Home  /  Wisata Bali  / Obyek Wisata Goa Gajah – Wisata Bersejarah di Pulau Bali

Obyek Wisata Goa Gajah – Wisata Bersejarah di Pulau Bali


Obyek Wisata Goa Gajah – Wisata Bersejarah di Pulau Bali

Goa Gajah adalah salah satu obyek wisata bersejarah di pulau Bali. Sebuah wihara sebagai tempat pemujaan para Bhiksu dari umat agama Budha. Arti dari Goa Gajah diperkirakan berasal dari kata “Lwa Gajah”, dimana kata “Lwa” bermakna sungai.

Sehingga bisa diambil kesimpulan arti dari kata “Lwa Gajah” adalah sebagai sebuah tempat pertapaan yang berada di tepi sungai. Nama Lwa Gajah tercatat di dalam kitab Negarakertagama, sebuah kitab Jawa kuno yang dibuat oleh Mpu Prapanca sekitar tahun 1365 Masehi.

suasana di goa gajahObyek wisata Goa Gajah didirikan di tepi jurang. Lokasi ini adalah tempat pertemuan sungai-sungai kecil yang mengalir menuju ke sungai Petanu.

Pertemuan antara 2 aliran sungai dipandang mempunyai sebuah kekuatan magis, sehingga pada tempat ini dibangun sebuah pertapaan.

Begitu wisatawan tiba di tempat wisata, telah disediakan areal untuk parkir kendaraan. Tarif parkir mobil di lokasi wisata ini adalah Rp 5.000/mobil.

Setelah itu, wisatawan bisa menuju ke tempat penjualan tiket. Harga tiket masuk obyek wisata Goa Gajah adalah sebesar Rp 15.000/orang.

Obyek wisata ini memiliki beberapa peraturan diantaranya : wanita yang sedang datang bulan (haid) tidak diizinkan untuk masuk, dan semua wisatawan yang berkunjung harus menggunakan pakaian yang rapi dan sopan. Bagi wisatawan yang menggunakan celana pendek, telah disediakan jasa penyewaan sarung.

Memasuki area wisata, wisatawan akan menuruni beberapa anak tangga. Lokasi Goa Gajah berada sekitar 10 meter di bawah pintu masuk. Tempat wisata ini akan memberikan suasana alam yang sejuk.

Tampak pohon-pohon yang konon telah berumur ratusan tahun mendominasi lokasi wisata ini. Menikmati keindahan alam yang disajikan pada obyek wisata ini, akan membuat perjalanan menuju ke goa menjadi terasa cepat.

Setelah sampai di pelataran Goa Gajah, wisatawan akan berjumpa dengan pancuran air dari sebuah arca. Suara gemericik air terdengar begitu harmonis berpadu dengan suasana alam yang asri. Di sekitar pancuran dapat ditemukan beberapa batu yang hancur akibat gempa yang pernah dialami kawasan wisata ini.

Posisi Goa Gajah berada tidak jauh dari tempat tersebut. Sebuah goa yang memiliki banyak ukiran dan terdapat 2 buah patung penjaga. Goa ini memiliki ukuran pintu masuk yang kecil, yaitu sekitar 1 x 2 m.

Sehingga pintu goa hanya bisa dilewati oleh 1 orang. Goa ini memiliki tinggi sekitar 2 meter dengan lebar kurang lebih 2 meter. Aroma khas goa segera tercium begitu wisatawan melewati pintu masuk.

Terdapat ceruk atau sebuah lekukan yang masuk ke dalam dinding, yang kemungkinan pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat bertapa. Ceruk-ceruk tersebut berada pada sisi kiri dan kanan goa. Semakin masuk ke dalam, dapat diketahui bahwa goa ini memiliki bentuk seperti huruf T.

obyek wisata goa gajahPanjang lorong di dalam goa sekitar 9 meter. Di ujung goa wisatawan akan menjumpai sebuah pertigaan.

Jika wisatawan memilih ke arah kanan (timur) maka wisatawan akan berjumpa dengan arca Trilingga dan jika wisatawan memilih jalan ke arah kiri (barat) maka wisatawan akan bertemu dengan arca Ganesha.

Panjang kedua jalan ini sekitar 15 meter dengan lebar kurang lebih 3 meter, dan tingginya lebih dari 2,5 meter.

Keluar dari dalam goa, wisatawan jangan langsung pergi meninggalkan tempat wisata ini. Karena, masih terdapat tempat menarik lainnya yang harus dikunjungi yaitu Pura Goa Gajah. Pura ini berlokasi di sebelah kiri pada saat wisatawan keluar dari dalam goa.

Obyek wisata Goa Gajah juga memiliki petirtaan atau tempat mandi yang diyakini memiliki air yang suci. Petirtaan tersebut mempunyai ukuran 12 x 23 meter, terbagi dalam 3 ruang, dan memiliki arca bidadari yang sedang memegang air suci.

Tempat terakhir yang bisa dikunjungi oleh wisatawan adalah Lembah Tukad Pangkung. Sebuah lembah yang berada di sebelah selatan petirtaan.

Ketika wisatawan berjalan menuju ke Lembah Tukad Pangkung, wisatawan akan bertemu dengan sebuah pohon yang telah berumur sekitar 500 tahun. Setelah sampai di lokasi, akan  dijumpai beberapa penduduk setempat yang sedang berendam di dalam Lembah Tukad Pangkung.

Obyek wisata Goa Gajah selalu menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan yang sedang berwisata ke Bali. Khususnya bagi wisatawan yang sedang liburan di kawasan wisata Ubud. Selain sebagai tempat yang sakral, obyek wisata ini juga merupakan salah satu tempat bersejarah di pulau Bali.

Transportasi Menuju ke Obyek Wisata Goa Gajah

Obyek wisata Goa Gajah berlokasi di bagian barat desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh, kabupaten Gianyar, Bali. Jika wisatawan berangkat dari kota Denpasar maka akan menempuh jarak sekitar 26 km.

Bagi wisatawan yang sedang berlibur di Ubud, wisatawan bisa menggunakan jasa taksi untuk menuju ke lokasi wisata. Namun bagi wisatawan yang menginap di daerah pantai Kuta, sebaiknya wisatawan menyewa mobil untuk menuju ke lokasi wisata Goa Gajah.

Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba menggunakan jasa agen wisata atau agen perjalanan di Bali. Mereka akan menawarkan sebuah paket wisata untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata yang menarik di pulau Bali. Salah satu jadwal wisata tersebut adalah kunjungan ke wisata Goa Gajah.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat obyek wisata Goa Gajah, tempat wisata ini termasuk dalam lingkungan wisata Ubud.

Telah tersedia beberapa hotel dari kelas melati sampai dengan hotel berbintang, yang siap untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat bagi para wisatawan. Beberapa hotel tersebut antara lain : Yogi House Ubud, Ketekung Bungalow, Casa Ganesha Hotel, Agung Raka Resort and Villa, Svarga Loka Resort Ubud, dan sebagainya.

Please Share :

Related Post


Pantai Legian – Pantai Menawan di Pulau Bali
Pantai Legian – Pantai Menawan di Pulau Bali

Lokasi Pantai Legian berdekatan dengan Pantai Kuta, tepatnya di sebelah…

Arts Centre Bali – Taman Budaya Bali Yang Mempesona
Arts Centre Bali – Taman Budaya Bali Yang Mempesona

Arts Centre Bali (Taman Budaya Bali) adalah kompleks bangunan yang…

Liburan ke Pura Uluwatu Bali – Keindahan Panorama Sunset
Liburan ke Pura Uluwatu Bali – Keindahan Panorama Sunset

Pura Uluwatu atau Pura Luhur Uluwatu terletak di ujung pulau…

Pasar Seni Di Bali – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh
Pasar Seni Di Bali – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh

Setelah wisatawan menikmati aneka tempat wisata yang menarik di Pulau…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *