Home  /  Wisata Jawa  / Malioboro – Jantung Keramaian Kota Yogyakarta

Malioboro – Jantung Keramaian Kota Yogyakarta


Malioboro – Jantung Keramaian Kota Yogyakarta

Malioboro adalah nama sebuah jalan di Kota Yogyakarta yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Jalan Malioboro dianggap sebagai saksi sejarah dan juga dikatakan sebagai jantung dari Kota Yogyakarta.

Malioboro juga merupakan salah satu ikon dari Kota Yogya yang sudah dikenal di seluruh nusantara bahkan telah mendunia. Jalan Malioboro sendiri sebenarnya adalah sebuah jalan yang menghubungkan tiga kawasan jalan di Kota Yogyakarta diantaranya jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro dan Jalan Margo Mulyo dan menghubungkan Tugu Yogyakarta hingga ke kawasan perempatan Kantor Pos Kota Yogyakarta.

delman di malioboroOleh sebab itu, dikarenakan pada sepanjang jalan ini menghubungkan banyak tempat bersejarah di Kota Yogya, maka tak heran jika Malioboro selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan selama 24 jam non stop.

Malioboro menjadi sangat ramai untuk dikunjungi dan merupakan salah satu ikon dari Kota Yogyakarta karena memiliki banyak keistimewaan yang terdapat didalamnya.

Keistimewaan dari jalan Malioboro ketika kita melewatinya adalah akan melihat berbagai banyak pedagang kaki lima yang tertata rapi sepanjang bahu jalan Malioboro dengan diimbangi oleh beberapa tempat berbelanja modern (Mall) yang juga berada disekitar jalan ini.

Hal ini karena Malioboro merupakan salah satu tempat wisata belanja terbesar di Kota yogya dimana bentuk pasar tradisional dan modern saling berdampingan. Maka, ketika Anda ingin berbelanja beberapa oleh-oleh dari Kota Jogya, Malioboro adalah tempat yang tepat.

Disini Anda akan mendapatkan segala bentuk pernak pernik, cinderamata dan beberapa oleh – oleh lain khas Kota Yogya. Untuk masalah harga Anda tak perlu khawatir, berbeda dengan beberapa tempat wisata lain yang menawarkan harga selangit, di wisata belanja Malioboro Anda akan mendapatkan harga yang cukup murah dengan proses tawar menawar secara tradisional dengan para pedagang.

cinderamata malioboro

Bukan hanya wisata belanja saja yang bisa Anda dapatkan jika Anda mengunjungi Malioboro. Anda akan mendapatkan setengah dari wisata Kota Yogyakarta jika telah berkunjung ke Malioboro. Hal ini karena beberapa bangunan bersejarah juga berdiri disepanjang jalan Malioboro yang membuat Anda merasakan sensasi sejarah dari Kota Yogyakarta.

Jika berjalan menelusuri Malioboro Anda akan menemukan beberapa bangunan bersejarah peninggalan kolonial seperti Gedung Taman Budaya, Hotel Ina Garuda, Bank BNI 46, dan Bank Indonesia. Ada juga beberapa objek wisata lain yang terdapat di sekitar area Malioboro diantaranya adalah Keraton Yogyakarta dan alun-alun, Masjid Agung, Benteng Vredeburg, Museum Sonobudoyo dan Kampung Kauman.

Beberapa wisata ini bisa Anda akses dengan berjalan kaki melalui tepi jalan di sepanjang Malioboro hingga alun-alun Kota Yogya. Beberapa pilihan alternatif lain seperti menggunakan jasa Becak atau Delman yang tersedia di sepanjang jalan Malioboro dan tentunya bisa memudahkan Anda jika ingin melakukan perjalanan wisata.

malioboro jantung keramaian kota yogyakarta

Penginapan di Malioboro

Beberapa keistimewaan dan kemudahan lain yang ditawarkan dari berwisata ke obyek wisata dan belanja Malioboro adalah wisatawan tidak perlu bingung untuk masalah menyewa tempat bermalam seperti penginapan, motel atau hotel. Hal ini dikarenakan di area Malioboro sendiri banyak sekali terdapat beberapa penginapan.

Untuk harganya ada banyak pilihan, mulai dari yang benar – benar sangat murah dan terjangkau yaitu sekitar Rp 80.000 hingga Rp 400.000, sampai dengan hotel berbintang yang memberikan fasilitas lengkap dan mewah juga tersedia di sini. Wisatawan bebas untuk memilihnya dan pastinya hal ini tidak bisa terlepas dari budget dan kebutuhan.

Transportasi Menuju ke Malioboro

Jika ada yang bertanya bagaimana akses menuju ke Malioboro, apabila wisatawan sedang berwisata di Kota Jogya tentunya hal ini tidak terlalu sulit. Saat ini Jogya sudah memiliki Trans Jogya yang beroperasi mulai dari Jam 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Baca : Museum Keraton Yogyakarta

Jika Anda datang ke Kota Jogya menggunakan Bus dan berhenti di terminal Yogya, Anda bisa langsung menaiki Bus Trans Jogya dengan tujuan ke Malioboro. Namun, apabila Anda datang dengan menggunakan kereta, wisatawan bisa berhenti di stasiun Tugu dan hanya dengan berjalan kaki atau naik becak akan sampai ke Malioboro.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan pesawat terbang, Anda bisa menggunakan jasa travel atau taxi untuk menuju Jalan Malioboro Jantungnya Kota Jogya.

Please Share :

Related Post


8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan
8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan

Terletak di Provinsi Jawa Timur, Kota Pasuruan berada di jalan…

Lezat dan Gurihnya Ikan Wader – Kuliner Khas Surabaya
Lezat dan Gurihnya Ikan Wader – Kuliner Khas Surabaya

Siapa yang belum tahu Ikan Wader ? Di Indonesia ikan…

8 Obyek Wisata Di Probolinggo Yang Patut Dikunjungi
8 Obyek Wisata Di Probolinggo Yang Patut Dikunjungi

Siapa yang tidak mengenal keindahan alam dari Gunung Bromo? Hampir…

5 Obyek Wisata Di Magetan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Magetan
5 Obyek Wisata Di Magetan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Magetan

Kabupaten Magetan juga dikenal dengan nama Kota Kaki Gunung. Hal…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *