Home  /  Wisata Lombok  / Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M

Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M


Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M

Setelah wisatawan berlibur ke beberapa pantai yang indah, berkunjung ke sebuah taman, dan menikmati keindahan panorama alam hutan yang menawan, di Kabupaten Lombok Barat terdapat sebuah obyek wisata religi atau sejarah yaitu Masjid Kuno Karang Bayan.

Beberapa ahli sejarah menyatakan bahwa masjid ini dibangun pada abad 17 M. Namun, berdasarkan dari informasi ketua adat setempat, Masjid Kuno Karang Bayan didirikan pada tahun 1020 M bersamaan dengan masuknya agama Islam di Pulau Lombok.

Belum dapat dipastikan kebenaran dari pernyataan Ketua Adat tersebut. Masjid ini didirikan oleh seorang penghulu yaitu orang pertama di Desa Karang Bayan yang beragama Islam.

Masjid Kuno Karang Bayan atau “Bayan Baleq” adalah masjid pertama yang ada di Pulau Lombok. Masjid ini dibangun di atas sebuah bukit kecil dengan ketinggian kurang lebih 5 m dari atas permukaan tanah.

masjid-kuno-karang-bayanBangunan Masjid tampak sederhana, dindingnya terbuat dari bahan baku kayu dan bambu serta atapnya terbuat dari anyaman bambu.

Atap Masjid memiliki dua tingkatan dan terlihat seperti segitiga sama sisi. Di dalam Masjid terdapat sebuah bedug yang digantung menggunakan tali rotan.

Masjid ini juga dilengkapi dengan dapur. Pada saat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, dapur tersebut akan dimanfaatkan untuk mempersiapkan aneka hidangan khas Desa Karang Bayan.

Sampai dengan sekarang, Masjid bersejarah ini masih tetap dirawat dan dipelihara dengan baik oleh penduduk setempat. Akan tetapi, Masjid Kuno Karang Bayan tidak lagi difungsikan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ibadah sehari-hari. Masjid ini hanya digunakan pada saat Hari Besar Agama Islam seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.

Di dekat Masjid terdapat dua buah rumah adat Desa Karang Bayan. Namun, salah satu rumah adat tersebut telah direnovasi menjadi lebih modern. Sampai dengan saat ini, rumah adat Desa Karang Bayan masih sering digunakan oleh warga setempat untuk bermusyawarah atau berkumpul.

Kedua rumah adat tersebut masih terlihat indah dan terawat. Selain Masjid dan rumah adat, di wilayah Desa Karang Bayan juga terdapat sebuah Pura. Pura tersebut berada di wilayah Kemalik.

Ketika wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini, akan terlihat sebuah pemandangan perbukitan yang indah sehingga memberikan kesan teduh dan asri. Bersantai sejenak di Desa Karang Bayan sembari mengunjungi beberapa obyek wisata bersejarahnya dapat memberikan energi positif yang menyegarkan.

Transportasi Menuju Ke Masjid Kuno Karang Bayan

Masjid Kuno Karang Bayan berlokasi di Desa Karang Bayan, Kec. Bayan, Kab. Lombok Barat. Ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk menuju ke tempat wisata ini.

Jalur yang pertama adalah jalur timur yaitu melalui Desa Batu Kumbang menuju ke arah utara dan melewati Pasar Endut. Sedangkan jalur yang kedua adalah jalur barat yakni melalui Desa Duman.

Apabila wisatawan tidak mempunyai kendaraan pribadi, di Pulau Lombok telah tersedia beberapa tempat yang menawarkan jasa rental mobil dan motor. Harga sewa mobil selama 10 jam adalah Rp 600.000.

Harga tersebut telah termasuk biaya untuk membeli bahan bakar dan jasa sopir. Jika wisatawan ingin menyewa motor, tarif sewa motor di Pulau Lombok sekitar Rp 50.000/hari.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengambil sebuah paket wisata. Beberapa agen wisata di Pulau Lombok telah menyediakan aneka paket wisata menarik di pulau ini dengan harga yang kompetitif.

Dengan menggunakan jasa mereka, wisatawan akan lebih nyaman selama di perjalanan dan bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang indah di Lombok sesuai dengan jadwal wisata yang ada di dalam paket tersebut.

Penginapan

Talah tersedia beberapa penginapan dengan variasi standar harga dan kelas di Kota Mataram. Biasanya wisatawan akan memilih penginapan yang berlokasi di dekat tempat wisata yang akan dituju.

Berikut beberapa penginapan yang berada di wilayah Kota Mataram :

  1. Graha Ayu
  2. Giri Hotel Mataram
  3. Idoop Hotel Lombok
  4. Mataram Square Hotel
  5. Lombok Plaza Hotel and Convention
  6. Hotel Santika Mataram
  7. Golden Palace Hotel Lombok

Saran

  1. Sebaiknya wisatawan membawa makanan dan minuman ringan untuk menemani selama di perjalanan, sehingga dapat menghilangkan rasa lapar dan dahaga walaupun bersifat sementara.
  2. Di kabupaten Lombok Tengah terdapat obyek wisata air terjun yang dikenal dengan nama Air Terjun Benang Stokel.

Pemberian nama tersebut dikarenakan air yang terjun dari ketinggian sekitar 30 meter ini seperti segumpal benang yang terikat. Tempat wisata yang indah ini hanya berjarak sekitar 30 km dari Kota Mataram.

Please Share :

Related Post


Keindahan Tanjung Bloam – Nuansa Batu Padas Di Tepi Pantai
Keindahan Tanjung Bloam – Nuansa Batu Padas Di Tepi Pantai

Kawasan wisata Tanjung Bloam sungguh sangat indah. Namun sayangnya, obyek…

Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok
Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok

Pura Batu Bolong Lombok adalah sebuah pura yang berada di…

Bersantai di Gili Nanggu – Suasana Liburan Yang Menyenangkan
Bersantai di Gili Nanggu – Suasana Liburan Yang Menyenangkan

Bersantai di Gili Nanggu akan membuat suasana liburan ke Pulau…

Air Terjun Tiu Kelep – Wisata Lombok yang Menawan
Air Terjun Tiu Kelep – Wisata Lombok yang Menawan

Setelah puas bermain air dan menikmati suasana di kawasan wisata…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *