Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Kuliner Khas Aceh – Lezat Penuh Cita Rasa

Kuliner Khas Aceh – Lezat Penuh Cita Rasa


Kuliner Khas Aceh – Lezat Penuh Cita Rasa

Provinsi Aceh memiliki beberapa kuliner yang sangat lezat dan patut untuk dicoba. Pada umumnya kuliner khas Aceh memiliki cita rasa yang enak, pedas dan gurih.

Berikut kami sajikan beberapa kuliner khas Aceh :

Makanan Khas Aceh

makanan khas aceh

1. Ayam Tangkap

Masakan ini dibuat dengan menggunakan ayam kampung yang dipotong kecil-kecil, memiliki rasa yang lezat, pedas dan gurih. Aroma masakan yang kaya akan rempah-rempah tentunya dapat menggugah selera untuk segera dinikmati.

Arti kata “tangkap” pada makanan ini disebabkan karena ayam yang digunakan adalah ayam kampung, sehingga jika ingin menikmatinya maka harus “tangkap” ayam terlebih dahulu. Makanan ini baru populer sekitar 6-8 tahun. Bahan baku tambahan selain ayam adalah daun rempah-rempah, cabai, daun teumuri, daun pandan dan taburan bawang goreng.

2. Nasi Guri

Nasi dengan rasa yang gurih terbuat dari beras yang dimasak dengan campuran antara santan kelapa dan rempah-rempah. Nasi guri mirip dengan nasi lemak maupun nasi uduk. Akan tetapi, tentunya memiliki rasa yang sedikit berbeda.

Nasi ini akan semakin enak untuk disantap bersama dengan lauk pauk seperti telur mata sapi, telur dadar, ikan goreng, dendeng, ikan lado, babat, usus dan lauk lainnya. Wisatawan bebas untuk memilih lauknya. Sebagai tambahan, di atas nasi akan dilengkapi dengan tempe kering, tauco, sambal teri dan kerupuk.

3. Mie Aceh

Mie Aceh memiliki ukuran mie yang lebih besar daripada umumnya. Makanan ini memiliki rasa yang pedas, gurih dan pastinya lezat.

Wajar saja lezat karena makanan ini kaya akan bumbu seperti : bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, seledri, daun bawang, kol, udang, daging sapi, kaldu sapi, kapulaga, jinten dan lada. Mie Aceh bisa dibuat dalam bentuk mie kuah atau mie goreng. Dua-duanya sama-sama memiliki rasa yang lezat.

4. Sie Masak Puteh

Makanan ini berwarna putih dan memiliki rasa yang gurih serta lezat. Sekilas makanan ini mirip dengan opor. Namun, rasanya tentu sedikit berbeda. Sie masak puteh umumnya dipadukan dengan daging ayam, daging bebek, daging sapi, dan ikan.

Aroma yang tercipta pada makanan ini adalah aroma oen temurui atau daun kari/salam koja. Selain itu, Sie masak puteh juga menggunakan 2 buah jintan yaitu jira maneh dan jira ikan. Jira ikan umumnya digunakan untuk menghilangkan bau amis.

kuliner enak khas aceh

5. Kuwah Pliek U

Kuwah pliek u atau gulai para raja terbuat dari pliek u dan dicampur dengan sayuran, memiliki rasa yang gurih dan lezat. Pliek u atau patarana adalah sisa atau ampas kopra (kelapa) yang minyaknya telah diperas.

6. Kuwah Beulangong

Kuwah beulangong adalah makanan yang dimasak di dalam belanga atau kuali besar. Memiliki rasa yang segar, pedas, gurih dan lezat. Bahan utamanya adalah daging kambing atau daging sapi, nangka muda atau pisang kepok. Menggunakan bumbu giling yang terdiri dari kelapa giling, kelapa gongseng dan berbagai rempah-rempah.

7. Bu Sie Itek

Bu sie itek adalah nasi gulai bebek dengan kuah yang kental. Rasa dari makanan ini adalah pedas, gurih dan lezat. Bu sie itek yang terkenal adalah dari daerah Bireuen.

8. Eungkot Kayee

Eungkot kayee adalah makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dengan cita rasa pedas dan gurih. Dalam bahasa Indonesia eungkot kayee berarti ikan kayu.

Ikan kayu tersebut adalah ikan Tuna yang dikeringkan lalu diiris kecil-kecil dan diberi bumbu santan kelapa, kentang, cabai hijau dan juga rempah-rempah sehingga makanan ini memiliki aroma yang sedap.

makanan enak khas aceh

9. Sie Reubeouh Cuka

Makanan dengan bahan baku daging rebus yang dipadukan dengan bumbu halus serta ditambah cuka. Rasa dari makanan ini asam dan segar. Daging yang digunakan umumnya daging sapi dan daging kambing. Makanan ini enak disantap selagi hangat.

10. Bu Briani

Nasi komplit yang dibuat dengan cara dikukus bersamaan dengan daging dan bumbu rempah-rempah. Pada saat penyajian, Bu briani dilengkapi dengan acar, dalcan, dan kerupuk melinjo (kerupuk meuling).

11. Bubur Kanji Rumbi

Bubur yang terbuat dari beras yang ditumbuk kasar, direbus lalu dibumbui dengan bawang merah, lada, ketumbar, jahe, biji pala dan adas manis.

Bubur yang kaya akan rempah-rempah ini memiliki aroma yang segar. Sebagai pelengkap, bubur ini akan disajikan bersamaan dengan telur setengah matang, ayam, dan udang yang ditaburi di atasnya.

12. Sate Matang

Hampir sama dengan sate pada umumnya, sate ini diberi nama sate matang karena asal usulnya berasal dari kota Matang Geuleumpang Dua, kecamatan Bireuen.

Daging yang digunakan adalah daging kambing. Satu hal yang unik dari kuliner ini adalah sate disajikan bersamaan dengan kuah kaldu kambing yang kaya akan bumbu rempah dan ada potongan kecil daging kambing. Sebagai tambahan penyedap, di atas kuah ditaburi dengan bawang goreng.

kuliner lezat khas aceh

13. Sambai Udeueng

Sambai udeueng adalah salah satu jenis sambal yang dipadukan dengan udang yang telah dihaluskan. Perpaduan cabai rawit, udang halus, bawang merah dan belimbing wuluh menciptakan rasa pedas dan gurih serta sangat menyegarkan. Sambai udeueng sangat nikmat jika dipadukan bersamaan dengan nasi hangat.

14. Beulacan

Sejenis pepes yang terbuat dari parutan kelapa, diberi bumbu rempah, lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar hingga matang. Setelah matang, aroma sedap akan segera muncul ketika daun pisang dibuka.

15. Tumeh Tirom

Tidak semua masakan Aceh kaya akan bumbu. Tumeh Tirom atau Tumis Tiram adalah masakan yang hanya menggunakan bahan tambahan cabai hijau, kentang dan sedikit asam sunti. Hal tersebut dimaksudkan agar rasa manis dari tiram tetap terjaga.

16. Martabak Telor

Terbuat dari adonan tepung terigu yang tipis. Berisi telur dan sayuran lalu dimasak di atas penggorengan datar.

17. Boh Itek Masen

Boh itek masen sama dengan telur bebek yang telah diasinkan. Sangat cocok sebagai pelengkap dalam hidangan utama.

Kue Khas Aceh

kue khas aceh

1. Boh Rom-Rom

Kue kecil yang manis rasanya, berasal dari kota Lhokseumawe. Terbuat dari tepung ketan dan berisi gula merah, disajikan bersamaan dengan parutan kelapa. Ketika digigit maka akan terasa ledakan gula merah di dalam mulut. Hmmm sungguh nikmat sekali. Kue ini mirip dengan klepon.

2. Bhoi

Merupakan bolu tradisional Aceh yang memiliki rasa yang manis. Biasanya dijadikan antaran ketika acara pernikahan.

3. Timphan

Terbuat dari perpaduan tepung dan telur, diisi dengan parutan kelapa, lalu dibungkus dengan daun pisang sembari dibentuk memanjang. Rasa gurih dari kue ini membuat wisatawan tidak akan cukup jika hanya makan satu.

4. Keukarah

Kue ini berbentuk seperti sarang burung walet. Memiliki rasa yang renyah dan manis. Pada saat menjelang hari raya atau acara adat dan kenduri di Aceh, kue ini menjadi salah satu pilihan untuk disajikan. Keukarah sangat nikmat sebagai teman sembari minum kopi atau teh.

kue enak khas aceh

5. Roti Cane

Roti Cane sama dengan makanan india, terbuat dari tepung terigu, mentega dan garam. Roti Cane umumnya disajikan bersamaan dengan gulai ayam.

6. Bakpia Sabang

Kue yang mirip dengan bakpia Yogyakarta ini dapat ditemui di kota Sabang. Rasanya unik, manis dan gurih. Bakpia Sabang memiliki beberapa varian rasa, seperti rasa pandan, durian, dan kacang hijau. Kue ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dari kota Sabang.

7. Rujak Aceh

Berbeda dengan rujak pada umumnya, Rujak Aceh memiliki cita rasa unik yang berasal dari buah batok dan buah rumbia (salak Aceh).

Bersamaan dengan beberapa buah lainnya, buah-buahan tersebut diparut atau dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan gula merah. Rasa manis, pedas, kecut dan sedikit pahit mewarnai lidah pada saat mencoba Rujak Aceh.

Minuman Khas Aceh

kopi aceh1. Kopi Aceh

Kopi Aceh benar-benar memiliki cita rasa kopi kelas dunia dan sangat nikmat. Bagi wisatawan pecinta kopi, jangan lupa untuk menikmati kopi Aceh yang telah terkenal hingga ke mancanegara.

Setidaknya ada 2 jenis kopi Aceh yang wajib untuk dicoba yaitu kopi ulee kareng (berasal dari kampung ulee kareng) dan gayo land coffee (berasal dari dataran tinggi gayo).

Di warung kopi solong wisatawan dapat melihat penyajian kopi yang khas melalui saringan kain, lalu kopi dituangkan berpindah-pindah dari satu ceret ke ceret yang lain. Aceh memang layak disebut sebagai Negeri Seribu Warung Kopi.

sanger2. Sanger

Sanger adalah minuman yang mirip dengan kopi susu maupun cappucino.

Minuman ini memadukan antara kopi Aceh dan susu kental manis dengan takaran tertentu, sehingga menciptakan sebuah minuman yang terasa nikmat di lidah.

Itulah beberapa kuliner khas Aceh. Bagi Anda yang sedang liburan ke Aceh, rugi jika tidak merasakan aneka makanan dan minuman tersebut.

Please Share :

Related Post


Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang
Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang

Pada masa lalu, songket adalah kain mewah yang hanya bisa…

8 Pantai Indah Di Aceh – Wisata Pantai dan Bahari di Prov. Aceh
8 Pantai Indah Di Aceh – Wisata Pantai dan Bahari di Prov. Aceh

Provinsi Aceh memiliki beberapa pantai yang indah dan menawan. Bagi anda…

Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan
Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Berlibur ke provinsi Aceh tidak hanya berkunjung ke 8 pantai…

Air Terjun Blang Kolam – Kesegaran Di Kota Lhokseumawe
Air Terjun Blang Kolam – Kesegaran Di Kota Lhokseumawe

Setelah puas berkeliling kota Banda Aceh, wisatawan bisa berkunjung ke…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *