Home  /  Wisata Jawa  / Museum Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Yogyakarta


Museum Keraton Yogyakarta

Museum merupakan salah satu tempat yang banyak dipilih baik untuk keperluan studi atau juga tujuan wisata keluarga. Museum adalah salah satu tempat untuk mengeksplor koleksi yang ada di dalam Museum sebagai bahan inspirasi, pembelajaran, dan juga sebagai hiburan.

Museum Keraton merupakan institusi yang mengoleksi dan menjaga barang-barang peninggalan Keraton pada jaman dahulu yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Kota Yogyakarta terkenal dengan kawasan wisata tradisionalnya, selain pusat belanja Malioboro-nya. Tempat wisata seperti Benteng, Keraton, dan alun- alun merupakan pilihan tepat sebagai tujuan wisata liburan. Nilai adat dan tradisinya yang masih terasa sangat kental terutama di daerah Keraton dan tetap terlihat seperti pada masa kejayaannya.

berkunjung ke museum keraton yogyakarta

Museum Keraton Yogyakarta merupakan satu kesatuan yang terdiri dari beberapa Museum di dalamnya, misalnya Museum Batik, Lukisan, Kereta, dan juga Museum Sri Sultan Hamengkubuwono.

Sebagai pelengkap liburan di Kota Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi Museum ini karena buka setiap hari mulai dari jam 08.30 sampai jam 14.00 WIB, kecuali pada hari Jumat, hanya buka sampai pukul 13.00 WIB.

Harga tiket masuk Museum Keraton Yogyakarta sangatlah terjangkau, yaitu 5.000 rupiah untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya sekitar 13.000 rupiah. Selain itu, ada ekstra tiket masuk jika wisatawan membawa kamera, yaitu sekitar 1000 rupiah.

Tiket ini bisa Anda beli di sekitar gerbang utama Keraton.

museum keraton yogyakartaBanyak kegiatan yang biasa digelar di Museum Keraton Yogyakarta, seperti misalnya wayang kulit dan pagelaran macapat.

Memang pada hari-hari tertentu (biasanya Sabtu), akan digelar pertunjukan wayang di siang hari yang digelar pada Bangsal Srimanganti. Pagelaran wayang ini mungkin hal yang kuno, tapi jarang sekali Anda temui.

Jadi tidak ada salahnya jika wisatawan duduk sebentar untuk melihat wayang yang digelar menggunakan bahasa Jawa.

Masuk lebih dalam lagi ke ruangan Museum Keraton Yogyakarta, wisatawan akan melihat banyak sekali benda antik yang dipajang dengan rapi dan bersih. Lebih serunya lagi, ketika Anda masuk ke Keraton Yogyakarta ini, wisatawan akan merasakan kehidupan Keraton pada jaman dahulu, karena memang kegiatan di Keraton masih sama seperti jaman dahulu dan tidak banyak berubah.

Seperti misalnya Anda akan bertemu dengan para abdi dalem yang menjaga setiap ruangan. Wisatawan bisa juga berfoto dengan abdi dalem tersebut. Walaupun wajahnya tidak terlalu ramah, tapi mereka dengan senang hati akan berfoto bersama Anda.

Disamping itu, terdapat juga Museum Hamengkubuwono IX, yang berisi barang–barang milik sultan, seperti misalnya kamera, jam antik pada masa penjajahan, baju tradisional Keraton untuk acara khusus juga tersedia dan rapi. Wisatawan juga dapat melihat lukisan-lukisan Keraton di Museum lukisan.

Keaslian dari benda-benda Keraton ini selalu terjaga dengan baik.

Benda yang paling menarik perhatian dengan kunjungan ke Museum Keraton Yogyakarta adalah kereta kuda. Kereta kuda tersebut dapat Anda lihat di Museum kereta kuda. Beragam kereta yang ditampilkan di Keraton ini masih digunakan oleh anggota Keraton, misalnya pada acara pernikahan atau upacara lainnya.

Jumlah kereta kuda yang bisa wisatawan lihat sebanyak 23 kereta. Tersimpan banyak sejarah dari setiap kereta kuda yang bisa Anda baca dari keterangannya. Misalnya ada kereta yang merupakan hadiah dari Spanyol, Belanda, dll. Kereta ini selalu dalam kondisi terbaik karena selalu dibersihkan pada ritual jamasan oleh para abdi dalem.

Demikian beberapa informasi mengenai Museum Keraton Yogyakarta yang bisa wisatawan gunakan sebagai referensi. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, Museum Keraton Yogyakarta berada di pusat Kota Yogyakarta sehingga tidak sulit untuk mengunjunginya.

Jangan pernah meninggalkan sejarah ya!

Please Share :

Related Post


6 Obyek Wisata Di Ngawi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ngawi
6 Obyek Wisata Di Ngawi Yang Patut Dikunjungi – Wisata Ngawi

Anda sedang berada di Kota Ngawi? Sempatkanlah untuk berwisata ke…

Semanggi Surabaya Salah Satu Kuliner Khas Surabaya
Semanggi Surabaya Salah Satu Kuliner Khas Surabaya

Liburan ke Surabaya bersama dengan keluarga atau kerabat akan menjadi…

8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan
8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan

Terletak di Provinsi Jawa Timur, Kota Pasuruan berada di jalan…

5 Obyek Wisata Di Magetan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Magetan
5 Obyek Wisata Di Magetan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Magetan

Kabupaten Magetan juga dikenal dengan nama Kota Kaki Gunung. Hal…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *