Museum Bali – Museum Tertua dan Bersejarah di Bali

Museum Bali merupakan museum tertua di pulau Bali, dan sebagai…

Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia
Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia

Pura Besakih merupakan Pura terbesar di Pulau Bali. Pura ini…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *