Home  /  Kuliner  / Kuliner Khas Lombok – Menikmati Kelezatan Aneka Makanan Khas Lombok

Kuliner Khas Lombok – Menikmati Kelezatan Aneka Makanan Khas Lombok


Kuliner Khas Lombok – Menikmati Kelezatan Aneka Makanan Khas Lombok

Berlibur ke Pulau Lombok bersama dengan teman atau keluarga akan memberikan pengalaman wisata yang sungguh menyenangkan. Pulau yang berada di sebelah timur Pulau Bali ini memiliki aneka obyek wisata yang indah dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Disamping itu, pastinya wisatawan juga ingin mencoba menikmati aneka kuliner khas Lombok. Simak ulasannya berikut ini.

Aneka Kuliner Khas Lombok :

kuliner-khas-lombok1. Ayam Taliwang

Kelezatan dari makanan ini telah dikenal oleh banyak orang. Ayam Taliwang adalah salah satu kuliner khas Lombok yang memiliki rasa yang enak dan pedas.

Daging ayamnya terasa sedikit manis dan empuk. Hal ini dikarenakan ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang berumur sekitar 4 bulan.

Kemudian ayam tersebut dapat diolah dengan cara digoreng, dipanggang, ataupun dibakar.

Proses pembakaran ataupun penggorengan ayam tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan tungku api dengan bahan bakar kayu nangka atau kayu kopi agar memberikan aroma yang enak terhadap makanan.

Untuk bumbunya terdapat dua pilihan yaitu pelecingan dan pelalah. Pelecingan dibuat dari cabai merah dan rawit, garam, kemiri, dan terasi. Rasa dari bumbu ini cukup pedas. Sedangkan pelalah terbuat dari santan dan menggunakan sedikit terasi, lalu digoreng bersama dengan potongan ayam.

Dahulu, Ayam Taliwang adalah hidangan kerajaan. Makanan ini terkenal hingga saat ini atas jasa Papuq (nenek) Maknawiyah. Beliau adalah pedagang nasi ayam yang berasal dari kampung Taliwang Lombok.

Awalnya Papuq Maknawiyah hanya berjualan nasi ayam di pasar Cakranegara. Seiring dengan bertambahnya usia yang semakin menua, akhirnya beliau memutuskan untuk berjualan di rumah. Lalu racikan Ayam Taliwang dilestarikan oleh Muhibin Murad yang merupakan saudara jauh dari Papuq Maknawiyah.

Saat ini, bagi wisatawan yang ingin merasakan kelezatan dari Ayam Taliwang, cobalah untuk berkunjung ke kawasan Cakranegara. Di sana telah berdiri beberapa tempat yang menjual Ayam Taliwang dengan rasa yang lezat.

plecing kangkung2. Plecing Kangkung

Kuliner yang satu ini dapat dijumpai tidak hanya di Pulau Lombok. Di Pulau Bali juga terdapat makanan yang sejenis. Sedangkan beberapa daerah lainnya mengenal makanan ini dengan nama cah kangkung.

Namun, setiap daerah pasti memiliki cita rasa tersendiri walaupun bahan utamanya sama yaitu sayur kangkung.

Sayur kangkung segar yang akan diolah menjadi salah satu kuliner khas Lombok ini pertama-tama akan direbus, kemudian sayur tersebut akan disajikan dalam bentuk yang melingkar.

Lalu di atas sayur akan diberi tauge, kacang goreng, dan sambal plecing. Sambal plecing terbuat dari cabai rawit, tomat, terasi, dan sedikit garam. Kehadiran tauge dan kacang goreng berfungsi untuk mengurangi rasa pedas dari sambal plecing.

Nasi Balap Puyung3. Nasi Balap Puyung

Nama dari kuliner ini cukup unik yaitu Nasi Balap Puyung. Makanan khas Lombok ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas.

Hampir setiap orang yang mencobanya akan ketagihan untuk kembali merasakan kelezatannya.

Dalam satu porsi Nasi Balap Puyung terdiri dari nasi, suwiran daging ayam yang telah diolah dengan cabai, taburan udang kering, kacang kedelai, belut goreng, telur asin, dan abon.

Di Pulau Lombok, Nasi Balap Puyung yang terkenal adalah milik Inaq Esun. Beliau adalah orang pertama yang menjual kuliner khas Lombok ini. Bagi Anda yang ingin mencobanya, cabang utama dari Nasi Balap Puyung Inaq Esun berada di Desa Puyung, Kab. Lombok Tengah.

Selain itu, terdapat 2 cabang lainnya yang berada di Jln. Sriwijaya Mataram dan Plaza Senggigi.

sate bulayak4. Sate Bulayak

Sajian Sate Bulayak terdiri dari sate daging sapi atau jeroan dan bulayak. Sate tersebut akan dibumbui dengan bumbu khas Lombok yang bercita rasa pedas dan gurih.

Bumbu tersebut terbuat dari kacang tanah halus yang direbus dengan menggunakan santan dan dicampur dengan beberapa bumbu lainnya seperti cabai, jintan, ketumbar, dan bawang.

Sebelum dibakar, daging sapi atau jeroan yang telah ditusuk akan dilumuri dengan bumbu tersebut. Setelah matang, sate akan diberi air jeruk nipis dan sambal.

Bulayak adalah bahasa Lombok yang berarti lontong. Namun, lontong khas Lombok ini tidak dibungkus dengan menggunakan daun pisang ataupun plastik, melainkan dengan daun enau atau aren dan dibentuk memanjang secara spiral.

Cara untuk membungkusnya sama dengan lepet (salah satu jajanan khas Jawa). Akan tetapi lepet menggunakan beras ketan.

Kuliner khas Lombok ini dapat dengan mudah Anda temukan di Taman Narmada, Taman Suranadi, dan juga Pura Lingsar.

sate rembiga5. Sate Rembiga

Sate Rembiga menggunakan bahan utama daging sapi. Rasa dari sate ini adalah pedas, gurih, dan sedikit manis.

Nama dari kuliner khas Lombok ini diberikan sesuai dengan daerah awal mula makanan ini diperdagangkan yaitu Desa Rembiga.

Sate Rembiga telah hadir sejak zaman kerajaan. Jika Anda sedang berlibur di Lombok, sempatkan diri untuk mencoba kelezatan Sate Rembiga.

Salah satu warung sate yang telah terkenal di Lombok adalah Warung Rembiga yang berada di Jln. Dakota, Nomor 2, Rembiga. Warung ini dekat dengan Bandara Selaparang.

sate tanjung6. Sate Tanjung

Selain Sate Rembiga dan Sate Bulayak, Anda juga wajib untuk mencoba kelezatan dari Sate Tanjung. Awalnya kuliner khas Lombok ini akan disajikan pada saat acara keagamaan dan perkawinan.

Bahan baku utama yang digunakan adalah ikan cakalang atau ikan marlin atau bisa juga menggunakan ikan Langoan.

Selain menggunakan bumbu rempah seperti cabai, lengkuas, kemiri, dan kunyit, makanan ini juga dipadukan dengan santan kelapa dan tepung. Cita rasa yang dihasilkan oleh kuliner ini adalah pedas dan gurih.

Sate Tanjung dapat dengan mudah ditemukan di Pasar Tanjung dan Terminal Tanjung. Makanan ini akan semakin nikmat untuk disantap jika ditemani dengan irisan lontong atau sepiring nasi hangat.

ares7. Ares

Kuliner khas Lombok ini menggunakan bahan baku utama yaitu pelepah pisang atau juga bisa memakai batang pisang muda.

Bahan tersebut akan diolah dengan menggunakan bumbu tradisional Suku Sasak sehingga menjadi sebuah sayuran dengan rasa yang manis serta gurih.

Bagi Anda yang tidak menyukai rasa pedas, Sayur Ares bisa menjadi alternatif pilihan yang lezat. Makanan ini akan semakin mantap untuk dinikmati jika dihidangkan bersamaan dengan sepiring nasi hangat.

bebalung8. Bebalung

Bebalung adalah salah satu kuliner khas Lombok dimana bahan utamanya adalah tulang iga kerbau atau sapi.

Iga tersebut akan dipadukan dengan aneka bumbu rempah sehingga menjadi sebuah makanan yang menyegarkan dengan rasa yang gurih serta sedikit pedas.

Jika Anda merasa kurang pedas, terdapat sambal yang dapat langsung dicampur dengan Bebalung.

Bebalung sangat nikmat untuk disantap selagi hangat. Sebelum disajikan, di atas Bebalung akan ditaburi dengan bawang goreng. Apabila Anda ingin menikmatinya, salah satu tempat makan Bebalung yang terkenal di Pulau Lombok adalah Depot Kelebet. Depot tersebut berlokasi di belakang kantor Gubernur NTB tepatnya di Jln. HOS Cokroaminoto.

Beberuk Terong9. Beberuk Terong

Bagi Anda yang menyukai lalapan pada saat makan, cobalah untuk mencicipi Beberuk Terong. Kuliner khas Lombok ini merupakan teman sejati pada saat menikmati Ayam Taliwang.

Bahan utamanya yaitu terong ungu yang dipotong-potong dan dipadukan dengan tomat serta beberapa bumbu rempah lainnya seperti cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, kencur, dan lain-lain.

Bumbu tersebut akan disiram di atas terong, lalu ditambahkan sedikit air jeruk limau. Rasa dari Beberuk Terong adalah pedas, manis, asam, dan pastinya menyegarkan.

Poteng Jaje Tujak10. Poteng Jaje Tujak

Kuliner khas Lombok ini merupakan hidangan khas pada saat Lebaran. Makanan ini terdiri dari 2 bagian yaitu Poteng (tape ketan) dan Jaje Tujak (tetel atau gemblong).

Poteng terbuat dari beras ketan yang dipadukan dengan daun suji serta pandan. Setelah dikukus selama 1,5 jam, ketan tersebut akan ditaburi dengan ragi sehingga menjadi tape.

Sedangkan Jaje Tujak juga terbuat dari beras ketan yang dikukus bersama dengan parutan kelapa muda dan diberi sedikit garam. Setelah matang, ketan tersebut akan ditumbuk hingga lembut lalu dicetak dalam sebuah loyang.

Iwel11. Iwel

Iwel adalah kue khas Lombok yang terbuat dari ketan hitam. Ketan hitam tersebut akan disangrai lalu ditumbuk hingga menjadi tepung.

Kemudian tepung ketan hitam akan dicampurkan dengan kelapa parut yang sebelumnya telah dipanggang.

Agar memberikan rasa manis, campuran tersebut akan dipadukan dengan cairan kental gula merah lalu dikukus hingga matang.

Kuliner khas Lombok ini memiliki rasa yang enak, manis, serta legit. Iwel dapat bertahan hingga lima hari.

cerorot12. Cerocot

Kuliner khas Lombok ini memiliki nama yang unik. Akan tetapi, rasa dari jajanan yang satu ini akan membuat anda tertarik untuk mencobanya lagi.

Bahan baku untuk membuat kue ini adalah gula merah dan tepung beras.

Adonan tersebut akan dimasukkan ke dalam sebuah tempat yang terbuat dari daun kelapa muda (janur kuning) yang telah dibentuk seperti kerucut. Kemudian cerocot akan dimasak dengan cara dikukus.

Untuk menyantapnya Anda harus menekan bagian bawah dari pembungkus kue sampai isinya keluar. Cerocot memiliki rasa yang enak dan manis.

Please Share :

Related Post


Aneka Kuliner Khas Palembang – Begitu Menggoda dan Lezat
Aneka Kuliner Khas Palembang – Begitu Menggoda dan Lezat

Berlibur ke Kota Palembang tidak lengkap jika tidak mencoba aneka…

Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung
Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung

Lokasi Pantai Batu Payung berada tidak jauh dari Pantai Tanjung…

Pesona Keindahan Tanjung Ringgit – Nuansa Santai Di Atas Tebing
Pesona Keindahan Tanjung Ringgit – Nuansa Santai Di Atas Tebing

Pesona keindahan Tanjung Ringgit telah dikenal hingga ke mancanegara. Kawasan…

Liburan Yang Menyenangkan Di Pantai Surga Lombok
Liburan Yang Menyenangkan Di Pantai Surga Lombok

Keindahan dari Pantai Surga Lombok mulai dikenal oleh para wisatawan.…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *