Home  /  Wisata Sumatera  /  Palembang  / 17 Obyek Wisata di Palembang yang Patut Dikunjungi

17 Obyek Wisata di Palembang yang Patut Dikunjungi


17 Obyek Wisata di Palembang yang Patut Dikunjungi

Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan kota terbesar ke-2 di Pulau Sumatera setelah Medan. Luas wilayah kota yang terkenal dengan Jembatan Amperanya ini adalah 358,55 km2.

Di masa lalu, Palembang adalah ibukota sebuah kerajaan bahari terbesar di Asia Tenggara yaitu Kerajaan Sriwijaya. Wilayah kekuasaan kerajaan tersebut meliputi sebagian wilayah Nusantara hingga ke Semenanjung Malaya.

Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang berhasil ditemukan di Bukit Siguntang, hari jadi Kota Palembang jatuh pada tanggal 17 bulan Juni tahun 688 M. Hal ini menjadikan kota yang dibelah oleh Sungai Musi menjadi kota tertua di Indonesia. Dunia barat menjuluki kota ini dengan nama Venesia dari Timur (Venice of the East).

Bagi Anda yang sedang atau akan berlibur ke kota bahari ini, terdapat beberapa obyek wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut Aneka Obyek Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi :

benteng kuto besak1. Benteng Kuto Besak (BKB)

Benteng Kuto Besak atau lebih familiar disebut dengan nama BKB adalah bangunan keraton yang didirikan pada abad XVIII.

Benteng yang menjadi pusat dari Kesultanan Palembang ini berada pada lokasi yang strategis dan juga indah.

Di depan benteng terdapat sebuah pelataran yang luas. Pelataran ini merupakan salah satu tempat bersantai yang menyenangkan di Palembang.

Lokasinya yang berada di tepi Sungai Musi membuat setiap wisatawan yang berkunjung dapat menikmati keindahan sungai yang membelah Palembang menjadi dua bagian. Kokohnya Jembatan Ampera yang menghubungkan wilayah ulu dan ilir terlihat begitu menawan.

Ketika hari menjelang sore, obyek wisata di Palembang ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah. Aneka jajanan khas Palembang dapat dengan mudah ditemukan di pelataran BKB. Aktivitas di tempat wisata ini akan berlangsung hingga dini hari.

museum sultan mahmud badaruddin ii2. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II masih berada di dekat kawasan wisata BKB.

Di dalam museum terdapat lebih dari 500 koleksi benda-benda bersejarah mulai dari peninggalan zaman Kerajaan Sriwijaya sampai dengan Kesultanan Palembang.

Museum ini berlokasi di Jln. Sultan Mahmud Badaruddin II, Nomor 2, Kel. 19 ilir, Kec. Ilir Barat I, Palembang. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II buka setiap hari dari jam 08.00 s.d. 16.00 WIB.

Namun, pada hari Jumat museum ditutup pada jam 11.30, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu jam berkunjung dimulai dari pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB. Obyek wisata di Palembang ini akan ditutup pada hari libur nasional.

monpera3. MONPERA

Bangunan berlantai 8 ini merupakan sebuah Monumen Perjuangan Rakyat yang telah berdiri sejak 23 Februari 1988.

Monumen ini menyimpan benda-benda bersejarah terutama yang berhubungan dengan perang lima hari lima malam di Kota Palembang.

Koleksi dari benda bersejarah tersebut sekitar 300 buah yang terdiri dari foto, baju dinas, persenjataan, dan lain-lain.

Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) berada dekat dengan Benteng Kuto Besak dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Obyek wisata di Palembang ini berlokasi di Jln. Merdeka Nomor 1, Kel. 19 Ilir, Kec. Ilir Barat I Palembang 30132.

pagoda pulau kemaro4. Pulau Kemaro

Selain menikmati keindahan Sungai Musi dari pelataran BKB, wisatawan juga bisa menyewa perahu motor untuk menelusuri sungai tersebut.

Perjalanan wisata bahari ini akan lebih menyenangkan jika Anda menuju ke sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Kemaro.

Jarak antara kedua obyek wisata di Palembang ini adalah sekitar 6,5 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 25 menit menelusuri Sungai Musi.

Di Pulau Kemaro terdapat vihara sebagai tempat ibadah bagi umat Budha. Umumnya, umat Budha yang berkunjung ke pulau ini selain beribadah mereka juga akan berziarah.

Selain itu, wisatawan juga akan berjumpa dengan Pagoda berlantai 9. Pagoda ini dibangun pada tahun 2006.

songket tanggo buntung5. Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung

Kota Palembang telah terkenal sebagai salah satu daerah pengrajin kain songket terbaik di Indonesia. Berdasarkan cerita, konon teknik menenun songket telah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya.

Pada masa itu, bahan baku untuk membuat songket berasal dari pedagang India yaitu berupa benang emas dan perak, sedangkan benang sutra didapatkan dari pedagang Cina.

Kain tenun mewah ini biasanya akan dipakai pada saat acara-acara penting seperti ketika acara pernikahan.

Bagi Anda yang sedang berlibur di Kota Palembang, sempatkanlah untuk berkunjung ke Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung. Obyek wisata di Palembang ini berada di Jln. Ki Rangga Wirasentika dan Jln. Ki Gede Ing Suro, Kel. 30 ilir, Kec. Ilir Barat II, Palembang.

Di kawasan ini terdapat beberapa toko yang memajang aneka koleksi songket berkualitas dengan harga yang bervariasi.

masjid agung sultan mahmud badaruddin6. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Setelah mengunjungi beberapa obyek wisata di Palembang seperti BKB, museum, sentra kerajinan songket, dan lain-lain, tidak ada salahnya jika Anda juga berwisata religi ke Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin.

Masjid terbesar di Kota Palembang ini berada di pusat kota dekat dengan Jembatan Ampera. Bangunan masjid memadukan 3 buah budaya yaitu budaya Indonesia, Eropa, dan Cina.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin telah berdiri sejak abad ke-18, yakni pada zaman pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I Jaya Wikrama. Kondisi bangunan masjid pada saat ini merupakan hasil renovasi pada tahun 2000 dan selesai pada tahun 2003.

Masjid terbesar di Provinsi Sumatera Selatan ini diresmikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri.

area bermain di taman kambang iwak7. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak – obyek wisata di Palembang yang telah ada sejak zaman Belanda. Dahulu, taman ini dibangun sebagai tempat rekreasi bagi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar taman.

Sampai dengan saat ini, di kawasan Talang Semut masih terdapat rumah peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh.

Lokasi taman yang strategis dan berada di depan Hotel Swarna Dwipa, membuat tempat wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan terutama pada pagi dan sore hari.

Selain berekreasi, mereka juga bisa berolahraga mengelilingi taman sepanjang kurang lebih 800 meter. Kehadiran arena bermain anak-anak di lingkungan taman, tentunya akan membuat anak-anak senang bermain di taman yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai Taman Kota Terbaik di Indonesia pada tahun 2008 dan 2010.

Taman Kambang Iwak berada di Jln. Dr. Sutomo – Jln. Tasik, Palembang.

kampung kapitan palembang8. Kampung Kapitan

Terletak di seberang Benteng Kuto Besak, Kampung Kapitan adalah sebuah kampung Cina yang berada di Kota Palembang. Obyek wisata di Palembang ini menyimpan sejarah serta budaya dari etnis Tionghoa.

Diberi nama Kapitan karena pada masa lalu ada seseorang di wilayah ini yang dipilih oleh Belanda untuk menjadi seorang pemimpin berdasarkan pada status ekonominya yang tinggi.

Adapun tugas dari seorang Kapitan adalah mengurus masalah kependudukan, pernikahan, perceraian, dan juga masalah pajak usaha yang akan diberikan kepada Belanda.

Berlibur ke Kampung Kapitan seperti membawa Anda menuju ke masa 200 tahun yang lalu. Di kampung ini terdapat banyak bangunan kuno dan masih bertahan dengan bentuk aslinya.

Jika diperhatikan, arsitektur bangunan di Kampung Kapitan merupakan perpaduan antara Palembang, Cina, dan Belanda. Kampung Kapitan berlokasi di Kelurahan 7 Ulu, Kec. Seberang Ulu 1.

jakabaring sport city9. Jakabaring Sport City

Berlibur ke Jakabaring Sport City bersama dengan keluarga ataupun teman dapat menjadi alternatif wisata di Kota Palembang.

Selain terdapat Gelora Sriwijaya yaitu stadion kebanggaan masyarakat Palembang yang pernah beberapa kali menyelenggarakan aneka event besar tingkat nasional dan internasional, di tempat ini juga terdapat sarana olahraga lainnya seperti lapangan tembak, aquatic center, arena panjat dinding, softball, squash dan lain-lain.

Namun, salah satu lokasi yang sangat disukai oleh para wisatawan adalah bersantai di Danau Jakabaring.

Obyek wisata di Palembang ini akan menampilkan sebuah pesona alam danau buatan yang indah dan tenang. Sangat tepat sebagai tempat untuk berekreasi bersama dengan keluarga.

taman pelangi10. Taman Pelangi

Taman Pelangi – salah satu obyek wisata di Palembang yang akan bercahaya di waktu malam. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan mulai dari sore hari hingga malam.

Taman yang berada di kawasan Jakabaring ini mulai beroperasi pada pukul 17.00 hingga 23.00 WIB.

Selain menikmati keindahan taman yang penuh dengan cahaya indah warna warni seperti sebuah pelangi, wisatawan juga bisa menyewa bendi dengan tarif Rp 25.000.

Jika anak Anda ingin merasakan nikmatnya menunggang kuda, dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 anak-anak akan dibawa mengelilingi taman. Selain itu, di lokasi taman juga terdapat beberapa rumah adat Kabupaten Sumatera Selatan.

Wisatawan dapat berfoto di depan rumah tersebut sembari menyaksikan aneka bentuk bangunan unik nan indah.

danau opi11. Danau OPI

Danau Opi merupakan salah satu tempat rekreasi yang menarik di Kota Palembang. Aktivitas di danau buatan ini mulai ramai pada saat sore hari dan semua kegiatan akan berhenti menjelang malam.

Selama berada di Danau Opi wisatawan bisa bermain sepeda air dan banana boat.

Setelah lelah bermain, telah tersedia beberapa kedai atau warung sederhana di pingir danau. Warung tersebut menjual aneka makanan dan minuman sederhana seperti jagung bakar dan es kelapa muda.

Obyek wisata di Palembang ini berada di kawasan Jakabaring, tepatnya di dalam perumahan Ogan Permata Indah.

masjid al islam muhammad cheng ho sriwijaya12. Masjid Cheng Ho

Masih berada di kawasan Jakabaring, melalui sebuah jalan yang bersebrangan dengan pintu masuk Jakabaring Sport City terdapat sebuah masjid bernuansa budaya Cina, Palembang, dan Arab.

Masjid berwarna merah ini dikenal dengan nama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya atau lebih sering disebut dengan nama Masjid Cheng Ho.

Terdapat dua lantai pada masjid ini dan dapat menampung hingga 600 jemaah.

Masjid Cheng Ho berlokasi di Perumahan Amin Mulia Jakabaring. Obyek wisata religi di Palembang ini dibangun atas prakarsa dari Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI).

Peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 2005, dan pada tahun 2008 dilaksanakan sholat Jum’at yang pertama di Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya.

museum balaputra dewa13. Museum Balaputra Dewa

Museum Balaputra Dewa berada di Jln. Srijaya km 5, Palembang. Di dalam museum terdapat beberapa koleksi mulai dari zaman prasejarah sampai dengan zaman revolusi.

Obyek wisata di Palembang ini memiliki 3 gedung pameran, sebuah auditorium, sebuah ruangan untuk pameran khusus, dan 1 ruang galeri Malaka.

Jika Anda menuju ke belakang gedung pameran dua, terdapat beberapa patung dan arca peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya.

Kemudian berjalan sedikit ke belakang gedung pameran tiga, berdiri dengan kokoh rumah khas Palembang yang dikenal dengan nama Rumah Limas lengkap dengan isinya serta terdapat taman yang indah di sekitar halaman rumah.

Berwisata ke Museum Balaputra Dewa akan memperkaya wawasan Anda dan juga anak-anak.

wisata punti kayu palembang14. Hutan Wisata Punti Kayu

Obyek wisata di Palembang ini adalah satu-satunya hutan wisata yang ada di Kota Palembang.

Lokasi Hutan Wisata Punti Kayu terletak di Jln. Kol. H. Burlian, km 6,5 Palembang. Dengan luas sekitar 50 hektar, hutan yang didominasi oleh tanaman pinus ini memiliki aneka hiburan yang menarik bagi keluarga.

Bagi Anda yang pernah berlibur ke Monkey Forest atau Sangeh, di Hutan Wisata Punti Kayu wisatawan juga bisa berjumpa dengan kera atau monyet.

Mereka hidup berkelompok dan bisa diajak berinteraksi dengan cara diberi kacang atau pisang. Bertamasya, bermain sepeda air, ke kebun binatang, outbond, dan lain-lain adalah kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini.

wataerpark di danau tanah mas15. Danau Tanah Mas

Berada di wilayah km 14, Danau Tanah Mas merupakan salah satu obyek wisata di Palembang yang menyenangkan.

Di tempat wisata ini wisatawan bisa bermain air, bermain sepeda air sembari mencoba memberi makan ikan mas, memancing, dan lain-lain.

Obyek wisata yang terbagi menjadi 3 kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat hari libur.

Aneka kedai yang berada di tempat ini telah siap untuk menyajikan beberapa makanan dan minuman khas Palembang yang nikmat untuk disantap setelah lelah beraktivitas.

permainan di amanzi waterpark16. Amanzi Waterpark

Suasana Kota Palembang yang cukup panas, tentunya akan membuat Anda ingin mencari tempat berlibur yang menyegarkan.

Amanzi Waterpark, salah satu obyek wisata di Palembang yang terletak di Jln. Tembus Alang-Alang Lebar km 12, mampu untuk memberikan hiburan yang menyenangkan dan menyegarkan bagi Anda.

Aneka permainan air yang dihadirkan di wahana ini akan membuat para pengunjung merasa senang dan lupa akan waktu.

Secara umum terdapat tujuh buah wahana di Amanzi Waterpark yaitu kolam arus, kilimanjaro tower, the velocity, the cyclone, the raft, the falls, zimba dan cora.

senang-senang di opi water fun17. OPI Water Fun

OPI Water Fun juga termasuk salah satu wahana air yang menyenangkan di Kota Palembang.

Wisata air ini berada di Jln. Gubernur Hasan Basri, Jakabaring.

Harga tiket OPI Water Fun pada hari libur/Minggu adalah Rp 60.000/orang.

Obyek wisata di Palembang ini selalui ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah.

Terutama pada saat hari libur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tampak begitu menyukai berlibur di OPI Water Fun.

Please Share :

Related Post


Penginapan Murah Di Aceh – Penginapan Yang Menyenangkan
Penginapan Murah Di Aceh – Penginapan Yang Menyenangkan

Bagi wisatawan yang memiliki rencana untuk berlibur ke Aceh, telah…

Danau Tanah Mas Palembang – Wisata Keluarga Yang Menyenangkan
Danau Tanah Mas Palembang – Wisata Keluarga Yang Menyenangkan

Danau Tanah Mas Palembang merupakan salah satu obyek wisata keluarga…

Museum Aceh
Museum Aceh

Pada tanggal 31 Juli 1915, yaitu pada zaman pemerintahan Hindia…

Wisata Pemandian Air Dingin Lhok Pawoh – Pesona Aceh Selatan
Wisata Pemandian Air Dingin Lhok Pawoh – Pesona Aceh Selatan

Mungkin belum banyak wisatawan yang mengetahui tentang obyek wisata ini,…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *