Home  /  Wisata Lombok  / 28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan

28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan


28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan

Di sebelah Timur Pulau Bali terdapat sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Lombok dan termasuk di dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Ibukotanya yaitu Mataram.

Selain Pulau Sumbawa, Pulau Lombok juga termasuk sebagai salah satu dari 2 pulau terbesar di Provinsi NTB.

Suku Sasak adalah mayoritas penduduk di Pulau Lombok, sedangkan suku Bima dan Sumbawa dominan berdomisili di Pulau Sumbawa. Sebagian besar penduduk di Provinsi Nusa Tenggara Barat memeluk agama Islam.

Jika wisatawan sedang berlibur di Kabupaten Karangasem (Bali), untuk menuju ke Pulau Lombok bisa dilakukan dengan cara menggunakan kapal ferry yang telah bersandar di Pelabuhan Padang Bai.

Perjalanan dari Pelabuhan Padang Bai menuju ke Pelabuhan Lembar (Lombok) membutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan jarak tempuh 38 mil.

Harga tiket kapal ferry sebesar Rp 45.000/orang untuk dewasa, dan Rp 30.000/orang untuk anak-anak. Biasanya kapal berangkat setiap 1 jam sekali dan non stop selama 24 jam.

Setelah sampai di Pelabuhan Lembar, perjalanan menuju ke Mataram dapat dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum. Tarif angkutan sekitar Rp 15.000 dan akan mengantarkan wisatawan menuju ke Terminal Mandalika.

Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Bagi wisatawan yang ingin menuju ke Senggigi, dari terminal tersebut perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Ampenan.

Tarif angkutannya adalah sebesar Rp 5.000, dan dari Ampenan tersedia angkutan umum untuk menuju ke Senggigi dengan tarif yang sama yaitu Rp 5.000.

Selain angkutan umum, juga tersedia taksi dan jasa rental mobil. Jika wisatawan ingin lebih santai selama di perjalanan dari pelabuhan ke Kota Mataram atau Senggigi, wisatawan bisa menggunakan taksi atau menyewa jasa sopir rental.

Apabila wisatawan menggunakan moda transportasi udara, di Bandara Internasional Lombok telah tersedia bus Damri dan taksi. Tarif bus Damri dari bandara menuju ke Mataram adalah sebesar Rp 20.000, dan seharga Rp 30.000 jika wisatawan menuju ke Senggigi.

Saat ini, obyek wisata Lombok telah dikenal oleh banyak wisatawan sebagai sebuah tempat wisata yang menyenangkan untuk berlibur bersama dengan keluarga atau teman.

Bersantai di tepi pantai, melakukan aktivitas diving atau snorkeling, berekreasi ke sebuah taman, dan lain-lain, semuanya bisa dilakukan di pulau ini.

Berikut 28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan :

Obyek Wisata Lombok Barat

senggigi1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu ikon pariwisata di pulau Lombok. Lokasi pantai berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Wisata Lombok ini memiliki garis pantai yang panjang serta hamparan pasir yang berwarna putih keabu-abuan.

Meski demikian, sebagian pasir di Pantai Senggigi berwarna agak kehitaman. Jernihnya air laut dan tenangnya ombak di pantai ini membuat beberapa wisatawan tertarik untuk berenang di tepi pantai.

Ketika hari menjelang sore, duduk santai di tepi pantai sembari menikmati keindahan panorama sunset merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan.

Beberapa fasilitas umum seperti cafe/restoran, penginapan, tempat hiburan, dan lain-lain telah tersedia di tempat wisata ini.

pura batu bolong lombok2. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong masih berada di kawasan Pantai Senggigi. Pura tersebut berdiri di atas batu karang berwarna hitam yang berlubang pada bagian tengahnya.

Posisi Pura Batu Bolong agak menjorok ke arah laut dan pesonanya akan terlihat semakin indah pada saat sunset.

Oleh karena itu, ketika sore hari jumlah pengunjung yang menuju ke obyek wisata Lombok ini akan semakin meningkat.

Ada sebagian dari mereka yang ingin mengabadikan fenomena sunset, sedangkan beberapa wisatawan lainnya lebih memilih untuk bersantai di tepi pantai sembari menikmati suasana pantai yang semakin terasa sejuk.

pantai kerandangan lombok3. Pantai Kerandangan

Pantai Kerandangan terletak di sebelah utara Pantai Senggigi dan berdekatan dengan pantai Mangsit. Pantai berpasir putih kehitaman ini terbagi menjadi 3 bagian.

Tiap-tiap bagian pantai memiliki pintu masuk tersendiri.

Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini adalah berenang, bersantai, bermain pasir, dan berfoto.

Terutama pada sore hari jumlah wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Lombok ini akan semakin bertambah. Mereka ingin menikmati keindahan sunset di Pantai Kerandangan.

terumbu karang sekotong4. Pantai Sekotong

Berlokasi di bagian Selatan Kabupaten Lombok Barat, Pantai Sekotong merupakan obyek wisata Lombok yang masih tersembunyi.

Belum begitu banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini. Padahal Pantai Sekotong menawarkan keindahan hamparan pasir putih dan jernihnya air laut.

Ombak di tepi pantai relatif tenang sehingga kurang tepat untuk olahraga berselancar.

Kegiatan menyenangkan yang umumnya dilakukan di Pantai Sekotong adalah bersantai di tepi pantai, berenang atau bermain air, dan mencari bintang laut pada saat air surut.

berlibur ke bangko-bangko5. Bangko-Bangko

Bangko-Bangko adalah obyek wisata pantai yang tidak hanya menyajikan keindahan alam pantai yang menawan.

Pada obyek wisata Lombok ini, selain bersantai di pingir pantai wisatawan juga bisa mencoba keganasan ombak di kawasan pantai Bangko-Bangko.

Pantai yang berlokasi di Kecamatan Sekotong ini juga memiliki beberapa titik yang digemari oleh para pemancing.

Aneka ikan besar tentunya akan memberikan sensasi yang didambakan oleh mereka.

Tidak hanya itu saja, bagi wisatawan yang gemar berpetualang, hutan mangrove di tepi pantai dengan luas lebih dari 2 ribu hektar telah siap untuk dijelajahi.

Wisatawan dapat berjumpa dengan aneka tumbuhan yang hidup di dalam hutan seperti waru dan kesambi, aneka fauna seperti ayam hutan, elang laut, elang bendol, dan sebagainya.

bersantai-di-gili-nanggu6. Gili Nanggu

Gili Nanggu masih termasuk dalam Kecamatan Sekotong. Serupa dengan Gili Trawangan, pesona alam di tempat wisata ini begitu menawan.

Pasir putihnya yang bersih tersapu oleh buaian ombak laut yang berwarna biru kehijauan.

Belum begitu banyak wisatawan yang berkunjung ke Gili Nanggu, padahal bersantai di tepi Gili yang masih sepi dan alami, tentunya akan memberikan sebuah nuansa santai yang menyenangkan.

Selama berada di obyek wisata Lombok ini, jangan melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Tersedia agen perjalanan yang menawarkan fasilitas untuk kegiatan snorkeling dan diving.

keindahan-gili-trawangan7. Pesona 3 Buah Gili

Di Kabupaten Lombok Barat terdapat 3 buah Gili atau pulau kecil yang berdekatan dan memiliki pesona alam yang menawan.

Tiga Gili tersebut adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Dari ketiga Gili tersebut, Gili Trawangan memiliki luas area yang paling besar.

Beberapa fasilitas umum seperti penginapan, restoran atau cafe, jasa sewa perahu, dan lain-lain, telah tersedia di Gili Trawangan.

Selain menikmati keindahan alam pantai berpasir putih dengan air lautnya yang berwarna biru kehijauan, wisatawan juga bisa mengikuti paket snorkeling dan diving.

Di pulau Gili Trawangan telah tersedia beberapa agen yang menawarkan paket tersebut. Obyek wisata Lombok ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

kolam-pemandian-taman-narmada8. Taman Narmada

Kabupaten Lombok Barat tidak hanya menawarkan aneka wisata pantai. Di wilayah ini wisatawan juga bisa berekreasi ke sebuah taman.

Keindahan dari wisata Lombok ini pastinya dapat membuat setiap wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan damai.

Sekilas Taman Narmada mirip dengan Taman Ujung dan Taman Tirta Gangga yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali.

Taman yang berjarak sekitar 10 km dari Kota Mataram, telah berumur lebih dari 200 tahun. Di dalam taman terdapat kolam yang airnya berasal dari sumber mata air alami.

Menurut warga setempat, berenang atau berendam di dalam kolam tersebut dapat membuat seseorang menjadi awet muda.

Kandungan mineralnya yang cukup tinggi akan memberikan kesegaran bagi wisatawan dan penduduk setempat yang berenang di dalam kolam tersebut.

pesona-hutan-lindung-sesaot9. Hutan Lindung Sesaot

Setelah berenang di Taman Narmada, wisatawan dapat berpetualang menuju ke Hutan Lindung Sesaot.

Obyek wisata Lombok yang masih alami ini berlokasi di desa Sesaot sekitar 5 km di sebelah Utara Kecamatan Narmada. Kawasan Hutan Lindung Sesaot terdiri dari hutan lindung dan hutan wisata.

Dengan luas lebih dari 5 ribu hektar, 43 % dari areal hutan tersebut adalah hutan buatan.

Lebih dari 40 mata air di dalam hutan mengalir ke beberapa sungai. Airnya begitu jernih dan menyegarkan.

Ketika berada di dalam hutan wisatawan akan menemukan sebuah tempat wisata yang begitu tenang, sunyi, dan berhawa sejuk. Bersantai di tempat ini dapat mengembalikan kesegaran dan melepaskan rasa lelah akibat dari tekanan pekerjaan.

masjid-kuno-karang-bayan10. Masjid Kuno Karang Bayan

Masjid Kuno Karang Bayan berlokasi di Desa Karang Bayan, Kec. Lingsar.

Masjid ini diperkirakan telah dibangun pada abad 17 M.

Akan tetapi, ketua adat setempat berpendapat bahwa obyek wisata Lombok ini telah dibangun pada saat agama Islam masuk ke Pulau Lombok yaitu sekitar tahun 1020 M.

Bangunan masjid yang telah berumur ratusan tahun ini terlihat sederhana dan merupakan Masjid pertama yang dibangun di Pulau Lombok.

Baca : 11 tempat wisata di Lombok yang patut dikunjungi

Obyek Wisata Lombok Tengah

air-terjun-benang-stokel1. Air Terjun Benang Stokel

Obyek wisata Lombok ini memiliki nama yang cukup unik yaitu Benang Stokel yang artinya adalah “segumpal benang”.

Pemberian nama ini tidak terlepas dari fenomena yang terlihat pada air terjun tersebut.

Jika diperhatikan secara seksama, air yang jatuh pada ketinggian sekitar 30 meter ini menyerupai benang yang terikat menjadi satu.

Air Terjun Benang Stokel berlokasi di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kec. Batu Keliang Utara, Kab. Lombok Tengah.

Jarak antara tempat wisata ini dan Kota Mataram adalah sekitar 30 km.

air-terjun-benang-kelambu2. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu terletak di hulu Air Terjun Benang Stokel. Air yang mengalir dari ketinggian sekitar 30 m ini memiliki 3 buah tingkatan.

Pesona air tersebut terlihat seperti tirai atau kelambu yang keluar dari 6 deret titik.

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke wisata Lombok ini, harus melalui jalan menuju ke Air Terjun Benang Stokel.

Sebelum tiba di tepi Air Terjun Benang Stokel (kurang lebih 50 m), terdapat jalan setapak untuk menuju ke Air Terjun Benang Kelambu.

Perjalanan tersebut akan menempuh jarak sekitar 1 km.

pesona-pantai-gerupuk-dan-teluk-gerupuk3. Teluk Gerupuk

Teluk Gerupuk adalah salah satu lokasi surfing di pulau Lombok yang sangat dicintai oleh para peselancar.

Gulungan ombak besar khas pantai Selatan membuat para peselancar terlihat seperti menari di atas ombak.

Untuk menuju ke obyek wisata Lombok ini wisatawan harus menyewa perahu motor dari Pantai Gerupuk.

Bagi wisatawan yang kurang menyukai olahraga air, bersantai di tepi Pantai Gerupuk akan memberikan sebuah sensasi yang menyenangkan.

Bentangan pasir putih di tepi pantai tampak berkilauan saat terkena cahaya matahari.

liburan-di-pantai-seger-lombok4. Pantai Seger

Pantai Seger berlokasi sekitar 2 km dari Pantai Kuta Lombok.

Panorama alam pantai yang masih alami terlihat begitu menawan karena dihiasi dengan bentangan pasir putih.

Selain bersantai atau berenang di tepi pantai, berselancar dan snorkeling di obyek wisata Lombok ini adalah sebuah aktivitas yang sering dilakukan oleh wisatawan.

Salah satu hal yang unik di Pantai Seger adalah setiap tahun diadakan sebuah ritual yang bernama “Bau Nyale”.

Ritual ini dilakukan sekitar bulan Februari hingga Maret untuk menghormati Putri Mandalika, yakni anak dari seorang raja yang pernah memerintah di negeri Lombok.

Ritual Bau Nyale adalah berburu cacing laut (Nyale) yang menurut mitos merupakan reinkarnasi dari Putri Mandalika.

liburan-ke-pantai-kuta-lombok5. Pantai Kuta

Tidak hanya di Pulau Bali terdapat pantai yang bernama Pantai Kuta. Pulau Lombok juga memiliki pantai dengan nama yang sama.

Bersantai, berenang, atau hanya bermain pasir di tepi Pantai Kuta Lombok adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan.

Biru kehijauan air laut berpadu dengan hamparan pasir putih yang bersih membuat tempat wisata ini terlihat begitu indah.

Lokasinya yang hanya berjarak sekitar 2 km dari Pantai Seger, membuat obyek wisata Lombok ini juga menjalankan Upacara Bau Nyale pada sekitar bulan Februari-Maret.

pesona-pantai-selong-belanak6. Pantai Selong Belanak

Bercerita mengenai pantai di Selatan Pulau Lombok tidak akan pernah terlepas dari rasa takjub terhadap keindahan alam pantainya.

Pantai Selong Belanak juga memiliki panorama alam yang cantik.

Bentangan pasir putih dibalut dengan air laut yang berwarna biru kehijauan akan membuat suasana berlibur di pantai ini menjadi sangat menyenangkan.

Air lautnya yang tenang membuat kegiatan bermain air atau berenang di tepi pantai menjadi lebih nyaman.

Pada obyek wisata Lombok ini wisatawan juga dapat berinteraksi dengan penduduk setempat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Jika ingin memancing, perahu tradisional nelayan yang bersandar di tepi pantai telah siap untuk mengantarkan wisatawan menuju ke lokasi pemancingan.

pesona-pantai-mawi-lombok7. Pantai Mawi

Obyek wisata Lombok ini berlokasi di sebuah tempat yang tersembunyi karena berada di balik perbukitan.

Hamparan pasir putih dan jernihnya air laut yang merupakan ciri khas dari pantai Selatan Pulau Lombok membuat tempat wisata ini terlihat begitu menawan.

Bagi wisatawan yang menyukai olahraga surfing, Pantai Mawi merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang mampu memberikan tantangan kepada para peselancar.

Pantai Mawi terletak di Desa Mekar Sari, Kab. Lombok Tengah.

Jika wisatawan berangkat dari Bandara Internasional Lombok, perjalanan yang harus ditempuh untuk menuju ke pantai ini adalah sekitar 16 km.

keindahan-pantai-semeti-lombok8. Pantai Semeti

Pantai Semeti berdekatan dengan Pantai Selong Belanak dan Pantai Mawi.

Ketika berjalan menuju ke lokasi wisata Lombok ini, pada pertigaan yang terakhir jika wisatawan belok ke arah kanan akan menuju ke Pantai Mawi dan apabila belok ke arah kiri akan menuju ke Pantai Semeti.

Sebagian wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat wisata ini mengatakan bahwa Pantai Semeti mempunyai beberapa akuarium alam.

Akuarium tersebut adalah kolam dari batu karang yang berisi terumbu karang dan aneka ikan yang terseret oleh ombak laut.

Selain dihiasi dengan aneka batu karang, pesona bentangan pasir putih di pantai ini terlihat begitu menawan.

pesona-desa-sade9. Desa Sade

Desa Sade adalah sebuah pemukiman tradisional dari Suku Sasak. Tempat wisata ini berlokasi di Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

Jarak antara Desa Sade dan Kota Mataram adalah kurang lebih 30 km.

Bangunan atau rumah yang berada di obyek wisata Lombok ini masih sangat tradisional.

Rumah tersebut terbuat dari bahan baku kayu dan bambu pada dindingnya, sedangkan atap rumah menggunakan anyaman jerami.

suasana-di-pantai-batu-payung10. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung tersembunyi di balik bukit Pantai Tanjung Aan.

Keunikan pantai ini terdapat pada panorama alamnya yang didominasi oleh batu-batuan besar.

Penggunaan nama Batu Payung pada obyek wisata Lombok ini karena terdapat 1 buah batu besar yang bentuknya mirip dengan payung yang belum terbuka.

Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan perahu dari Tanjung Aan atau melalui jalan darat dari Pantai Dusun Padau.

Baca: 11 pantai indah di Lombok

Obyek Wisata Lombok Timur

keindahan-pantai-pink-di-pulau-lombok1. Pantai Pink

Hampir setiap wisatawan yang belum pernah berwisata ke pantai ini merasa tidak percaya jika ada sebuah pantai pasir pink di pulau Lombok.

Sebenarnya pantai yang berlokasi di Kab. Lombok Timur ini bernama Pantai Tangsi.

Namun, warna pasirnya yang unik membuat obyek wisata Lombok ini lebih dikenal dengan nama Pantai Pink.

Warna pink tersebut terbentuk karena campuran antara pasir putih dan serpihan halus karang merah muda. Oleh karena itu, ada sebagian pasir di Pantai Pink yang tetap berwarna putih.

keindahan-tanjung-bloam2. Pesona 5 Tanjung di Lombok

Pulau Lombok tepatnya di Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur memiliki 5 buah lokasi tepi pantai yang indah dan disebut dengan istilah tanjung.

Kelima tempat tersebut adalah Tanjung A’an, Tanjung Ringgit, Tanjung Bloam, Tanjung Perak, dan Tanjung Cina.

Secara umum 5 tanjung ini memiliki pesona alam tepi laut yang indah dan dihiasi dengan batu-batu karang dan tebing terjal.

Berlibur ke obyek wisata Lombok ini akan memberikan sebuah variasi liburan yang menyenangkan.

Bersantai di tepi tanjung sembari menikmati keindahan alam yang masih alami membuat kegiatan ini terasa begitu nyaman, tenang, dan damai.

pantai-surga-lombok3. Pantai Surga

Pantai Surga adalah salah satu wisata di Lombok yang menawarkan keindahan alam pantai di Kecamatan Jerowaru, Kab. Lombok Timur.

Pantai pasir putih ini berada di antara 2 buah bukit dengan panjang garis pantai sekitar 600 m.

Suasana pantai yang tidak begitu ramai sangat tepat untuk dikunjungi oleh wisatawan yang menginginkan nuansa santai yang tenang dan nyaman.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 75 km dari Kota Mataram dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca: Oleh-oleh khas Lombok

Obyek Wisata Lombok Utara

pesona-air-terjun-sendang-gile1. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile berlokasi di desa Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara.

Obyek wisata Lombok ini berada di dalam wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani.

Bagi wisatawan yang ingin mendaki ke puncak Gunung Rinjani, Air Terjun Sendang Gile adalah pintu masuk untuk menuju ke lokasi tersebut.

Ketinggian air terjun Sendang Gile sekitar 31 meter.

Suasana di sekitar air terjun masih alami dan lokasinya yang berada pada ketinggian 600 m di atas permukaan air laut membuat obyek wisata ini berhawa sejuk.

Setelah melewati pintu masuk, wisatawan harus menuruni ratusan anak tangga yang terbuat dari beton dan berlumut.

Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Segala jerih payah tersebut akan segera terbayarkan begitu wisatawan tiba di lokasi air terjun.

air-terjun-tiu-kelep-lombok2. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep masih berada di kawasan yang sama dengan Air Terjun Sendang Gile.

Ketinggian dari air terjun ini sekitar 42 meter dan terdapat kolam di bawahnya dengan kedalaman kurang lebih 1 meter.

Berdasarkan mitos yang beredar, berenang atau mandi di dalam kolam tersebut dapat membuat seseorang menjadi awet muda.

Air Terjun Tiu Kelep merupakan salah satu obyek wisata Lombok yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

air-terjun-gangga-tingkat3. Air Terjun Gangga

Air Terjun Gangga berada di Desa Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara.

Obyek wisata Lombok ini memiliki jarak sekitar 42 km dari Kota Mataram.

Perjalanan tersebut dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dengan menggunakan mobil atau motor.

Keunikan dari Air Terjun Gangga adalah terdapat 2 buah tingkatan dengan ketinggian antara 35 hingga 40 meter.

Dua buah lokasi air terjun berada pada bagian atas dan berdampingan, sedangkan yang satunya terletak di bagian bawah serta agak tersembunyi.

pantai-sire-lombok4. Pantai Sire

Kabupaten Lombok Utara juga memiliki obyek wisata pantai yang indah.

Pesona keindahan pantai ini dihiasi dengan panorama alam sisi timur dari Gunung Rinjani.

Ombak di Pantai Sire relatif tenang dengan hamparan pasir yang berwarna putih kekuningan.

Kegiatan yang bisa dilakukan di obyek wisata Lombok ini adalah bersantai, berenang, bermain pasir dan snorkeling.

wisata-ke-gunung-rinjani5. Gunung Rinjani

Bagi wisatawan yang memiliki hobi mendaki gunung, pendakian ke puncak Gunung Rinjani adalah sebuah tantangan yang menyenangkan.

Gunung tertinggi kedua di Indonesia ini mencapai ketinggian hingga 3726 meter.

Selama pendakian akan disajikan aneka pemandangan indah seperti padang rumput, hutan tropis, dan pesona perbukitan.

Selain mendaki ke puncak gunung, biasanya para pendaki juga berkunjung ke Danau Segara Anak.

Obyek wisata Lombok tersebut memiliki air yang berwarna biru seperti sebuah lautan di lereng gunung.

Baca: Kuliner khas Lombok

Demikian ulasan singkat mengenai 28 obyek wisata di Lombok. Sekarang saatnya bagi Anda untuk mempersiapkan waktu, transportasi dan akomodasi agar bisa berlibur ke Pulau yang memiliki aneka wisata menawan : Lombok.

Please Share :

Related Post


Pantai Kerandangan Lombok Dan Pantai Mangsit
Pantai Kerandangan Lombok Dan Pantai Mangsit

Pantai Kerandangan Lombok tidak kalah cantiknya dengan Pantai Senggigi. Kedua…

Pesona Air Terjun Sendang Gile – Nuansa Alam Hutan Yang Tenang
Pesona Air Terjun Sendang Gile – Nuansa Alam Hutan Yang Tenang

Berlibur ke Pulau Lombok sungguh sangat menyenangkan karena Anda akan…

Kehidupan Masyarakat Desa Sade – Desa Tradisional Suku Sasak
Kehidupan Masyarakat Desa Sade – Desa Tradisional Suku Sasak

Berlibur ke Pulau Lombok bersama dengan keluarga atau teman akan…

Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung
Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung

Setiap pantai pastinya mempunyai ciri khas masing-masing sebagai pembeda dengan…



One thought on “28 Obyek Wisata Lombok yang Menawan – Wisata yang Menyenangkan

  1. Wah mantap..
    Lombok memang mantap !
    Terima kasih telah sharing tentang Lombok !



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *