Home  /  Kuliner  / 32 Makanan Khas Bali – Kenikmatan Wisata Kuliner di Bali

32 Makanan Khas Bali – Kenikmatan Wisata Kuliner di Bali


32 Makanan Khas Bali – Kenikmatan Wisata Kuliner di Bali

Berwisata ke suatu daerah tidak hanya untuk menikmati keindahan alamnya saja. Selain mempelajari seni dan budayanya, tentunya wisatawan ingin merasakan makanan khas dari daerah tersebut. Di pulau Bali telah tersedia beberapa makanan khas yang layak untuk dicoba oleh para wisatawan. Apa sajakah makanan khas Bali?

Berikut Beberapa Makanan Khas Bali :

makanan khas bali1. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan makanan khas Bali yang telah dikenal oleh setiap wisatawan yang sering berkunjung ke pulau Bali.

Rasa pedas, gurih, dengan aroma rempah-rempah yang tajam, merupakan ciri khas dari makanan ini.

Proses pembuatan dari kuliner ini melalui 2 tahap pengolahan. Setelah ayam dibalut dengan aneka bumbu pilihan, ayam tersebut akan direbus selama beberapa jam. Proses terakhir dari tahap pengolahan ayam betutu adalah ayam yang telah direbus akan dibakar atau digoreng sesuai dengan selera dari wisatawan.

Warung makan ayam betutu yang terkenal di Bali adalah RM. Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Terdapat beberapa cabang dari rumah makan ini yaitu di Renon (Jln. Merdeka), Tuban (Jln. Raya Tuban), Central Parkir (Jln. Raya Kuta), Buluh Indah (Jln. Buluh Indah), Kediri (Jln. Raya Kediri), dan Luwus-Tabanan (Jln. Raya Denpasar).

2. Bebek Betutu

Pengolahan bebek betutu sama dengan ayam betutu. Perbedaan dari kedua makanan tersebut adalah hanya dari bahan baku utama yang digunakan. Di RM. Ayam Betutu Khas Gilimanuk juga tersedia menu bebek betutu.

3. Babi Genyol

Babi genyol adalah makanan dengan bahan baku utama menggunakan campuran antara kulit dan daging babi yang digoreng. Umumnya makanan ini akan disajikan dengan beberapa lauk sederhana seperti lawar (campuran antara sayur mayur dan daging cincang yang berbumbu).

Rumah makan yang menyajikan menu babi genyol diantaranya adalah:

a. Babi Guling Be Genyol, Alamat: Jl. Cokroaminoto, Ubung, Denpasar Utara, Bali

b. Babi Genyol Men Darta, Alamat: Jl. Parean Bedugul, Luwus, Baturiti, Tabanan, Bali

c. Warung Sabo Nabe Bali, Alamat: Jl. WR. Supratman No.75, Denpasar, Bali.

4. Babi Guling

Babi guling merupakan salah satu jenis makanan khas Bali dengan bahan baku utama seekor babi. Perut babi akan diisi dengan aneka bumbu dan sayuran. Lalu babi tersebut akan dipanggang sembari diguling-gulingkan atau diputar-putar sampai dengan warna pada kulit berubah menjadi kecoklatan dan terasa renyah.

Rumah makan babi guling terkenal di Bali antara lain :

a. Warung Babi Guling Ibu Oka. Salah satu cabangnya berada di Jl. Raya Mas Peliatan, Ubud, Bali.

b. Babi Guling Pak Malen. Alamat: Jalan Sunset Road No. 5 Seminyak, Kuta. Rekomendasi bagi yang tidak suka pedas.Buka pada jam 09.00 s.d. 18.00.

c. Warung Babi Guling Pak Dobiel. Alamat: Jalan Srikandi, Siligita, Nusa Dua. Buka pada jam 08.00 s.d. 16.00.

d. Warung Babi Guling Candra. Alamat Jl. Teuku Umar, Denpasar. Warung ini buka sampai dengan jam 22.00. Rekomendasi bagi yang suka pedas.

e. Warung Babi Guling Nadi Jaya. Alamat: Jln. Kubu Anyar, Anyar Kerobokan, Kuta. Buka pada jam 10.00 s.d. 22.00.

f. Warung Babi Guling Bu Dayu. Berlokasi di Pasar Kuta, di depan Kantor BCA. Warung Babi Guling Bu Dayu ini baru buka di malam hari, sekitar pukul enam sore sampai tengah malam.

g. Warung Babi Guling Negari berlokasi di Jl Ratna VIII No 20, Gianyar.

h. Warung Babi Guling Sanur. Alamat: Jln. By Pass Ngurah Rai, Denpasar.

i. Warung Babi Guling Selingsing Cepaka. Alamat: Desa Cepaka, Tabanan. Rekomendasi bagi yang suka kuliner malam hari. Warung ini buka pada jam 2 pagi. Biasanya menu babi guling akan habis dalam waktu 1 jam.

lezatnya makanan khas bali5. Be Pasih Mesambel Matah

Arti dari be pasih mesambel matah adalah ikan laut sambal mentah.

Ikan laut segar yang telah diberi aneka bumbu akan dipanggang hingga matang.

Ikan ini akan terasa lebih lezat jika dipanggang menggunakan arang dari batok kelapa.

Agar kenikmatan dari ikan bakar tersebut menjadi lebih sempurna, makanan ini akan disajikan bersama dengan sepiring sambal mentah.

6. Berengkes

Berengkes adalah salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan baku ikan. Ikan yang telah diberi bumbu akan dibungkus menggunakan daun pisang.

Lalu ikan yang telah dibungkus tersebut akan dikukus hingga matang. Rasa pedas dan gurih dari makanan ini akan semakin terasa lezat jika disajikan bersama dengan sepiring nasi.

7. Blayag

Blayag adalah sejenis lontong atau ketupat yang dibungkus oleh janur. Biasanya blayag disajikan bersama dengan kuah kare, telur rebus, ayam, dan sambal.

Blayag dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional Bali, dan Kulkul Bali yang berada di Jln. Gatot Subroto Tengah, Gatsu, Denpasar.

8. Gerang Sambel Bawang

Dalam bahasa Indonesia gerang adalah ikan teri. Gerang sambel bawang adalah sambal bawang ikan teri. Sambal ini menggunakan irisan bawang dan cabai, lalu diaduk rata bersama dengan ikan teri goreng.

menyantap makanan khas bali9. Sambel Bongkot

Sambel bongkot adalah sambal mentah yang menggunakan irisan tipis bunga kecombrang lalu dicampur dengan bawang dan cabai rawit.

Rasanya pedas dan menyegarkan.

10. Garangasem

Garangasem adalah salah satu jenis makanan yang serupa dengan sayur asam. Makanan ini memiliki rasa yang pedas, gurih, asam dan menyegarkan.

11. Jejeruk

Jejeruk adalah makanan yang terbuat dari jamur tiram. Jamur tersebut akan dicampur dengan aneka bumbu rempah, parutan kelapa, dan santan.

12. Jukut Ares

Jukut ares merupakan salah satu makanan khas Bali yang istimewa. Biasanya makanan ini akan disajikan pada saat upacara keagamaan. Makanan ini terbuat dari irisan tipis pohon pisang muda yang diolah bersama dengan daging babi dan diberi aneka bumbu khusus.

ini dia makanan khas bali13. Jukut Serombotan

Jukut serombotan adalah aneka sayur mayur yang telah direbus hingga matang, lalu diberi 3 jenis bumbu khas Bali.

3 jenis bumbu tersebut adalah sambal kelapa parut, bumbu kacang, dan “unyah sere limo” (sejenis sambal terasi yang sangat pedas).

Jukut serombotan dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional Bali.

14. Jukut Urab

Sekilas jukut urab sama dengan urap-urap khas Jawa. Menggunakan aneka sayur mayur yang direbus lalu dicampur dengan parutan kelapa berbumbu.

15. Komoh

Komoh adalah sayur yang berisi hati, kulit, dan daging (babi/ayam/bebek dan lain-lain). Dengan menggunakan bumbu khusus, komoh biasanya disajikan pada saat upacara keagamaan.

16. Lawar

Lawar merupakan campuran antara sayur dan daging cincang yang diberi bumbu. Lawar merupakan hidangan pelengkap yang nikmat dan biasanya disajikan bersama dengan lauk pauk lainnya dan nasi.

Jika lawar tersebut menggunakan daging ayam maka disebut dengan lawar ayam, jika daging babi maka disebut dengan lawar babi, dan lain-lain.

apa saja makanan khas bali17. Nasi Bubuh

Nasi bubuh adalah nasi bubur. Makanan ini berasal dari kabupaten Buleleng.

Disajikan bersama dengan aneka sayuran berbumbu, sambal, dan tempe. Makanan ini sangat lezat, gurih dan pedas.

18. Nasi Jinggo

Nasi jinggo, di Jawa nasi ini dikenal dengan nama nasi kucing. Nasinya hanya sedikit, dibungkus menggunakan daun pisang dan dilengkapi dengan aneka lauk pauk dan sambal.

Wisatawan dapat dengan mudah menemukan makanan ini, salah satunya yaitu di sekitar Jln. Thamrin, Denpasar. Nasi Jinggo dijual pada pagi atau malam hari. Harganya saat ini yaitu antara Rp 3000 s.d. 5000.

19. Nasi Sela

Nasi sela adalah salah satu makanan khas Bali yaitu dari daerah Karangasem. Makanan ini berbahan baku nasi yang dicampur dengan sela (ubi jalar). Cita rasanya unik dan terasa sedikit manis. Nasi sela akan semakin nikmat untuk disantap jika ditemani dengan lauk pauk dan sambal.

Salah satu penjual nasi sela adalah Warung Ibu Nengah Sukerti yang terletak di dekat RSUD Karangasem.

20. Nasi Tepeng

Nasi tepeng merupakan makanan khas kabupaten Gianyar, Bali. Rasa dari makanan ini pedas dan berempah. Di atas lembaran daun pisang, nasi tepeng akan semakin nikmat untuk disantap jika dihidangkan bersama dengan sayur mayur, kacang merah, nangka muda, terong, dan kelapa parut.

Wisatawan dapat merasakan kenikmatan makanan khas Bali ini di Pasar Senggol, Gianyar.

makanan khas bali enak21. Nasi Yasa

Nasi yasa adalah nasi kuning yang biasanya disajikan bersama dengan daging ayam, telur, lalapan dan sambal.

Umumnya nasi ini akan dibuat pada saat upacara keagamaan.

22. Penyon

Penyon adalah hewan pesisir pantai yang mirip dengan kepiting. Hewan ini akan terasa lezat ketika dimasak dengan cara digoreng dan diberi sedikit garam.

23. Pesan Clengis

Makanan ini terbuat dari sari kelapa. Sari kelapa (clengis) tersebut berasal dari endapan pada saat membuat minyak kelapa. Setelah diberi bumbu, lalu clengis akan dimasak seperti membuat pepes (pesan).

24. Sate Kakul

Sate kakul adalah sate kerang atau sate siput. Sebelum dipanggang, sate ini akan diberi bumbu plecing sehingga akan memberikan cita rasa khas yang lezat.

Beberapa tempat yang menjual sate kakul adalah Warung Sate Kakul di Banjar Tebongkang, Singakerta, Ubud, Gianyar, Bali dan Kulkul Bali yang berada di Jln. Gatot Subroto Tengah, Gatsu, Denpasar.

Bahkan di Kulkul Bali Anda juga dapat menemukan aneka makanan khas Bali lainnya seperti blayag, babi genyol, dan sebagainya.

apakah makanan khas bali25. Sate Kablet

Sate kablet adalah sate ikan tuna. Daging ikan tuna akan dipotong berbentuk dadu dan dibalut dengan daging tuna yang telah dihaluskan.

26. Sate Lilit

Sate lilit adalah sate ikan, dimana daging ikan akan dihaluskan lalu diberi tepung dan aneka bumbu khusus.

Diberi nama sate lilit karena daging ikan yang telah dicampur dengan tepung dan bumbu akan dililitkan pada sebuah batang serai. Makanan ini memiliki rasa yang pedas, manis, gurih, dan tercium aroma dari batang serai.

Salah satu tempat untuk menikmati kuliner khas Bali ini yaitu di Pasar Sukawati, Gianyar.

27. Sate Plecing

Sate ayam, ikan atau babi yang disajikan dengan menggunakan bumbu plecing. Plecing adalah sambal tomat dengan rasa yang pedas, gurih, dan sedikit asin. Bahan untuk membuat plecing terdiri dari cabai rawit, tomat, terasi, garam, dan air jeruk limau.

Salah satu tempat untuk menikmati sate plecing yaitu di Warung Sate Plecing Arjuna yang berlokasi di Jln. Arjuna 47, Denpasar.

28. Siobak Singaraja

Siobak Singaraja adalah makanan khas Cina yang telah beradaptasi dengan cita rasa lokal. Terbuat dari daging babi yang diberi bumbu khusus, bumbu tauco, kecap, dan tepung kanji. Kandungan cuka pada sausnya akan membuat siobak semakin kaya akan rasa.

enaknya makanan khas bali29. Telur Bumbu Bali

Telur bumbu Bali adalah balado telur khas Bali.

Dengan menggunakan bumbu rempah tertentu, membuat makanan ini begitu enak untuk disantap bersama dengan nasi putih.

30. Timbungan

Timbungan adalah proses untuk mengawetkan makanan dengan cara memasukkan makanan ke dalam 1 ruas bambu. Umumnya makanan yang diawetkan dengan cara seperti ini adalah lawar.

31. Tum

Tum adalah sejenis pepes yang terbuat dari campuran antara daging ayam cincang, aneka bumbu, dan santan. Campuran dari bahan makanan tersebut akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Selain daging ayam, makanan khas Bali ini juga bisa menggunakan daging bebek dan lain-lain.

32. Urutan

Urutan merupakan sosis tradisional khas Bali. Menggunakan usus babi sebagai selongsongnya dan diisi dengan daging cincang, lemak, dan aneka bumbu khusus. Selain daging babi, selongsong tersebut bisa diisi dengan daging ayam, bebek, dan ikan.

Baca : Aneka Jajanan Khas Bali

Itulah beberapa makanan khas Bali yang siap untuk Anda coba.

 

Please Share :

Related Post


Berbelanja Di Joger – Pabrik Kata-Kata di Bali
Berbelanja Di Joger – Pabrik Kata-Kata di Bali

Berwisata ke pulau Bali, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung…

Pantai Lovina Bali – Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba Yang Menawan
Pantai Lovina Bali – Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba Yang Menawan

Lumba-lumba adalah hewan mamalia yang hidup di laut dan tergolong…

Tanah Lot – Keindahan Sunset di Pulau Bali
Tanah Lot – Keindahan Sunset di Pulau Bali

Tanah Lot, sebuah obyek wisata yang indah di Pulau Bali…

Pantai Sanur – Pesona Sunrise di Timur Bali
Pantai Sanur – Pesona Sunrise di Timur Bali

Bagi wisatawan yang mempunyai keinginan untuk berwisata ke pantai yang…



2 thoughts on “32 Makanan Khas Bali – Kenikmatan Wisata Kuliner di Bali

    • Asti / says :

      Terima kasih atas kunjungannya, iya benar sekali masakan Bali memiliki cita rasa yang pedas namun lezat 🙂



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *